Efektivitas Media Papan Perkalian Sederhana dalam Meningkatkan Pemahaman Konsep Matematika Kelas II di MI Ar-Rahmah Galung Lampe Kabupaten Bone
Haslina/862322019066 - Personal Name
Pokok permasalahan dalam penelitian ini adalah 1) Bagaimana pemahaman
konsep matematika siswa kelas II di MI Ar-Rahmah Galung Lampe Kabupaten
Bone sebelum menggunakan media papan perkalian sederhana? 2) Bagaimana
pemahaman konsep matematika siswa kelas II di MI Ar-Rahmah Galung Lampe
Kabupaten Bone setelah menggunakan media papan perkalian sederhana? 3)
Apakah penggunaan media papan perkalian sederhana efektif dalam
meningkatkan pemahaman konsep matematika siswa kelas II di MI Ar-Rahmah
Galung Lampe Kabupaten Bone?
Adapun metode penelitian yang digunakan adalah penelitian kuantitatif. Populasi
dalam penelitian ini yaitu seluruh siswa kelas II di MI Ar-Rahmah Galung
Lampe Kabupaten Bone dan menjadi sampel yaitu semua dari populasi dengan
menggunakan metode Sampling Jenuh. Instrumen penelitian menggunakan Tes
dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah teknik analisis
statistik deskriptif dan Teknik analisis statistik inferensial yang terdiri dari uji
hipotesis dan uji efektivitas.
Berdasarkan hasil penelitian menunjukkan, media papan perkalian sederhana
efektif untuk meningkatkan pemahaman konsep matematika siswa pada kelas II di
MI Ar-Rahmah Galung Lampe kabupaten Bone. Hal ini dibuktikan melalui
hasil analisis uji uji-t dan uji efektivitas dengan menggunakan SPSS Versi 22.0
diperoleh uji-t yaitu 0,000 < 0,005 dengan
konsep matematika siswa kelas II di MI Ar-Rahmah Galung Lampe Kabupaten
Bone sebelum menggunakan media papan perkalian sederhana? 2) Bagaimana
pemahaman konsep matematika siswa kelas II di MI Ar-Rahmah Galung Lampe
Kabupaten Bone setelah menggunakan media papan perkalian sederhana? 3)
Apakah penggunaan media papan perkalian sederhana efektif dalam
meningkatkan pemahaman konsep matematika siswa kelas II di MI Ar-Rahmah
Galung Lampe Kabupaten Bone?
Adapun metode penelitian yang digunakan adalah penelitian kuantitatif. Populasi
dalam penelitian ini yaitu seluruh siswa kelas II di MI Ar-Rahmah Galung
Lampe Kabupaten Bone dan menjadi sampel yaitu semua dari populasi dengan
menggunakan metode Sampling Jenuh. Instrumen penelitian menggunakan Tes
dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah teknik analisis
statistik deskriptif dan Teknik analisis statistik inferensial yang terdiri dari uji
hipotesis dan uji efektivitas.
Berdasarkan hasil penelitian menunjukkan, media papan perkalian sederhana
efektif untuk meningkatkan pemahaman konsep matematika siswa pada kelas II di
MI Ar-Rahmah Galung Lampe kabupaten Bone. Hal ini dibuktikan melalui
hasil analisis uji uji-t dan uji efektivitas dengan menggunakan SPSS Versi 22.0
diperoleh uji-t yaitu 0,000 < 0,005 dengan
Ketersediaan
| STAR20240013 | 13/2023 | Perpustakaan Pusat | Tersedia |
Informasi Detil
Judul Seri
-
No. Panggil
13/2024
Penerbit
IAIN BONE : Watampone., 2024
Deskripsi Fisik
-
Bahasa
Indonesia
ISBN/ISSN
-
Klasifikasi
Skripsi Tarbiyah
Informasi Detil
Tipe Isi
-
Tipe Media
-
Tipe Pembawa
-
Edisi
-
Info Detil Spesifik
-
Pernyataan Tanggungjawab
-
Tidak tersedia versi lain
