Efektivitas Penggunaan Media Tangga Pintar Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Materi Penjumlahan Dan Pengurangan Kelas 1 MI Nur Ar-Rahman Kajuara
Haswindi.SH/862322019008 - Personal Name
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas media pembelajaran tangga
pintar untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada materi perjumlahan dan
pengurangan kelas I MI Nur Arrahman Kajuara. Jenis penelitian ini adalah
kuantitatif dengan metode eksperimen. Desain penelitian yang digunakan adalah
Pre-Experimental Design dengan model desain One-Group Pretest-Posttest
Design. Penelitian ini dilaksanakan di MI Nur Arrahman Kajuara. Populasi dan
sampel pada penelitian ini adalah seluruh siswa kelas 1 yang berjumlah 20 siswa
dengan menggunakan teknik penarikan sampel jenuh. Teknik pengumpulan data
yang digunakan yaitu observasi, tes, dan dokumentasi. Teknik analisis data
menggunakan analisis deskriptif untuk menguji generalisasi hasil penelitian
melalui pengujian hipotesis deskriptif dengan menggunakan program Statistikal
Package Social Sciens (SPSS) Versi 29. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa
proses pembelajaran dengan menggunakan media tangga pintar mampu
meningkatkan hasil belajar siswa. Dapat dilihat dari perbedaan hasil belajar siswa
sebelum dan sesudah menggunakan media tangga pintar. Uji pretest dengan nilai
terendah 30 sedangkan nilai tertinggi 80, dengan nilai rata-rata yaitu 54 kategori
rendah.. Sedangkan posttest mnlai terendah 70 sedangkan nilai tertinggi 100, nilai
rata-rata yaitu 84.00 dengan kategori tinggi. Dari hasil uji hipotesis dengan
pengambilan keputusan yaitu Uji Paired Sample T-Test diperoleh jika nilai
signifikansi (2-tailed) < 0.05 maka H₀ ditolak dan H₁ diterima. Jika nilai
signifikansi (2-tailed) > 0.05 maka H₀ diterima dan H₁ ditolak. Dari data yang
diperoleh bahwa nilai sig.2(tailed) < 0.01 maka dapat dikatakan bahwa H₀ ditolak
dan H₁ diterima. Dapat diketahui bahwa nilai mean pada N-Gain Score adalah
.7512, nilai yang diperoleh berada pada persentase
pintar untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada materi perjumlahan dan
pengurangan kelas I MI Nur Arrahman Kajuara. Jenis penelitian ini adalah
kuantitatif dengan metode eksperimen. Desain penelitian yang digunakan adalah
Pre-Experimental Design dengan model desain One-Group Pretest-Posttest
Design. Penelitian ini dilaksanakan di MI Nur Arrahman Kajuara. Populasi dan
sampel pada penelitian ini adalah seluruh siswa kelas 1 yang berjumlah 20 siswa
dengan menggunakan teknik penarikan sampel jenuh. Teknik pengumpulan data
yang digunakan yaitu observasi, tes, dan dokumentasi. Teknik analisis data
menggunakan analisis deskriptif untuk menguji generalisasi hasil penelitian
melalui pengujian hipotesis deskriptif dengan menggunakan program Statistikal
Package Social Sciens (SPSS) Versi 29. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa
proses pembelajaran dengan menggunakan media tangga pintar mampu
meningkatkan hasil belajar siswa. Dapat dilihat dari perbedaan hasil belajar siswa
sebelum dan sesudah menggunakan media tangga pintar. Uji pretest dengan nilai
terendah 30 sedangkan nilai tertinggi 80, dengan nilai rata-rata yaitu 54 kategori
rendah.. Sedangkan posttest mnlai terendah 70 sedangkan nilai tertinggi 100, nilai
rata-rata yaitu 84.00 dengan kategori tinggi. Dari hasil uji hipotesis dengan
pengambilan keputusan yaitu Uji Paired Sample T-Test diperoleh jika nilai
signifikansi (2-tailed) < 0.05 maka H₀ ditolak dan H₁ diterima. Jika nilai
signifikansi (2-tailed) > 0.05 maka H₀ diterima dan H₁ ditolak. Dari data yang
diperoleh bahwa nilai sig.2(tailed) < 0.01 maka dapat dikatakan bahwa H₀ ditolak
dan H₁ diterima. Dapat diketahui bahwa nilai mean pada N-Gain Score adalah
.7512, nilai yang diperoleh berada pada persentase
Ketersediaan
| STAR20230168 | 168/2023 | Perpustakaan Pusat | Tersedia |
Informasi Detil
Judul Seri
-
No. Panggil
168/2023
Penerbit
IAIN BONE : Watampone., 2023
Deskripsi Fisik
-
Bahasa
Indonesia
ISBN/ISSN
-
Klasifikasi
Skripsi Tarbiyah
Informasi Detil
Tipe Isi
-
Tipe Media
-
Tipe Pembawa
-
Edisi
-
Subyek
Info Detil Spesifik
-
Pernyataan Tanggungjawab
-
Tidak tersedia versi lain
