Efektivitas Media Kartu Kata Bergambar dalam Meningkatkan Kemampuan Membaca Permulaan Siswa Kelas 1 di Madrasah Ibtidaiyah Nur Arrahman Kajuara Kab. Bone

No image available for this title
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Efektivitas Media Kartu Kata
Bergambar Dalam Meningkatkan Kemampuan Membaca Permulaan siswa Kelas
1 Madrasah Ibtidaiyah Nur Arrahman Kajuara Desa Carigading Kec. Awangpone
Kab. Bone. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian
kuantitatif dengan desain yang digunakan desain One Group Pretest- Posttest
Design. Dalam penelitian ini yang menjadi sampel adalah seluruh siswa kelas 1
Madrasah Ibtidaiyah Nur Arrahman berjumlah 20 orang. Instrumen yang
digunakan dalam penelitian ini berupa tes mengenal huruf abjad berbentuk tes
lisan. Teknik pengumpulan data menggunakan tes dan dokumentasi. Kemudian
dilakukan analisis data menggunakan analisis statistik deskriptif dan analisis
statistik inferensial melalui program Statistical Package Social Science (SPSS)
Versi 22.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa penggunaan kartu kata bergambar
adalah metode yang efektif dalam membantu siswa kelas 1 meningkatkan
kemampuan membaca permulaan. kartu kata bergambar dapat meningkatkan
motivasi belajar, terutama pada anak-anak. Gambar-gambar menarik dapat
membuat pembelajaran terasa lebih menyenangkan dan menarik perhatian,
sehingga mereka lebih termotivasi untuk belajar membaca. Media kartu kata
bergambar efektif untuk meningkatkan kemampuan membaca permulaan siswa.
Hal ini dapat dilihat dari uji hipotesis dengan pengambilan keputusan dan hasil uji
efektivitas. Jika nilai signifikan (2-tailed) < 0.05 maka H 0 ditolak dan H 1 diterima.
Jika nilai signifikan (2-tailed) > 0.05 maka H 0 diterima dan H 1 ditolak. Dari data
yang diperoleh bahwa nilai sig.2 (tailed) 0.00 < 0.05 maka dapat dikatakan bahwa
H 0 ditolak dan H 1 diterima artinya penggunaan media kartu kata bergambar dapat
meningkatkan Kemampuan Membaca Permulaan siswa kelas 1 Madrasah
Ibtidaiyah Nur Arrahman Kajuara Desa Carigading Kec. Awangpone Kab. Bone
terlihat bahwa nilai rata-rata N-gain score sebesar 60.36, berada dalam kisaran 51-
75 berdasarkan kategori tafsiran efektivitas N-gain score termasuk dalam kategori
cukup efektif.
A. Kesimpulan
Berdasarkan rumusan masalah, analisis data dan pembahasan yang telah
dilakukan peneliti terhadap hasil penelitian ini, maka dapat disimpulkan
bahwa:
1. Penggunaan kartu kata bergambar adalah metode yang efektif dalam
membantu siswa kelas 1 meningkatkan kemampuan membaca permulaan.
kartu kata bergambar dapat meningkatkan motivasi belajar, terutama pada
anak-anak. Gambar-gambar menarik dapat membuat pembelajaran terasa
lebih menyenangkan dan menarik perhatian, sehingga mereka lebih
termotivasi untuk belajar membaca.
2. Keefektifan media Kartu Kata Bergambar uji paired sample test,
pengambilan keputusan adalah jika nilai signifikan (2-tailed) < 0.05 maka H 0
ditolak dan H 1 diterima. Jika nilai signifikan (2-tailed) > 0.05 maka H 0
diterima dan H 1 ditolak. Dari data yang diperoleh bahwa nilai sig.2(tailed)
0.00 < 0.05 maka dapat dikatakan bahwa H0 ditolak dan H1 diterima. terlihat
bahwa nilai rata-rata N-gain score sebesar 69.15, berada dalam kisaran 51-75
berdasarkan kategori tafsiran efektivitas N-gain score termasuk dalam
kategori cukup efektif.
B. Saran
Dalam sebuah penelitian, seorang penulis hendaknya memberikan saran
yang bermanfaat bagi perkembangan ilmu pengetahuan serta sebagai berbagai
pihak yang terkait di dalam penelitian ini. Saran yang diberikan penulis dalam
penelitian ini adalah sebagai berikut:
1. Bagi Guru Madrasah Ibtidaiyah Nur Arrahman
Diharapkan kepada kepala Madrasah Madrasah Ibtidaiyah Nur Arrahman
agar menganjurkan guru kelas untuk menggunakan media Kartu Kata
Bergambar sebagai salah satu media pembelajaran yang digunakan dalam
proses pembelajaran.
2. Bagi Penelitian Selanjutnya
Bagi penelitian selanjutnya dihimbau untuk meneliti dalam jangka waktu
yang lebih lama, guna mendapatkan data yang lebih mendetail dan lebih
realistis dalam pembelajaran.
3. Bagi Peneliti Lain
Agar dapat meneliti lebih lanjut tentang media kartu kata bergambar dalam
sudut pandang yang berbeda. Hal ini dapat memperkaya perpustakaan
Tarbiyah dalam bidang Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah (PGMI)
Ketersediaan
STAR20230271271/2023Perpustakaan PusatTersedia
Informasi Detil
Judul Seri

-

No. Panggil

271/2023

Penerbit

IAIN BONE : Watampone.,

Deskripsi Fisik

-

Bahasa

Indonesia

ISBN/ISSN

-

Klasifikasi

Skripsi Tarbiyah

Informasi Detil
Tipe Isi

-

Tipe Media

-

Tipe Pembawa

-

Edisi

-

Info Detil Spesifik

-

Pernyataan Tanggungjawab
Tidak tersedia versi lain

Advanced Search

Gak perlu repot seting ini itu GRATIS SetUp ,Mengonlinekan SLiMS Di Internet Karena pesan web di Desawarna.com Siap : 085740069967

Pilih Bahasa

Gratis Mengonlinekan SLiMS

Gak perlu repot seting ini itu buat mengonlinekan SLiMS.
GRATIS SetUp ,Mengonlinekan SLiMS Di Internet
Karena pesan web di Desawarna.com
Kontak WhatsApp :

Siap : 085740069967

Template Perpustakaan Desawarna

Kami berharap Template SLiMS ini dapat dimanfaatkan dengan sebaik-baiknya sebagai template SLiMS bagi semua SLiMerS, serta mampu memberikan dukungan dalam pencapaian tujuan pengembangan perpustakaan dan kearsipan.. Aamiin

Top