Efektivitas Penggunaan Media Word Board Mystery untuk Meningkatkan Keterampilan Berpikir Kritis Siswa pada Pembelajaran PPKn di Madrasah Ibtidaiyah (MI) Ashabul Kahfi Berru Teko Kabupaten Bone

No image available for this title
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas penggunaan media word
board mystery untuk meningkatkan keterampilan berpikir kritis siswa pada
pembelajaran PPKn di Madrasah Ibtidaiyah (MI) Ashabul Kahfi Berru Teko
Kabupaten Bone. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian
kuantitatif menggunakan penelitian jenis Pre-Eksperimental Design dengan
bentuk desain One Group Pretest-Posttest Design. Adapun teknik pengumpulan
datanya menggunakan observasi, tes dan dokumentasi. Dalam penelitian ini
populasinya berjumlah 107 siswa dengan mengambil sampel yang mewakili
populasi adalah seluruh siswa kelas VI berjumlah 18 orang. Analisis data
menggunakan analisis statistik deskriptif untuk mendeskripsikan tingkat
keterampilan berpikir kritis siswa dan analisis statistik inferensial untuk menguji
hipotesis melalui program Software SPSS Version 22. Hasil penelitian
menunjukkan, media word board mystery cukup efektif dengan nilai efektivitas
72,31 dalam meningkatkan pemahaman konsep perkalian siswa kelas VI MI
Ashabul Kahfi Berru Teko Kabupaten Bone. Hal ini dibuktikan melalui hasil uji
efektivitas menggunakan tafsiran N-Gain Score serta hasil analisis uji Paired
Sample t-test dengan menggunakan Software SPSS Version 22 diperoleh nilai
t hitung sebesar 17,610 > t tabel 2.177 yang artinya H 0 ditolak dan H 1 diterima.
A. Simpulan
Berdasarkan rumusan masalah, analisis data dan pembahasan yang
telah dilakukan peneliti terhadap hasil penelitian ini, maka dapat disimpulkan
bahwa:
1. Nilai posttest dapat dilihat pada tabel 4.4 statistik deskriptif nilai posttest
siswa bahwa setelah penggunaan media word board mystery ada
peningkatan nilai yang diperoleh siswa. Untuk nilai maksimum pada pretest
dengan nilai 70 sedangkan nilai maksimum posttest 100. Untuk nilai pretest
dengan nilai signifikan menggunakan metode shapiro-wilk sebesar 0,166
dan nilai posttest dengan nilai signifikan menggunakan metode shapiro-wilk
sebesar 0,020 nilai yang diperoleh lebih besar dari 0,05. maka varians
setiap sampel sama (homogen).
2. Berdasarkan pembahasan yang telah diuraikan, dapat dikatakan bahwa
penguunaan media word board mystery pada mata pelajaran PPKn dapat
meningkatakan keterampilan berpikir kritis siswa MI Ashabul Kahfi Berru
Teko Kabupaten Bone. Dengan ini penerapan media word board mystery
pada penelitian ini memberikan pengaruh positif dalam kegiatan
pembelajaran dikelas khusus pada mata pelajaran PPKn materi nilai-nilai
Pancasila dalam kehidupan sehari-hari.
3. Keefektifan media word bard mystery pada uji-t, pengambilan keputusan
adalah jika nilai sig. (2-tailed) < 0.05 maka H₀ ditolak dan H₁ diterima. Jika
nilai sig. (2-tailed) > 0.05 maka H₀ diterima dan H₁ ditolak. Pembelajaran
dengan media word board mystery efektif dalam meningkatkan
keterampilan berpikir kritis siswa pada pembelajaran PPKn. Adapun hasil
4. uji efektivitas/N-Gain sebesar 72,31 berada pada kisaran 56 – 75 dengan
kategori tafsiran cukup efektif. Hasil uji N-Gain tersebut efektif dalam
meningkatkan keterampilan berpikir kritis.
B. Saran
Berdasarkan hasil penelitian yang diperoleh dalam penelitian ini, maka
disarankan beberapa hal sebagai berikut:
1. Kepada guru kelas VI MI Ashabul Kahfi Berru Teko Kabupaten Bone yang
mengampu mata pelajaran PPKn agar dalam proses pembelajaran PPKn
disarankan untuk dapat mengajar dengan menerapkan media word board
mystery.
2. Kepada seluruh tenaga pendidik di bidang Pendidikan Pancasila dan
Kewarganegaraan hendaknya memperkenalkan media yang menarik dan
interaktif, agar siswa dapat mengeksplor kemampuannya dalam proses
pembelajaran. Sehingga dalam proses belajar mengajar tidak bersifat
konvensional.
3. Kepada peneliti lain yang berniat menyelidiki variabel-variabel yang relevan
pada materi dengan situasi dan kondisi berbeda yang akan menjadikan
acuan dalam melaksanakan penelitian selanjutnya yang pada masanya nanti
akan melahirkan satu tulisan baru yang lebih baik dan lengkap.
Ketersediaan
STAR20230008282/2023Perpustakaan PusatTersedia
Informasi Detil
Judul Seri

-

No. Panggil

82/2023

Penerbit

IAIN BONE : Watampone.,

Deskripsi Fisik

-

Bahasa

Indonesia

ISBN/ISSN

-

Klasifikasi

Skripsi Tarbiyah

Informasi Detil
Tipe Isi

-

Tipe Media

-

Tipe Pembawa

-

Edisi

-

Info Detil Spesifik

-

Pernyataan Tanggungjawab
Tidak tersedia versi lain

Advanced Search

Gak perlu repot seting ini itu GRATIS SetUp ,Mengonlinekan SLiMS Di Internet Karena pesan web di Desawarna.com Siap : 085740069967

Pilih Bahasa

Gratis Mengonlinekan SLiMS

Gak perlu repot seting ini itu buat mengonlinekan SLiMS.
GRATIS SetUp ,Mengonlinekan SLiMS Di Internet
Karena pesan web di Desawarna.com
Kontak WhatsApp :

Siap : 085740069967

Template Perpustakaan Desawarna

Kami berharap Template SLiMS ini dapat dimanfaatkan dengan sebaik-baiknya sebagai template SLiMS bagi semua SLiMerS, serta mampu memberikan dukungan dalam pencapaian tujuan pengembangan perpustakaan dan kearsipan.. Aamiin

Top