Efektivitas Media Dart Board Untuk Meningkatkan Literasi Sains Siswa SD Inpres 10/73 Tanete Kab. Bone
Nurul Muliana.S/862322019032 - Personal Name
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas media Dart Board
untuk meningkatkan kemampuan literasi sains siswa SD Inpres 10/73 Tanete, Kab.
Bone. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian
kuantitatif. Desain penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah Pre-
experimental design dengan bentuk desain one-group pretest-Posttest design.
Populasinya adalah seluruh siswa kelas V SD Inpres 10/73 Tanete Kab. Bone.
Peneliti mengambil sampel kelas V berjumlah 28 siswa. Instrumen yang digunakan
dalam penelitian ini berupa tes literasi sains berbentuk pilihan ganda. Penarikan
sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah Teknik purposive sampling.
Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, tes dan dokumentasi. Teknik
analisis data menggunakan analisis data deskriptif, Uji statistik inferensial dan Uji
hipotesis.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa media pembelajaran Dart Board
dalam meningkatkan literasi sains siswa efektif pada pembelajaran ilmu
pengetahuan alam (IPA). Hal tersebut terbukti pada hasil posttest siswa dapat
dilihat pada Tabel 4.5 diperoleh data sebanyak 28 siswa dengan jumlah data 2246.
Nilai rata-rata kelas 80.21. Nilai Median 80.00. Nilai modus 80. Nilai Minimum 60
dan Nilai maximum 93. Hasil posttest menunjukkan adanya kenaikan nilai yang
signifikan karena pengaruh penggunaan media Dart Board. Berdasarkan pada hasil
analisis inferensial uji Paired Sample T-Test dengan menggunakan bantuan
pengolah data Software SPSS 22 diperoleh sig (2-tailed) sebesar 0,001 yang berarti
kecil dari
untuk meningkatkan kemampuan literasi sains siswa SD Inpres 10/73 Tanete, Kab.
Bone. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian
kuantitatif. Desain penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah Pre-
experimental design dengan bentuk desain one-group pretest-Posttest design.
Populasinya adalah seluruh siswa kelas V SD Inpres 10/73 Tanete Kab. Bone.
Peneliti mengambil sampel kelas V berjumlah 28 siswa. Instrumen yang digunakan
dalam penelitian ini berupa tes literasi sains berbentuk pilihan ganda. Penarikan
sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah Teknik purposive sampling.
Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, tes dan dokumentasi. Teknik
analisis data menggunakan analisis data deskriptif, Uji statistik inferensial dan Uji
hipotesis.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa media pembelajaran Dart Board
dalam meningkatkan literasi sains siswa efektif pada pembelajaran ilmu
pengetahuan alam (IPA). Hal tersebut terbukti pada hasil posttest siswa dapat
dilihat pada Tabel 4.5 diperoleh data sebanyak 28 siswa dengan jumlah data 2246.
Nilai rata-rata kelas 80.21. Nilai Median 80.00. Nilai modus 80. Nilai Minimum 60
dan Nilai maximum 93. Hasil posttest menunjukkan adanya kenaikan nilai yang
signifikan karena pengaruh penggunaan media Dart Board. Berdasarkan pada hasil
analisis inferensial uji Paired Sample T-Test dengan menggunakan bantuan
pengolah data Software SPSS 22 diperoleh sig (2-tailed) sebesar 0,001 yang berarti
kecil dari
Ketersediaan
| STAR20230220 | 220/2023 | Perpustakaan Pusat | Tersedia |
Informasi Detil
Judul Seri
-
No. Panggil
220/2023
Penerbit
IAIN BONE : Watampone., 2023
Deskripsi Fisik
-
Bahasa
Indonesia
ISBN/ISSN
-
Klasifikasi
Skripsi Tarbiyah
Informasi Detil
Tipe Isi
-
Tipe Media
-
Tipe Pembawa
-
Edisi
-
Subyek
Info Detil Spesifik
-
Pernyataan Tanggungjawab
-
Tidak tersedia versi lain
