Survei Persepsi Guru Terhadap Kebijakan Merdeka Belajar Tentang Rencana Pelaksanaan Pembelajaran Berdiferensiasi Studi Pada Guru Penggerak Angkatan IV Kabupaten Bone
Arni Dwi Yana/862322019056 - Personal Name
Skripsi ini membahas tentang Survei Persepsi Guru Terhadap Kebijakan
Merdeka Belajar Tentang Rencana Pelaksanaan Pembelajaran Berdiferensiasi
Studi Pada Guru Penggerak Angkatan IV Kabupaten Bone. Tujuan dari penelitian
ini untuk mengetahui sejauhmana persepsi guru penggerak angkatan IV terhadap
kebijakan merdeka belajar dan pelaksanaan rencana pelaksanaan pembelajaran
berdiferensiasi di Kabupaten Bone. Metode penelitian yang digunakan adalah
kuantitatif dan menggunakan rumus statistik dengan bantuan aplikasi SPSS versi
24 untuk membantu menganalisa data yang diperoleh dalam pengumpulan data
penelitian. Adapun instrument penelitian menggunakan metode angket atau
kuesioner yang disebar secara online menggunakan google form.
Hasil penelitian menunjukan bahwa skor rata-rata (mean) persepsi guru
terhadap kebijakan merdeka belajar tentang rencana pelaksanaan pembelajaran
berdiferensiasi berada pada skala interval positif atau baik. Hal tersebut
dibuktikan dengan skor rata-rata total keseluruhan data yang diperoleh yaitu 3,58.
Hasil perolehan tersebut berada pada skala interval 3,28-4,03 atau berkategori
positif.
A. Kesimpulan
Berdasarkan hasil penelitian Survei Persepsi Guru Terhadap Kebijakan
Merdeka Belajar Tentang Rencana Pelaksanaan Pembelajaran Berdiferensiasi
Studi Pada Guru Penggerak Angkatan IV Kabupaten Bone, dapat ditunjukkan dari
hasil skor rata-rata (mean) akhir yang didapat dari jumlah keseluruhan data yang
diperoleh pada saat penelitian adalah 50,24. Skor 50,24 merupakan jumlah rata-
rata dari jumlah keseluruhan data kemudian dibagikan dengan jumlah keseluruhan
pernyataan sehingga hasil yang diperoleh yaitu 3,58 atau secara matematika yaitu
50,24 : 14 =3,58. Hasil perolehan 3,58 berada pada skala interval 3,28-4,03 atau
berkategori positif. Maka dapat disimpulkan bahwa persepsi guru penggerak
terhadap kebijakan merdeka belajar tentang rencana pelaksanaan pembelajaran
berdiferensiasi studi pada guru penggerak angkatan IV Kabupaten Bone adalah
baik. Hal tersebut disimpulkan sesuai dengan hasil rata-rata keseluruhan data yang
diambil melalui penyebaran angket secara online ke seluruh guru penggerak
angkatan IV Kabupaten Bone.
B. Saran
Berdasarkan hasil penelitian persepsi guru penggerak terhadap rencana
pelaksanaan berdiferensiasi, maka penulis memberikan saran-saran sebagai
berikut:
1. Diharapkan kepada guru penggerak angkatan IV Kabupaten Bone, agar
dapat terus mengembangkan diri dalam menerapkan rencana pelaksanaan
pembelajaran berdiferensiasi.
2. Diharapkan kepada siswa agar terus mengikuti proses pembelajaran sesuai
dengan apa yang diarahkan oleh guru.
3. Kepada peneliti selanjutnya, agar dapat meneliti lebih lanjut mengenai
merdeka belajar dalam sudut pandang yang berbeda. Hal ini tentunya dapat
memperkaya perpustakaan Tarbiyah dalam bidang Pendidikan.
Merdeka Belajar Tentang Rencana Pelaksanaan Pembelajaran Berdiferensiasi
Studi Pada Guru Penggerak Angkatan IV Kabupaten Bone. Tujuan dari penelitian
ini untuk mengetahui sejauhmana persepsi guru penggerak angkatan IV terhadap
kebijakan merdeka belajar dan pelaksanaan rencana pelaksanaan pembelajaran
berdiferensiasi di Kabupaten Bone. Metode penelitian yang digunakan adalah
kuantitatif dan menggunakan rumus statistik dengan bantuan aplikasi SPSS versi
24 untuk membantu menganalisa data yang diperoleh dalam pengumpulan data
penelitian. Adapun instrument penelitian menggunakan metode angket atau
kuesioner yang disebar secara online menggunakan google form.
Hasil penelitian menunjukan bahwa skor rata-rata (mean) persepsi guru
terhadap kebijakan merdeka belajar tentang rencana pelaksanaan pembelajaran
berdiferensiasi berada pada skala interval positif atau baik. Hal tersebut
dibuktikan dengan skor rata-rata total keseluruhan data yang diperoleh yaitu 3,58.
Hasil perolehan tersebut berada pada skala interval 3,28-4,03 atau berkategori
positif.
A. Kesimpulan
Berdasarkan hasil penelitian Survei Persepsi Guru Terhadap Kebijakan
Merdeka Belajar Tentang Rencana Pelaksanaan Pembelajaran Berdiferensiasi
Studi Pada Guru Penggerak Angkatan IV Kabupaten Bone, dapat ditunjukkan dari
hasil skor rata-rata (mean) akhir yang didapat dari jumlah keseluruhan data yang
diperoleh pada saat penelitian adalah 50,24. Skor 50,24 merupakan jumlah rata-
rata dari jumlah keseluruhan data kemudian dibagikan dengan jumlah keseluruhan
pernyataan sehingga hasil yang diperoleh yaitu 3,58 atau secara matematika yaitu
50,24 : 14 =3,58. Hasil perolehan 3,58 berada pada skala interval 3,28-4,03 atau
berkategori positif. Maka dapat disimpulkan bahwa persepsi guru penggerak
terhadap kebijakan merdeka belajar tentang rencana pelaksanaan pembelajaran
berdiferensiasi studi pada guru penggerak angkatan IV Kabupaten Bone adalah
baik. Hal tersebut disimpulkan sesuai dengan hasil rata-rata keseluruhan data yang
diambil melalui penyebaran angket secara online ke seluruh guru penggerak
angkatan IV Kabupaten Bone.
B. Saran
Berdasarkan hasil penelitian persepsi guru penggerak terhadap rencana
pelaksanaan berdiferensiasi, maka penulis memberikan saran-saran sebagai
berikut:
1. Diharapkan kepada guru penggerak angkatan IV Kabupaten Bone, agar
dapat terus mengembangkan diri dalam menerapkan rencana pelaksanaan
pembelajaran berdiferensiasi.
2. Diharapkan kepada siswa agar terus mengikuti proses pembelajaran sesuai
dengan apa yang diarahkan oleh guru.
3. Kepada peneliti selanjutnya, agar dapat meneliti lebih lanjut mengenai
merdeka belajar dalam sudut pandang yang berbeda. Hal ini tentunya dapat
memperkaya perpustakaan Tarbiyah dalam bidang Pendidikan.
Ketersediaan
| STAR20230209 | 209/2023 | Perpustakaan Pusat | Tersedia |
Informasi Detil
Judul Seri
-
No. Panggil
209/2023
Penerbit
IAIN BONE : Watampone., 2023
Deskripsi Fisik
-
Bahasa
Indonesia
ISBN/ISSN
-
Klasifikasi
Skripsi Tarbiyah
Informasi Detil
Tipe Isi
-
Tipe Media
-
Tipe Pembawa
-
Edisi
-
Subyek
Info Detil Spesifik
-
Pernyataan Tanggungjawab
-
Tidak tersedia versi lain
