Peran Operator Sekolah Terhadap Efektivitas Pelayanan Publik Di Era Digital Di SDN 6 Watampone
Erwin/862312019160 - Personal Name
Skripsi ini tentang Peran Operator Sekolah terhadap Efektivitas Pelayanan
Publik di Era Digital di SD Negeri 6 Watampone kabupaten Bone. Bentuk
penelitian ini bertujuan untuk mengetahui sebagaimana peran Operator Sekolah
terhadap efektivitas pelayanan publik di era digital di SDN 6 Watampone
kabupaten Bone. Metode penelitian yang digunakan yaitu metode kualitatif.
Pendekatan yang dilakukan adalah pendekatan fenomenologis, dalam pengumpulan
data menggunakan wawancara, observasi dan dokumentasi dimana sumber data
adalah operator sekolah, kepala sekolah, guru, siswa, bendahara sekolah dan
orangtua siswa.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa peran Operator Sekolah terhadap
Efektivitas Pelayanan Publik di Era Digital di SD Negeri 6 Watampone Kabupaten
Bone sudah cukup baik, dilihat pada kinerja Operator Sekolah dalam menjalankan
tupoksi sebagai Operator Sekolah. Dimana Operator Sekolah menjalankan kegiatan
administrasi pendidikan di SDN 6 Watampone, dimulai dari pelayanan administrasi
kesiswaan, administrasi kurikulum, administrasi pendidik dan tenaga kependidikan,
administrasi sarana dan prasarana. Pengelolaan pendidikan yang dilakukan di SD
Negeri 6 Watampone dalam hal pengelolaan, Operator Sekolah melalui perekrutan
telah memenuhi persyaratan sebagai Operator Sekolah, sampai proses pelatihan dan
pengembangan. Lalu, pada pengembangan kinerja Operator Sekolah berfokus pada
tupoksi Operator Sekolah dalam hal kegiatan administrasi pendidikan di SD Negeri
6 Watampone. Selain itu wewenang akses Operator Sekolah diberi kebebasan dari
lingkungan sekolah dalam hal ini Operator Sekolah mendapat hak akses data yang
berkaitan dengan SD Negeri 6 Watampone. Selanjutnya, pelayanan yang dilakukan
oleh Operator Sekolah sudah dikatakan cukup efektif, dimana aspek-aspek
pelayanan yang efektif telah dipenuhi oleh Operator Sekolah, hal ini terlihat dari
kinerja-kinerja yang dilakukan oleh Operator Sekolah cukup baik, meskipun
terdapat hambatan-hambatan yang tidak terduga dan tidak diinginkan, Operator
Sekolah bisa mengatasi permasalahan yang dihadapi dengan hasil kinerja yang
baik.
A. Simpulan
Berdasarkan hasil penelitian yang telah diuraikan pada bab sebelumnya
yang dilakukan oleh peneliti di SD Negeri 6 Watampone, maka peneliti
menyimpulkan sebagai berikut:
1) Posisi Operator Sekolah dalam lingkungan pendidikan di SD Negeri 6
Watampone berada di bawah tanggung jawab Kepala Sekolah untuk
melaksanakan tupoksi yang ditugaskan kepada Operator Sekolah, kemudian
disusul jabatan guru kelas, lalu guru mata pelajaran kemudian selanjutnya
siswa. Peran Operator Sekolah di SD Negeri 6 Watampone meliputi
kegiatan pelayanan administrasi kesiswaan dimulai dari siswa itu masuk
hingga meninggalkan SD Negeri 6 Watampone termasuk dalam kegiatan
penerimaan beasiswa dan mutasi peserta didik, kegiatan pelayanan
administrasi kurikulum mencakup perencanaan kurikulum untuk
perencanaan pendidikan di SD Negeri 6 Watampone, kegiatan pelayanan
administrasi pendidik dan tenaga kependidikan seperti pemutakhiran data
pendidik, kegiatan pelayanan administrasi sarana dan prasarana yang
mencakup kegiatan pelaporan sarana dan prasarana. Dari hasil penelitian
menunjukan persyaratan untuk menjadi Operator Sekolah telah dipenuhi
oleh sang Operator Sekolah, kemudian kegiatan pembinaan dan
pengembangan juga dilakukan.
2) Upaya Operator Sekolah dalam memberikan pelayanan yang efektif di SD
Negeri 6 Watampone dapat dikatakan memenuhi persyaratan teknis dalam
kegiatan pelayanan yang efektif dari aspek keserdehanaan, jelas, waktu yang
pasti, akurat, aman, bertanggung jawab, ketersediaan sarana dan prasarana,
kemudahan akses, disiplin dan nyaman. Ketepatan waktu dan kecepatan
waktu dari pelayanan yang diberikan oleh pemberi pelayanan tepat tidaknya
atau cepat tidaknya pelayanan yang diberikan berbeda dari satu orang ke
orang lain. Upaya Operator sekolah di SD Negeri 6 Watampone cukup
cermat dalam bekerja dimana Operator Sekolah dapat mengerjakan tugas
dengan teliti dari segi pengerjaan tugas dan dapat diselesaikan dengan baik
meskipun kendala internal dan eksternal sekolah menghambat kinerja sang
Operator Sekolah, namun dapat diatasi dengan baik. Pemberian layanan
diberikan di SD Negeri 6 Watampone diberikan secara langsung maupun
tidak langsung yaitu pengguna layanan datang secara langsung ke Operator
Sekolah dan maupun secara tidak langsung melalui pesan whatsapp ke
Operator Sekolah.
B. Saran
Setelah melakukan penelitian tentang Peran Operator Sekolah dalam
Efektifitas Pelayanan Publik di Era Digital di SD Negeri 6 Watampone,
peneliti memiliki saran, masukan maupun harapan kepada sekolah, adapun
saran peneliti yaitu:
1. Bagi Kepala Sekolah, diharapkan agar proses pelayanan dapat lebih baik
dari waktu ke waktu dengan memperhatikan perkembangan jaman dan
teknologi yang semakin berkembang.
2. Bagi Operator Sekolah, pelayanan yang diberikan oleh Operator Sekolah
diharap dapat memberikan kontribusi yang besar dalam kemajuan
pendidikan di SD Negeri 6 Watampone, dengan menjaga hubungan yang
baik kepada semua pihak, baik dari kepala sekolah, guru maupun
masyarakat sekitar.
Publik di Era Digital di SD Negeri 6 Watampone kabupaten Bone. Bentuk
penelitian ini bertujuan untuk mengetahui sebagaimana peran Operator Sekolah
terhadap efektivitas pelayanan publik di era digital di SDN 6 Watampone
kabupaten Bone. Metode penelitian yang digunakan yaitu metode kualitatif.
Pendekatan yang dilakukan adalah pendekatan fenomenologis, dalam pengumpulan
data menggunakan wawancara, observasi dan dokumentasi dimana sumber data
adalah operator sekolah, kepala sekolah, guru, siswa, bendahara sekolah dan
orangtua siswa.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa peran Operator Sekolah terhadap
Efektivitas Pelayanan Publik di Era Digital di SD Negeri 6 Watampone Kabupaten
Bone sudah cukup baik, dilihat pada kinerja Operator Sekolah dalam menjalankan
tupoksi sebagai Operator Sekolah. Dimana Operator Sekolah menjalankan kegiatan
administrasi pendidikan di SDN 6 Watampone, dimulai dari pelayanan administrasi
kesiswaan, administrasi kurikulum, administrasi pendidik dan tenaga kependidikan,
administrasi sarana dan prasarana. Pengelolaan pendidikan yang dilakukan di SD
Negeri 6 Watampone dalam hal pengelolaan, Operator Sekolah melalui perekrutan
telah memenuhi persyaratan sebagai Operator Sekolah, sampai proses pelatihan dan
pengembangan. Lalu, pada pengembangan kinerja Operator Sekolah berfokus pada
tupoksi Operator Sekolah dalam hal kegiatan administrasi pendidikan di SD Negeri
6 Watampone. Selain itu wewenang akses Operator Sekolah diberi kebebasan dari
lingkungan sekolah dalam hal ini Operator Sekolah mendapat hak akses data yang
berkaitan dengan SD Negeri 6 Watampone. Selanjutnya, pelayanan yang dilakukan
oleh Operator Sekolah sudah dikatakan cukup efektif, dimana aspek-aspek
pelayanan yang efektif telah dipenuhi oleh Operator Sekolah, hal ini terlihat dari
kinerja-kinerja yang dilakukan oleh Operator Sekolah cukup baik, meskipun
terdapat hambatan-hambatan yang tidak terduga dan tidak diinginkan, Operator
Sekolah bisa mengatasi permasalahan yang dihadapi dengan hasil kinerja yang
baik.
A. Simpulan
Berdasarkan hasil penelitian yang telah diuraikan pada bab sebelumnya
yang dilakukan oleh peneliti di SD Negeri 6 Watampone, maka peneliti
menyimpulkan sebagai berikut:
1) Posisi Operator Sekolah dalam lingkungan pendidikan di SD Negeri 6
Watampone berada di bawah tanggung jawab Kepala Sekolah untuk
melaksanakan tupoksi yang ditugaskan kepada Operator Sekolah, kemudian
disusul jabatan guru kelas, lalu guru mata pelajaran kemudian selanjutnya
siswa. Peran Operator Sekolah di SD Negeri 6 Watampone meliputi
kegiatan pelayanan administrasi kesiswaan dimulai dari siswa itu masuk
hingga meninggalkan SD Negeri 6 Watampone termasuk dalam kegiatan
penerimaan beasiswa dan mutasi peserta didik, kegiatan pelayanan
administrasi kurikulum mencakup perencanaan kurikulum untuk
perencanaan pendidikan di SD Negeri 6 Watampone, kegiatan pelayanan
administrasi pendidik dan tenaga kependidikan seperti pemutakhiran data
pendidik, kegiatan pelayanan administrasi sarana dan prasarana yang
mencakup kegiatan pelaporan sarana dan prasarana. Dari hasil penelitian
menunjukan persyaratan untuk menjadi Operator Sekolah telah dipenuhi
oleh sang Operator Sekolah, kemudian kegiatan pembinaan dan
pengembangan juga dilakukan.
2) Upaya Operator Sekolah dalam memberikan pelayanan yang efektif di SD
Negeri 6 Watampone dapat dikatakan memenuhi persyaratan teknis dalam
kegiatan pelayanan yang efektif dari aspek keserdehanaan, jelas, waktu yang
pasti, akurat, aman, bertanggung jawab, ketersediaan sarana dan prasarana,
kemudahan akses, disiplin dan nyaman. Ketepatan waktu dan kecepatan
waktu dari pelayanan yang diberikan oleh pemberi pelayanan tepat tidaknya
atau cepat tidaknya pelayanan yang diberikan berbeda dari satu orang ke
orang lain. Upaya Operator sekolah di SD Negeri 6 Watampone cukup
cermat dalam bekerja dimana Operator Sekolah dapat mengerjakan tugas
dengan teliti dari segi pengerjaan tugas dan dapat diselesaikan dengan baik
meskipun kendala internal dan eksternal sekolah menghambat kinerja sang
Operator Sekolah, namun dapat diatasi dengan baik. Pemberian layanan
diberikan di SD Negeri 6 Watampone diberikan secara langsung maupun
tidak langsung yaitu pengguna layanan datang secara langsung ke Operator
Sekolah dan maupun secara tidak langsung melalui pesan whatsapp ke
Operator Sekolah.
B. Saran
Setelah melakukan penelitian tentang Peran Operator Sekolah dalam
Efektifitas Pelayanan Publik di Era Digital di SD Negeri 6 Watampone,
peneliti memiliki saran, masukan maupun harapan kepada sekolah, adapun
saran peneliti yaitu:
1. Bagi Kepala Sekolah, diharapkan agar proses pelayanan dapat lebih baik
dari waktu ke waktu dengan memperhatikan perkembangan jaman dan
teknologi yang semakin berkembang.
2. Bagi Operator Sekolah, pelayanan yang diberikan oleh Operator Sekolah
diharap dapat memberikan kontribusi yang besar dalam kemajuan
pendidikan di SD Negeri 6 Watampone, dengan menjaga hubungan yang
baik kepada semua pihak, baik dari kepala sekolah, guru maupun
masyarakat sekitar.
Ketersediaan
| STAR20230351 | 351/2023 | Perpustakaan Pusat | Tersedia |
Informasi Detil
Judul Seri
-
No. Panggil
351/2023
Penerbit
IAIN BONE : Watampone., 2023
Deskripsi Fisik
-
Bahasa
Indonesia
ISBN/ISSN
-
Klasifikasi
Skripsi Tarbiyah
Informasi Detil
Tipe Isi
-
Tipe Media
-
Tipe Pembawa
-
Edisi
-
Subyek
Info Detil Spesifik
-
Pernyataan Tanggungjawab
-
Tidak tersedia versi lain
