Pengaruh Kompetensi Pegawai Terhadap Kualitas Pelayanan Administrasi ( Di Unit Pelaksanaan Teknis Dinas (Uptd) Pendidikan Kec.Tanete Riattang Barat Kab.Bone)

No image available for this title
Skripsi ini menbahas tentang “pengaruh kompetensi pegawai terhadap
kualitas pelayanan administrasi (studi di unit pelaksanaan teknis dinas (UPTD)
Pendidikan Kec. Tanete Riattang Barat Kab. Bone)”. Pokok permasalahan pada
penelitian ini adalah bagaiman kompetensi pegawai terhadap pelayanan administrasi,
bagaiman kualitas pelayanan administrasi yang ada di unit pelaksanaan teknis dinas
(UPTD) pendidikan kec. Tanete riattang barat kab. Bone, dan bagaimana pengaruh
kompetensi pegawai terhadap kualitas pelayanan administrasi studi di unit
pelaksanaan teknis dinas (UPTD) pendidikan kec. Tanete riattang barat kab. Bone.
Untuk memperoleh jawaban terhadap ketiga pokok masalah tersebut, penulis
menggunakan metode field research yang bersifat lapangan yakni pengumpulan data
yaitu dokumentasi dan angket. Masalah ini dianalisis dengan pendekatan sosiologis
dan pendekatan paedagogik dan dibahas dengan metode kuantitatif regresi dan
korelasi.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa pengaruh kompetensi pegawai
terhadap kualitas pelayanan administrasi studi di unit pelaksanaan teknis dinas
(UPTD) pendidikan kec. Tanete riattang barat kab. Bone. Berdasarkan data yang
dijawab oleh 28 responden yang diteliti, dengan pernyataan kemampuan pegawai
yang meliputi kompetensi intelektual, kompetensi emosional, kompetensi sosial
sangat membantu terhadap kualitas pelayanan administrasi, karena dari 28 responden
tidak ada responden yang menanggapi tidak setuju serta sangat tidak setuju. Jawaban
angket dihitung menggunakan rumus presentase kemudian diolah dan dijelaskan
secara deskripsi. Serta untuk mengetahui apakah ada hubungan antara kompetensi
pegawai dengan kualitas pelayanan administrasi maka menggunakan product
moment. Dengan nilai rata-rata hasil angket kompetensi pegawai sebesar 93,75% dan
nilai rata-rata hasil angket kualitas pelayanan administrasi sebesar 118,75%.
Sedangkan angka korelasi antara variabel X dan Y sebesar 0,496. maka dapat
diketahui bahwa nilai rxy sebesar 0,496, dengan signifikansi 5% lebih besar dari rtabel
(0,496 > 0,388), dan dengan signifikansi 1% sama besar dengan rtabel (0,496=0,496).
Hal ini berarti antara variabel X dan Y terdapat korelasi yang sedang atau cukupan.
Berdasarkan hasil penelitian tersebut dapat disimpulkan bahwa baik buruknya
kompetensi pegawai dalam mengerjakan tugas tetap ada pengaruhnya dengan kualitas
pelayanan administrasi. Dengan menandakan bahwa kompetensi pegawai dalam suatu
lembaga organisasi merupakan unsur yang sangat penting yang harus dimiliki dalam
meningkatkan kualitas pelayanan administrasi.
A. Kesimpulan
Berdasarkan uraian yang dilakukan pada bab hasil penelitian, maka penulis
dapat mengemukakan kesimpulan yaitu:
1. Berdasarkan rumus persentasi hasil rata-rata kompetensi pegawai sebesar 93,75%
termasuk dalam kategori cukup terletak pada interval antara 89-92.
2. Berdasarkan rumus persentasi hasil rata-rata kualitas pelayanan administrasi
sebesar 118,75% termasuk dalam kategori baik yang terletak pada interval antara
92-94.
3. Berdasarkan analisis perhitungan korelasi product moment dapat diketahui bahwa
nilai rxy sebesar 0,496, dengan signifikansi 5% lebih besar dari rtabel (0,496 >
0,388), dan dengan signifikansi 1% sama besar dengan rtabel (0,496=0,496). Hal
ini menunjukkan bahwa baik buruknya kompetensi pegawai dalam mengerjakan
tugas tetap ada pengaruhnya dengan kualitas pelayanan administrasi. Dengan
menandakan bahwa kompetensi pegawai dalam suatu lembaga organisasi
merupakan unsur yang sangat penting yang harus dimiliki dalam meningkatkan
kualitas pelayanan administrasi.
B. Implikasi
Setelah penulis menguraikan simpulan tersebut, maka di bawah ini akan
diuraikan saran-saran. Adapun saran yang penulis maksud dalam pembahasan skripsi
ini adalah :
1. Dengan kompetensi yang dimiliki pegawai, pegawai harap tetap rendah diri dan
saling tolong menolong dengan rekan kerja ketika rekan kerja kesulitan dalam
menyelesaikan tugasnya agar dalam lingkungan organisasi tersebut tetap tercipta
suasana yang nyaman.
2. Bagi pemerintah diharapkan agar lebih memperhatikan suasana kerja pegawai
dalam lembaga organisasi tersebut agar pegawai tetap termotivasi dalam
menjalankan tugasnya.
Ketersediaan
STAR20180349349/2018Perpustakaan PusatTersedia
Informasi Detil
Judul Seri

-

No. Panggil

349/2018

Penerbit

IAIN BONE : Watampone.,

Deskripsi Fisik

-

Bahasa

Indonesia

ISBN/ISSN

-

Klasifikasi

Skripsi Tarbiyah

Informasi Detil
Tipe Isi

-

Tipe Media

-

Tipe Pembawa

-

Edisi

-

Info Detil Spesifik

-

Pernyataan Tanggungjawab
Tidak tersedia versi lain

Advanced Search

Gak perlu repot seting ini itu GRATIS SetUp ,Mengonlinekan SLiMS Di Internet Karena pesan web di Desawarna.com Siap : 085740069967

Pilih Bahasa

Gratis Mengonlinekan SLiMS

Gak perlu repot seting ini itu buat mengonlinekan SLiMS.
GRATIS SetUp ,Mengonlinekan SLiMS Di Internet
Karena pesan web di Desawarna.com
Kontak WhatsApp :

Siap : 085740069967

Template Perpustakaan Desawarna

Kami berharap Template SLiMS ini dapat dimanfaatkan dengan sebaik-baiknya sebagai template SLiMS bagi semua SLiMerS, serta mampu memberikan dukungan dalam pencapaian tujuan pengembangan perpustakaan dan kearsipan.. Aamiin

Top