Upaya Guru Dalam Mengembangkan Kemampuan Bahasa Pada Anak Melalui Metode Bernyanyi Kelompok A Di Tk Taman Paditungka Mariopulana Desa Bolli Kecamatan Ponre Kabupaten Bone
Ratna Anjani/862072019023 - Personal Name
Skripsi ini membahas tentang Upaya Guru Dalam Mengembangkan
Kemampuan Bahasa Pada Anak Melalui Metode Bernyanyi Kelompok A Di TK
Taman Paditungka Mariopulana Desa Bolli Kecamatan Ponre Kabupaten Bone.
Pokok masalah pada penelitian ini adalah bagaimana upaya guru dalam
mengembangkan kemampuan bahasa pada anak melalui metode bernyanyi pada
kelompok A di TK Taman Paditungka Mariopulana Desa Bolli Kecamatan Ponre
Kabupaten Bone. Tujuan dalam penelitian ini yaitu untuk mengetahui dalam
mengembangkan kemampuan bahasa pada anak melalui metode bernyanyi pada
kelompok A di TK Taman Paditungka Mariopulana Desa Bolli Kecamatan Ponre
Kabupaten Bone.
Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian kualitatif dengan metode
pendekatan sosiologis dan pedagogi. Penelitian ini menggunakan teknik analisis
data dengan proses mereduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa Terdapat beberapa gambaran
Kemampuan Berbahasa Pada Anak Kelompok A Di TK Taman Paditungka
Mariopulana, yaitu gambaran kemampuan memahami bahasa terlihat ketika
sebagian anak dapat mengikuti dan merespon nyayian yang dilakukan oleh guru
dengan mata berbinar dan sebagian terlihat gugup, gambaran kemampuan
mengungkapkan bahasa anak terlihat sangat ragu untuk mengungkapkan apa yang
anak rasakan, gambaran kemampuan keaksaraan anak masih membutuhkan
stimulasi sebab anak terlihat tidak dapat mengunakan kosakata baru yang guru
ajarkan, anak tidak mengetahui gerakan, ketukan serta kosakata dalam sebuah
lagu. Sedangkan, Terdapat beberapa upaya guru dalam mengembangkan
kemampuan bahasa pada anak melalui metode bernyanyi pada kelompok A Di TK
Taman Paditungka Mariopulana yaitu tahap perencanaan selaras dengan teori
yang terlihat ketika guru akan menyusun tujuan dan alur pembelejaran, tahap
pelaksanaan selaras dengan teori terlihat ketika guru melakukan kegiatan
pelaksanaan yang berdasar pada kegiatan perencanaan pembelajaran sebelumnya,
dan tahap penilaian melalui observasi kemampuan yang dilakukan oleh guru.
A. Kesimpulan
Berdasarkan penelitian yang dilakukan oleh peneliti dengan judul
penelitian Upaya Guru Dalam Mengembangkan Kemampuan bahasa Pada
Anak Melalui Metode Bernyanyi Kelompok A Di Tk Taman Paditungka
Mariopulana Desa Bolli Kecamatan Ponre Kabupaten Bone, maka yang
menjadi simpulan pada pembahasan skripsi ini yaitu sebagai berikut.
A. Terdapat beberapa Gambaran Kemampuan Bahasa pada Anak
Kelompok A Di TK Taman Paditungka Mariopulana, yaitu.
a. Gambaran kemampuan memahami bahasa terlihat ketika sebagian
anak dapat mengikuti dan merespon nyanyian yang dilakukan oleh
guru dengan mata berbinar dan sebagian terlihat gugup
b. Gambaran kemampuan mengungkapkan bahasa anak masih
membutuhkan stimulasi sebab anak terlihat sangat ragu untuk
mengungkapkan apa yang anak rasakan.
c. Gambaran kemampuan keaksaran anak masih membutuhkan
stimulasi sebab anak terlihat tidak dapat menggunakan kosakata
baru yang guru ajarkan.
B. Gambaran kemampuan Upaya Guru Dalam Mengembangkan
Kemampuan Bahasa Pada Anak Melalui Metode Bernyanyi Pada
Kelompok A Di TK Taman Paditungka Mariopulana, yaitu.
a. Upaya guru pada tahap perencanaan guru akan melatih minat anak
untuk berbicara dengan cara membangun kedekatan dengan anak
sehingga mampu tercipta komunikasi yang baik dengan anak.
b. Upaya guru pada tahap pelaksanaan guru mampu memperkaya
pembendaharaan kata anak dengan cara mengenalkan kosakata
baru kepada anak serta membiasakan anak untuk bernyanyi dalam
mengenal kata baru.
c. Upaya guru pada tahap penilaian guru melakukan evaluasi
pengambilan keputusan terhadap anak yang belum menguasai lagu
yang disampaikan.
B. Saran
Beranjak dari ungkapan yang telah dikemukakan sebelumnya,
maka berikut ini beberapa implikasi penelitian sebagai berikut.
a. Kepada guru diharapkan untuk mempertahankan citra serta perilaku
selaku pendidik dalam membantu mengembangkan kemampuan
bahasa anak.
b. Kepada lembaga pendidikan dalam hal ini TK Taman Paditungka
Mariopulana agar dapat meningkatkan upaya pengembangan bahasa
agar anak dapat mendapatkan stimulasi yang baik.
c. Bagi para peneliti selanjutnya diharapkan untuk memberikan
pengembangan penelitian yang bersifat kebaharuan dalam penelitian
yang berkaitan dengan pengembangan bahasa anak.
Kemampuan Bahasa Pada Anak Melalui Metode Bernyanyi Kelompok A Di TK
Taman Paditungka Mariopulana Desa Bolli Kecamatan Ponre Kabupaten Bone.
Pokok masalah pada penelitian ini adalah bagaimana upaya guru dalam
mengembangkan kemampuan bahasa pada anak melalui metode bernyanyi pada
kelompok A di TK Taman Paditungka Mariopulana Desa Bolli Kecamatan Ponre
Kabupaten Bone. Tujuan dalam penelitian ini yaitu untuk mengetahui dalam
mengembangkan kemampuan bahasa pada anak melalui metode bernyanyi pada
kelompok A di TK Taman Paditungka Mariopulana Desa Bolli Kecamatan Ponre
Kabupaten Bone.
Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian kualitatif dengan metode
pendekatan sosiologis dan pedagogi. Penelitian ini menggunakan teknik analisis
data dengan proses mereduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa Terdapat beberapa gambaran
Kemampuan Berbahasa Pada Anak Kelompok A Di TK Taman Paditungka
Mariopulana, yaitu gambaran kemampuan memahami bahasa terlihat ketika
sebagian anak dapat mengikuti dan merespon nyayian yang dilakukan oleh guru
dengan mata berbinar dan sebagian terlihat gugup, gambaran kemampuan
mengungkapkan bahasa anak terlihat sangat ragu untuk mengungkapkan apa yang
anak rasakan, gambaran kemampuan keaksaraan anak masih membutuhkan
stimulasi sebab anak terlihat tidak dapat mengunakan kosakata baru yang guru
ajarkan, anak tidak mengetahui gerakan, ketukan serta kosakata dalam sebuah
lagu. Sedangkan, Terdapat beberapa upaya guru dalam mengembangkan
kemampuan bahasa pada anak melalui metode bernyanyi pada kelompok A Di TK
Taman Paditungka Mariopulana yaitu tahap perencanaan selaras dengan teori
yang terlihat ketika guru akan menyusun tujuan dan alur pembelejaran, tahap
pelaksanaan selaras dengan teori terlihat ketika guru melakukan kegiatan
pelaksanaan yang berdasar pada kegiatan perencanaan pembelajaran sebelumnya,
dan tahap penilaian melalui observasi kemampuan yang dilakukan oleh guru.
A. Kesimpulan
Berdasarkan penelitian yang dilakukan oleh peneliti dengan judul
penelitian Upaya Guru Dalam Mengembangkan Kemampuan bahasa Pada
Anak Melalui Metode Bernyanyi Kelompok A Di Tk Taman Paditungka
Mariopulana Desa Bolli Kecamatan Ponre Kabupaten Bone, maka yang
menjadi simpulan pada pembahasan skripsi ini yaitu sebagai berikut.
A. Terdapat beberapa Gambaran Kemampuan Bahasa pada Anak
Kelompok A Di TK Taman Paditungka Mariopulana, yaitu.
a. Gambaran kemampuan memahami bahasa terlihat ketika sebagian
anak dapat mengikuti dan merespon nyanyian yang dilakukan oleh
guru dengan mata berbinar dan sebagian terlihat gugup
b. Gambaran kemampuan mengungkapkan bahasa anak masih
membutuhkan stimulasi sebab anak terlihat sangat ragu untuk
mengungkapkan apa yang anak rasakan.
c. Gambaran kemampuan keaksaran anak masih membutuhkan
stimulasi sebab anak terlihat tidak dapat menggunakan kosakata
baru yang guru ajarkan.
B. Gambaran kemampuan Upaya Guru Dalam Mengembangkan
Kemampuan Bahasa Pada Anak Melalui Metode Bernyanyi Pada
Kelompok A Di TK Taman Paditungka Mariopulana, yaitu.
a. Upaya guru pada tahap perencanaan guru akan melatih minat anak
untuk berbicara dengan cara membangun kedekatan dengan anak
sehingga mampu tercipta komunikasi yang baik dengan anak.
b. Upaya guru pada tahap pelaksanaan guru mampu memperkaya
pembendaharaan kata anak dengan cara mengenalkan kosakata
baru kepada anak serta membiasakan anak untuk bernyanyi dalam
mengenal kata baru.
c. Upaya guru pada tahap penilaian guru melakukan evaluasi
pengambilan keputusan terhadap anak yang belum menguasai lagu
yang disampaikan.
B. Saran
Beranjak dari ungkapan yang telah dikemukakan sebelumnya,
maka berikut ini beberapa implikasi penelitian sebagai berikut.
a. Kepada guru diharapkan untuk mempertahankan citra serta perilaku
selaku pendidik dalam membantu mengembangkan kemampuan
bahasa anak.
b. Kepada lembaga pendidikan dalam hal ini TK Taman Paditungka
Mariopulana agar dapat meningkatkan upaya pengembangan bahasa
agar anak dapat mendapatkan stimulasi yang baik.
c. Bagi para peneliti selanjutnya diharapkan untuk memberikan
pengembangan penelitian yang bersifat kebaharuan dalam penelitian
yang berkaitan dengan pengembangan bahasa anak.
Ketersediaan
| STAR20230366 | 366/2023 | Perpustakaan Pusat | Tersedia |
Informasi Detil
Judul Seri
-
No. Panggil
366/2023
Penerbit
IAIN BONE : Watampone., 2023
Deskripsi Fisik
-
Bahasa
Indonesia
ISBN/ISSN
-
Klasifikasi
Skripsi Tarbiyah
Informasi Detil
Tipe Isi
-
Tipe Media
-
Tipe Pembawa
-
Edisi
-
Subyek
Info Detil Spesifik
-
Pernyataan Tanggungjawab
-
Tidak tersedia versi lain
