Strategi Pelaksanaan Program Sekolah Bermutu di SDIT Asshiddiq Bone
Takbir/862312019069 - Personal Name
Skripsi ini membahas tentang Strategi Pelaksanaan Sekolah Bermutu di
SDIT Asshiddiq Bone. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana
strategi pelaksanaan program sekolah bermutu. Dalam hal ini meliputi
perencanaan strategi, implementasi strategi, evaluasi strategi, kepemimpinan, guru
berkualitas, kurikulum yang relevan, penggunaan teknologi dan evaluasi di SDIT
Asshiddiq Bone. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah
penelitian kualitatif. Penelitian ini menggunakan pendekatan ilmu manajemen dan
pendekatan sosiologis. Adapun pengumpulan data menggunakan metode
observasi, wawancara dan dokumentasi. Keabsahan data menggunakan teknik
triangulasi. Data dianalisis dengan metode reduksi data, penyajian data,
kesimpulan dan verifikasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa strategi yang
dilaksanakan di SDIT Asshiddiq Bone sudah cukup baik. Berdasarkan hasil
observasi, wawancara dan dokumentasi bahwa strategi yang dilaksanakan
meliputi perencanaan strategi, implementasi strategi dan evaluasi strategi. Dengan
adanya strategi yang baik, dapat mewujudkan sekolah yang bermutu. Selanjutnya
yaitu program sekolah bermutu, meliputi kepemimpinan, guru berkualitas,
kurikulum yang relevan, penggunaan teknologi dan evaluasi.
A. Simpulan
Berdasarkan kesimpulan penelitian yang telah dilakukan oleh penulis di
SDIT Asshiddiq Bone, maka penulis menyimpulkan sebagai berikut:
1. Strategi pelaksanaan di SDIT Asshiddiq Bone meliputi perencanaan strategi,
implementasi strategi dan evaluasi strategi. Dalam perencanaan strategi
dalam hal ini meliputi hal-hal apa saja yang perlu diperhatikan, siapa yang
mengendalikan proses perencanaan strategi dan siapa yang melaksanakan
perencanaan strategi. Dalam implementasi strategi yang meliputi penetapan
tujuan tahunan, membuat kebijakan, memotivasi pendidik dan mengalokasi
sumber daya di SDIT Asshiddiq Bone. Serta evaluasi strategi di SDIT
Asshiddiq Bone meliputi laporan pelaksanaan program dan laporan evaluasi
rutin.
2. Program sekolah bermutu di SDIT Asshiddiq Bone tidak lepas dari
bagaimana kepemimpinan, guru yang berkualitas, kurikulum yang relevan,
teknologi yang digunakan serta evaluasi. kepemimpinan mempengaruhi
dalam menentukan tujuan sekolah, bagaimana pemimpin dalam memotivasi
guru dan siswa dan bagaimana kepemimpinan dapat mempengaruhi
kelompok atau budaya yang meliputi etika dan perilaku siswa. Selanjutnya,
guru yang berkualitas menjadi bagian dari pelaksanaan program sekolah
bermutu di SDIT Asshiddiq Bone. Disamping itu, kurikulum yang relevan
dalam hal ini yang meliputi perkembangan peserta didik pada kurikulum
yang diterapkan, kesesuaian dengan lingkungan sekolah dan mata pelajaran
yang ditempuh. Lalu, penggunaan teknologi yang digunakan dalam
mendukung proses pembelajaran di SDIT Asshiddiq Bone, diantaranya
LCD, laptop, sound system dan jaringan internet agar memudahkan proses
pembelajaran. Selanjutnya, evaluasi yang dilakukan di SDIT Asshiddiq
Bone meliputi pengukuran pembelajaran dan penilaian peserta didik.
B. Saran
Sebagai akhir dari penelitian skripsi ini, dengan mendasarkan pada
penelitian yang penulis lakukan, maka penulis ingin memberikan saran yang
mungkin dapat menjadi bahan masukan, antara lain sebagai berikut:
1. Kepala Sekolah dan wakil Kepala Sekolah dapat meningkatkan dan
mengembangkan strategi dalam pelaksanaan program sekolah bermutu.
2. Diharapkan kepada tenaga pendidik dan tenaga kependidikan melaksanakan
tanggung jawab yang diberikan dan bekerja sama dalam pelaksanaan
program sekolah bermutu.
3. Diharapkan kepada warga sekolah senantiasa menjaga lingkungan sekolah
salah satunya sarana dan prasarana yang telah ada harus dikelola dengan
baik agar tetap terjaga, bertujuan untuk menunjang kegiatan pembelajaran.
SDIT Asshiddiq Bone. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana
strategi pelaksanaan program sekolah bermutu. Dalam hal ini meliputi
perencanaan strategi, implementasi strategi, evaluasi strategi, kepemimpinan, guru
berkualitas, kurikulum yang relevan, penggunaan teknologi dan evaluasi di SDIT
Asshiddiq Bone. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah
penelitian kualitatif. Penelitian ini menggunakan pendekatan ilmu manajemen dan
pendekatan sosiologis. Adapun pengumpulan data menggunakan metode
observasi, wawancara dan dokumentasi. Keabsahan data menggunakan teknik
triangulasi. Data dianalisis dengan metode reduksi data, penyajian data,
kesimpulan dan verifikasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa strategi yang
dilaksanakan di SDIT Asshiddiq Bone sudah cukup baik. Berdasarkan hasil
observasi, wawancara dan dokumentasi bahwa strategi yang dilaksanakan
meliputi perencanaan strategi, implementasi strategi dan evaluasi strategi. Dengan
adanya strategi yang baik, dapat mewujudkan sekolah yang bermutu. Selanjutnya
yaitu program sekolah bermutu, meliputi kepemimpinan, guru berkualitas,
kurikulum yang relevan, penggunaan teknologi dan evaluasi.
A. Simpulan
Berdasarkan kesimpulan penelitian yang telah dilakukan oleh penulis di
SDIT Asshiddiq Bone, maka penulis menyimpulkan sebagai berikut:
1. Strategi pelaksanaan di SDIT Asshiddiq Bone meliputi perencanaan strategi,
implementasi strategi dan evaluasi strategi. Dalam perencanaan strategi
dalam hal ini meliputi hal-hal apa saja yang perlu diperhatikan, siapa yang
mengendalikan proses perencanaan strategi dan siapa yang melaksanakan
perencanaan strategi. Dalam implementasi strategi yang meliputi penetapan
tujuan tahunan, membuat kebijakan, memotivasi pendidik dan mengalokasi
sumber daya di SDIT Asshiddiq Bone. Serta evaluasi strategi di SDIT
Asshiddiq Bone meliputi laporan pelaksanaan program dan laporan evaluasi
rutin.
2. Program sekolah bermutu di SDIT Asshiddiq Bone tidak lepas dari
bagaimana kepemimpinan, guru yang berkualitas, kurikulum yang relevan,
teknologi yang digunakan serta evaluasi. kepemimpinan mempengaruhi
dalam menentukan tujuan sekolah, bagaimana pemimpin dalam memotivasi
guru dan siswa dan bagaimana kepemimpinan dapat mempengaruhi
kelompok atau budaya yang meliputi etika dan perilaku siswa. Selanjutnya,
guru yang berkualitas menjadi bagian dari pelaksanaan program sekolah
bermutu di SDIT Asshiddiq Bone. Disamping itu, kurikulum yang relevan
dalam hal ini yang meliputi perkembangan peserta didik pada kurikulum
yang diterapkan, kesesuaian dengan lingkungan sekolah dan mata pelajaran
yang ditempuh. Lalu, penggunaan teknologi yang digunakan dalam
mendukung proses pembelajaran di SDIT Asshiddiq Bone, diantaranya
LCD, laptop, sound system dan jaringan internet agar memudahkan proses
pembelajaran. Selanjutnya, evaluasi yang dilakukan di SDIT Asshiddiq
Bone meliputi pengukuran pembelajaran dan penilaian peserta didik.
B. Saran
Sebagai akhir dari penelitian skripsi ini, dengan mendasarkan pada
penelitian yang penulis lakukan, maka penulis ingin memberikan saran yang
mungkin dapat menjadi bahan masukan, antara lain sebagai berikut:
1. Kepala Sekolah dan wakil Kepala Sekolah dapat meningkatkan dan
mengembangkan strategi dalam pelaksanaan program sekolah bermutu.
2. Diharapkan kepada tenaga pendidik dan tenaga kependidikan melaksanakan
tanggung jawab yang diberikan dan bekerja sama dalam pelaksanaan
program sekolah bermutu.
3. Diharapkan kepada warga sekolah senantiasa menjaga lingkungan sekolah
salah satunya sarana dan prasarana yang telah ada harus dikelola dengan
baik agar tetap terjaga, bertujuan untuk menunjang kegiatan pembelajaran.
Ketersediaan
| STAR20240397 | 397/2024 | Perpustakaan Pusat | Tersedia |
Informasi Detil
Judul Seri
-
No. Panggil
397/2025
Penerbit
IAIN BONE : Watampone., 2024
Deskripsi Fisik
-
Bahasa
Indonesia
ISBN/ISSN
-
Klasifikasi
Skripsi Tarbiyah
Informasi Detil
Tipe Isi
-
Tipe Media
-
Tipe Pembawa
-
Edisi
-
Subyek
Info Detil Spesifik
-
Pernyataan Tanggungjawab
-
Tidak tersedia versi lain
