Efektivitas Penggunaan Media Articulate Storyline Dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa Pada Pembelajaran Tematik Kelas Iii Di Mi Ibadurrahman Muttahidah Kabupaten Bone
Agustina/862322019042 - Personal Name
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas penggunaan media
articulate storyline dalam meningkatkan motivasi belajar siswa pada
pembelajaran tematik kelas III MI Ibadurrahman Muttahidah, Kecamatan Sibulue,
Kabupaten Bone. Pokok permasalahan penelitian ini terkait motivasi belajar
siswa pada pembelajaran tematik kelas III MI Ibadurrahman Muttahidah. Metode
penelitian ini menggunakan jenis penelitian kuantitatif Pre Eksperimen design tipe
One Group Pretest-Postest dengan teknik pengumpulan data menggunakan
instrumen angket dan dokumentasi serta menggunakan pendekatan pedagogik.
Hasil penelitian setelah dilakukan perlakuan menggunakan media articulate
storyline, menunjukkan bahwa nilai yang diperoleh siswa kelas III pada saat post-
test terjadi peningkatan dengan melihat kriteria motivasi belajar siswa dengan
rata-rata sebesar 73,87 dan dapat dilihat dari uji-t pada nilai pre-test dan post-test,
dapat diketahui jika nilai (signifikansi) 2-tailed 0,000 < 0,05 maka H O ditolak,
sehingga media articulate storyline dalam meningkatkan motivasi belajar siswa
kelas III MI Ibadurrahman Muttahidah dinyatakan meningkat karena nilai
signifikansi yang diperoleh adalah 0,00. Sementara uji efektivitas dilihat dari hasil
capaian yakni sebesar 87,5 dari skor tersebut dapat diketahui bahwa tafsiran
efektivitas berada pada kategori sangat efektif.
A. Kesimpulan
Berdasarkan penelitian yang dilakukan oleh penulis tentang motivasi
belajar siswa dengan menggunakan media articulate storyline pembelajaran
Tematik kelas III MI Ibadurrahman Muttahidah, maka penulis dapat
menyimpulkan:
1. Motivasi belajar siswa kelas III MI Ibadurrahman Muttahidah sebelum
(pre-test) memiliki rata-rata (pre-test) 47,12, nilai tertinggi sebesar 64,
dan nilai terendah hanya 37, dapat disimpulkan bahwa nilai yang
diperoleh siswa kelas III pada saat pre-tes masih rendah dikarenakan
belum mencapai kriteria motivasi belajar belajar.
2. Motivasi belajar siswa kelas III MI Ibadurrahman Muttahidah sesudah
(post-test) menggunakan media articulate storyline memiliki rata-rata
sebesar 73,87, nilai tertinggi sebesar 93, nilai rendah sebesar 57, dapat
disimpulkan bahwa nilai yang diperoleh siswa kelas III pada saat post-
test terjadi peningkatan dengan melihat kriteria motivasi belajar.
3. Efektivitas media articulate storyline memberikan pengaruh terhadap
motivasi belajar siswa kelas III MI Ibadurrahman Muttahidah. Hal ini
dapat dilihat dari uji-t menggunakan SPSS for windows versi 29.0 pada
skor pre-test dan post-tes, dapat diketahui nilai (signifikansi) 2-tailed
adalah 0,000 < 0,05. Hal ini menunjukkan bahwa motivasi belajar siswa
lebih baik setelah penggunaan media articulate storyline. Oleh karena
itu, penggunaan media articulate storyline terhadap peningkatan motivasi
belajar belajar peserta didik dengan hasil capaian 87,5 dalam kategori
sangat efektif.
B. Saran.
Dari rumusan masalah dalam penelitian ini, maka dapat peneliti
nyatakan beberapa saran, yaitu sebagai berikut:
1. Bagi Perkembangan Ilmu Pengetahuan
Peneliti ini dapat dijadikan sebagai bahan rujukan tanpa melupakan nilai
keasliannya dalam penelitian ini terutama dalam bidang ilmu
pengetahuan alam
2. Bagi Kepala Madrasah MI Ibadurrahman Muttahidah
Diharapkan kepada kepala Madrasah MI Ibadurrahman Muttahidah agar
menganjurkan guru kelas untuk menggunakan media pembelajaran
Articulate Storuline sebagai salah satu media pembelajaran yang
digunakan dalam proses pembelajaran.
3. Bagi Penelitian Selanjutnya
Bagi penelitian selanjutnya dihimbau untuk meneliti dalam jangka waktu
yang lebih lama, guna mendapatkan data yang lebih mendetail dan lebih
realistis dalam pembelajaran.
articulate storyline dalam meningkatkan motivasi belajar siswa pada
pembelajaran tematik kelas III MI Ibadurrahman Muttahidah, Kecamatan Sibulue,
Kabupaten Bone. Pokok permasalahan penelitian ini terkait motivasi belajar
siswa pada pembelajaran tematik kelas III MI Ibadurrahman Muttahidah. Metode
penelitian ini menggunakan jenis penelitian kuantitatif Pre Eksperimen design tipe
One Group Pretest-Postest dengan teknik pengumpulan data menggunakan
instrumen angket dan dokumentasi serta menggunakan pendekatan pedagogik.
Hasil penelitian setelah dilakukan perlakuan menggunakan media articulate
storyline, menunjukkan bahwa nilai yang diperoleh siswa kelas III pada saat post-
test terjadi peningkatan dengan melihat kriteria motivasi belajar siswa dengan
rata-rata sebesar 73,87 dan dapat dilihat dari uji-t pada nilai pre-test dan post-test,
dapat diketahui jika nilai (signifikansi) 2-tailed 0,000 < 0,05 maka H O ditolak,
sehingga media articulate storyline dalam meningkatkan motivasi belajar siswa
kelas III MI Ibadurrahman Muttahidah dinyatakan meningkat karena nilai
signifikansi yang diperoleh adalah 0,00. Sementara uji efektivitas dilihat dari hasil
capaian yakni sebesar 87,5 dari skor tersebut dapat diketahui bahwa tafsiran
efektivitas berada pada kategori sangat efektif.
A. Kesimpulan
Berdasarkan penelitian yang dilakukan oleh penulis tentang motivasi
belajar siswa dengan menggunakan media articulate storyline pembelajaran
Tematik kelas III MI Ibadurrahman Muttahidah, maka penulis dapat
menyimpulkan:
1. Motivasi belajar siswa kelas III MI Ibadurrahman Muttahidah sebelum
(pre-test) memiliki rata-rata (pre-test) 47,12, nilai tertinggi sebesar 64,
dan nilai terendah hanya 37, dapat disimpulkan bahwa nilai yang
diperoleh siswa kelas III pada saat pre-tes masih rendah dikarenakan
belum mencapai kriteria motivasi belajar belajar.
2. Motivasi belajar siswa kelas III MI Ibadurrahman Muttahidah sesudah
(post-test) menggunakan media articulate storyline memiliki rata-rata
sebesar 73,87, nilai tertinggi sebesar 93, nilai rendah sebesar 57, dapat
disimpulkan bahwa nilai yang diperoleh siswa kelas III pada saat post-
test terjadi peningkatan dengan melihat kriteria motivasi belajar.
3. Efektivitas media articulate storyline memberikan pengaruh terhadap
motivasi belajar siswa kelas III MI Ibadurrahman Muttahidah. Hal ini
dapat dilihat dari uji-t menggunakan SPSS for windows versi 29.0 pada
skor pre-test dan post-tes, dapat diketahui nilai (signifikansi) 2-tailed
adalah 0,000 < 0,05. Hal ini menunjukkan bahwa motivasi belajar siswa
lebih baik setelah penggunaan media articulate storyline. Oleh karena
itu, penggunaan media articulate storyline terhadap peningkatan motivasi
belajar belajar peserta didik dengan hasil capaian 87,5 dalam kategori
sangat efektif.
B. Saran.
Dari rumusan masalah dalam penelitian ini, maka dapat peneliti
nyatakan beberapa saran, yaitu sebagai berikut:
1. Bagi Perkembangan Ilmu Pengetahuan
Peneliti ini dapat dijadikan sebagai bahan rujukan tanpa melupakan nilai
keasliannya dalam penelitian ini terutama dalam bidang ilmu
pengetahuan alam
2. Bagi Kepala Madrasah MI Ibadurrahman Muttahidah
Diharapkan kepada kepala Madrasah MI Ibadurrahman Muttahidah agar
menganjurkan guru kelas untuk menggunakan media pembelajaran
Articulate Storuline sebagai salah satu media pembelajaran yang
digunakan dalam proses pembelajaran.
3. Bagi Penelitian Selanjutnya
Bagi penelitian selanjutnya dihimbau untuk meneliti dalam jangka waktu
yang lebih lama, guna mendapatkan data yang lebih mendetail dan lebih
realistis dalam pembelajaran.
Ketersediaan
| STAR20230292 | 292/2023 | Perpustakaan Pusat | Tersedia |
Informasi Detil
Judul Seri
-
No. Panggil
292/2023
Penerbit
IAIN BONE : Watampone., 2023
Deskripsi Fisik
-
Bahasa
Indonesia
ISBN/ISSN
-
Klasifikasi
Skripsi Tarbiyah
Informasi Detil
Tipe Isi
-
Tipe Media
-
Tipe Pembawa
-
Edisi
-
Subyek
Info Detil Spesifik
-
Pernyataan Tanggungjawab
-
Tidak tersedia versi lain
