Efektivitas Penggunaan Media Papan Hitung Dalam Meningkatkan Pemahaman Konsep Pembagian Pada Pembelajaran Matematika Kelas II Di Min 3 Bone
Dasmi/862322019085 - Personal Name
Skripsi ini membahas tentang “Efektivitas Penggunaan Media Papan
Hitung Dalam Meningkatkan Pemahaman Konsep Pembagian Pada
Pembelajaran Matematika Kelas II Di Min 3 Bone” kajian pokok dalam
penelitian ini adalah Efektivitas Penggunaan Media Papan Hitung Dalam
Meningkatkan Pemahaman Konsep Pembagian Pada Pembelajaran Matematika
Kelas II Di Min 3 Bone. Metode penelitian ini menggunakan jenis penelitian
kuantitatif Pre Eksperimen Design dengan One Group Pretest- Postest. Teknik
pegumpulan data menggunkan lembar observasi, instrumen tes, dan dokumentasi.
Penelitian ini yang menjadi sampel adalah seluruh siswa kelas II A di Min 3 Bone
berjumlah 19 orang (populasi). Data yang diperoleh setelah penelitian dianalisis
menggunakan aplikasi SPSS Statistik Version 22.0 supaya dapat megetahui hasil
perhitungan nilai statistik deskriptif pre-test dan post-test uji normalitas dan uji
hipotesis.
Hasil penelitian setelah menggunakan media papan hitung, menujukkan
bahwa nilai yang didapatkan peserta didik kels II A pada saat post-tes meningkat
dengan melihat kriteria pemahaman konsep siswa dalam belajar memperoleh nilai
rata-rata 81.58. Sehingga dapat dilihat dari uji-T pada nilai pre-test dan Ho ditolak,
sehingga media papan hitung dalam pemahaman konsep siswa kelas II Min 3
bone, karena signifikansi yang diperoleh 0.00.
A. Kesimpulan
Berdasarkan hasil penelitian yang berjudul Efektivitas Penggunaan
Media Papan Hitung Dalam Meningkatkan Pemahaman Konsep Pembagian
Pada Pembelajaran Matematika Kelas II A Di Min 3 Bone, dapat disimpulkan
sebagai berikut:
1. Pemahaman konsep siswa sebelum menggunakan media papan hitung
sangat rendah. Sehingga peneliti dapat mengetahui bahwa skor pre-test
mendapatkan nilai rata-rata 42.63 terendah. Pemahaman konsep siswa
dapat dikatakan maksimal karena nilai rata-rata yang diperoleh < 60
terendah.
2. Peneliti dapat menunjukan hasil penelitian bahawa kemampuan pemahaman
konsep siswa dalam proses belajar menggunakan media papan hitung
meningkat. Kemudian dapat diketahui berdasarkan hasil analisis data pretest sebagai perbandingan pre-test, nilai rata-rata 42.63 sedangkan nilai ratarata post-test adalah 81.58. Hal ini menunjukkan bahwa media papan hitung
dapat diberlakukan dalam proses belajar mengajar pada mata pelajaran
Matematika.
3. Penggunaan media papan hitung. terhadap pemahaman konsep siswa
dinyatakan efektif berdasarkan uji efektifitas dengan nilai 51-75%.
B. Saran
Berdasarkan hasil penelitian, maka peneliti menggunakan saran untuk
meningkatkan hasil belajar dari mutu pendidikan. Adapun saran yang peneliti
sampaikan adalah sebagai berikut:
1. Kepada seluruh pembaca bahwa skripsi ini jangan dianggap hanya sekedar
memenuhi untuk syarat mendapatkan gelar sarjana pendidikan dasar, tetapi
lebih dari itu hendaknya menjadi bahan refrensi.
2. Setiap media pembelajaran mempunyai kelebihan dan kekurangan
tersendiri. Oleh Karenaitu, guru harus mampu memiliki media pembelajaran
yang sesuai dengan materi pelajaran, tujuan yang harus dicapai, waktu yang
tersedia serta sarana dan prasarana yang dimiliki.
3. Bagi peneliti lanjutanya yang ingin melakukan penelitian sejenis disarankan
untuk memperhatikan kelemahan-kelemahan terkait judul peneliti. Selain
itu, peneliti lanjutan perlu mengkaji lebih dalam sehingga penelitian yang
dilakukan semakin lebih baik.
Hitung Dalam Meningkatkan Pemahaman Konsep Pembagian Pada
Pembelajaran Matematika Kelas II Di Min 3 Bone” kajian pokok dalam
penelitian ini adalah Efektivitas Penggunaan Media Papan Hitung Dalam
Meningkatkan Pemahaman Konsep Pembagian Pada Pembelajaran Matematika
Kelas II Di Min 3 Bone. Metode penelitian ini menggunakan jenis penelitian
kuantitatif Pre Eksperimen Design dengan One Group Pretest- Postest. Teknik
pegumpulan data menggunkan lembar observasi, instrumen tes, dan dokumentasi.
Penelitian ini yang menjadi sampel adalah seluruh siswa kelas II A di Min 3 Bone
berjumlah 19 orang (populasi). Data yang diperoleh setelah penelitian dianalisis
menggunakan aplikasi SPSS Statistik Version 22.0 supaya dapat megetahui hasil
perhitungan nilai statistik deskriptif pre-test dan post-test uji normalitas dan uji
hipotesis.
Hasil penelitian setelah menggunakan media papan hitung, menujukkan
bahwa nilai yang didapatkan peserta didik kels II A pada saat post-tes meningkat
dengan melihat kriteria pemahaman konsep siswa dalam belajar memperoleh nilai
rata-rata 81.58. Sehingga dapat dilihat dari uji-T pada nilai pre-test dan Ho ditolak,
sehingga media papan hitung dalam pemahaman konsep siswa kelas II Min 3
bone, karena signifikansi yang diperoleh 0.00.
A. Kesimpulan
Berdasarkan hasil penelitian yang berjudul Efektivitas Penggunaan
Media Papan Hitung Dalam Meningkatkan Pemahaman Konsep Pembagian
Pada Pembelajaran Matematika Kelas II A Di Min 3 Bone, dapat disimpulkan
sebagai berikut:
1. Pemahaman konsep siswa sebelum menggunakan media papan hitung
sangat rendah. Sehingga peneliti dapat mengetahui bahwa skor pre-test
mendapatkan nilai rata-rata 42.63 terendah. Pemahaman konsep siswa
dapat dikatakan maksimal karena nilai rata-rata yang diperoleh < 60
terendah.
2. Peneliti dapat menunjukan hasil penelitian bahawa kemampuan pemahaman
konsep siswa dalam proses belajar menggunakan media papan hitung
meningkat. Kemudian dapat diketahui berdasarkan hasil analisis data pretest sebagai perbandingan pre-test, nilai rata-rata 42.63 sedangkan nilai ratarata post-test adalah 81.58. Hal ini menunjukkan bahwa media papan hitung
dapat diberlakukan dalam proses belajar mengajar pada mata pelajaran
Matematika.
3. Penggunaan media papan hitung. terhadap pemahaman konsep siswa
dinyatakan efektif berdasarkan uji efektifitas dengan nilai 51-75%.
B. Saran
Berdasarkan hasil penelitian, maka peneliti menggunakan saran untuk
meningkatkan hasil belajar dari mutu pendidikan. Adapun saran yang peneliti
sampaikan adalah sebagai berikut:
1. Kepada seluruh pembaca bahwa skripsi ini jangan dianggap hanya sekedar
memenuhi untuk syarat mendapatkan gelar sarjana pendidikan dasar, tetapi
lebih dari itu hendaknya menjadi bahan refrensi.
2. Setiap media pembelajaran mempunyai kelebihan dan kekurangan
tersendiri. Oleh Karenaitu, guru harus mampu memiliki media pembelajaran
yang sesuai dengan materi pelajaran, tujuan yang harus dicapai, waktu yang
tersedia serta sarana dan prasarana yang dimiliki.
3. Bagi peneliti lanjutanya yang ingin melakukan penelitian sejenis disarankan
untuk memperhatikan kelemahan-kelemahan terkait judul peneliti. Selain
itu, peneliti lanjutan perlu mengkaji lebih dalam sehingga penelitian yang
dilakukan semakin lebih baik.
Ketersediaan
| STAR20230396 | 396/2023 | Perpustakaan Pusat | Tersedia |
Informasi Detil
Judul Seri
-
No. Panggil
416/2023
Penerbit
IAIN BONE : Watampone., 2023
Deskripsi Fisik
-
Bahasa
Indonesia
ISBN/ISSN
-
Klasifikasi
Skripsi Tarbiyah
Informasi Detil
Tipe Isi
-
Tipe Media
-
Tipe Pembawa
-
Edisi
-
Subyek
Info Detil Spesifik
-
Pernyataan Tanggungjawab
-
Tidak tersedia versi lain
