Urgensi Pembiasaan Shalat Dhuha Terhadap Perilaku Disiplin Anak USia Dini di TK PGRI Kabupaten Bone
Fira Firayanti/8620720190205 - Personal Name
Skripsi ini membahas tentang upaya pembiasaan shalat dhuha terhadap
perilaku disiplin anak usia dini di TK PGRI Kabupaten Bone. Pokok permasalahan
pada penelitian ini ada dua yaitu bagaimana gambaran perilaku disiplin anak usia
dini di TK PGRI Kabupaten Bone dan bagaimana urgensi pembiasaan shalat dhuha
terhadap perilaku disiplin anak usia dini di TK PGRI Kabupaten Bone. Selain itu,
tujuan penelitian ini mencakup tentang gambaran perilaku disiplin anak usia dini di
TK PGRI Kabupaten Bone dan urgensi pembiasaan shalat dhuha terhadap perilaku
disiplin anak usia dini di TK PGRI Kabupaten Bone.
Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian kualitatif dengan
pendekatan lapangan. Penelitian ini menggunakan observasi, wawancara dan
dokumentasi sebagai teknik pengumpulan data. Melakukan analisis data melalui tiga
proses yaitu reduksi data, display data dan penarikan kesimpulan atau verifikasi.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa gambaran urgensi pembiasaan shalat
dhuha terlihat ketika anak mampu konsisten dan tepat waktu dalam melaksanakan
shalat dhuha. Namun, perilaku tersebut tidak hanya terjadi dalam pelaksanaan shalat
dhuha namun terlaksana juga pada kehidupan sehari-hari anak. Selain itu, gambaran
perilaku disiplin anak usia dini di TK PGRI Kabupaten Bone mencakup tentang
perilaku taat anak dalam melaksanakan shalat dhuha, perilaku teratur anak dalam
melaksanakan shalat dhuha dari awal hingga akhir, serta perilaku tertib anak dalam
melaksanakan arahan guru untuk shalat dhuha sebelum melaksanakan proses
pembelajaran.
A. Simpulan
Berdasarkan penelitian yang dilakukan oleh peneliti dengan judul
penelitian urgensi pembiasaan shalat dhuha terhadap perilaku disiplin anak
usia dini di TK PGRI Kabupaten Bone, maka yang menjadi simpulan pada
pembahasan skripsi ini yaitu sebagai berikut.
1. Terdapat beberapa gambaran urgensi pembiasaan shalat dhuha terhadap
perilaku disiplin anak usia dini TK PGRI Kabupaten Bone sebagai berikut.
a. Perilaku konsisten anak terlihat ketika melaksanakan sholat dhuha
sebelum melaksanakan proses pembelajaran dengan mendapatkan
arahan dari guru.
b. Perilaku tepat waktu anak terlihat ketika anak melaksanakan shalat
dhuha sebelum proses pembelajaran sesuai dengan arahan guru secara
tepat waktu.
2. Terdapat beberapa gambaran perilaku disiplin anak usia dini TK PGRI
Kabupaten Bone sebagai berikut.
a. Perilaku ketaatan anak terlihat ketika anak mampu menaati aturan
bahwa jam datang ke sekolah adalah 07:30, selain itu anak senantiasa
menaati aturan kelas jika sedang melaksanakan proses pembelajaran,
melaksanakan arahan guru untuk melakukan shalat dhuha dan
memungut sampah secara taat.
b. Perilaku keteraturan anak terlihat ketika anak teratur dalam
melaksanakan shalat dhuha dari awal hingga akhir, anak mampu
teratur tanpa berlomba-lomba dengan temannya, serta datang ke
sekolah secara teratur dan tepat waktu.
c. Perilaku tertib anak terlihat serta ketika anak berperilaku tertib pada
proses pembelajaran, tertib terhadap arahan guru dalam
melakukan shalat dhuha, melaksanakan shalat dhuha secara sungguh-
sungguh serta tertib ketika sedang melaksanakan proses belajar di
kelas.
B. Implikasi
Beranjak dari ungakapan yang dikemukakan sebelumnya, peneliti
dapat memberikan gambaran implikasi penelitian yang telah dilakukan yaitu
sebagai berikut.
a. Kepada guru, dihrarapkan dapat mempertahankan citra serta perilaku
pendidik yang telah terbangun untuk mendukung pelaksanaan pembiasaan
shalat dhuha yang dapat menstimulasi perilaku disiplin anak usia dini.
b. Kepada lembaga pendidikan dalam hal ini TK PGRI Kabupaten Bone agar
dapat mempertahankan sistem yang telah berjalan demi mendukung
pelaksanaan pembiasaan shalat dhuha yang dapat menstimulasi perilaku
disiplin anak usia dini.
c. Bagi para peneliti selanjutnya, diharapkan untuk memberikan penelitian
yang bersifat kebaharuan mengenai pelaksanaan pembiasaan shalat dhuha
yang dapat menstimulasi perilaku disiplin anak usia dini.
perilaku disiplin anak usia dini di TK PGRI Kabupaten Bone. Pokok permasalahan
pada penelitian ini ada dua yaitu bagaimana gambaran perilaku disiplin anak usia
dini di TK PGRI Kabupaten Bone dan bagaimana urgensi pembiasaan shalat dhuha
terhadap perilaku disiplin anak usia dini di TK PGRI Kabupaten Bone. Selain itu,
tujuan penelitian ini mencakup tentang gambaran perilaku disiplin anak usia dini di
TK PGRI Kabupaten Bone dan urgensi pembiasaan shalat dhuha terhadap perilaku
disiplin anak usia dini di TK PGRI Kabupaten Bone.
Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian kualitatif dengan
pendekatan lapangan. Penelitian ini menggunakan observasi, wawancara dan
dokumentasi sebagai teknik pengumpulan data. Melakukan analisis data melalui tiga
proses yaitu reduksi data, display data dan penarikan kesimpulan atau verifikasi.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa gambaran urgensi pembiasaan shalat
dhuha terlihat ketika anak mampu konsisten dan tepat waktu dalam melaksanakan
shalat dhuha. Namun, perilaku tersebut tidak hanya terjadi dalam pelaksanaan shalat
dhuha namun terlaksana juga pada kehidupan sehari-hari anak. Selain itu, gambaran
perilaku disiplin anak usia dini di TK PGRI Kabupaten Bone mencakup tentang
perilaku taat anak dalam melaksanakan shalat dhuha, perilaku teratur anak dalam
melaksanakan shalat dhuha dari awal hingga akhir, serta perilaku tertib anak dalam
melaksanakan arahan guru untuk shalat dhuha sebelum melaksanakan proses
pembelajaran.
A. Simpulan
Berdasarkan penelitian yang dilakukan oleh peneliti dengan judul
penelitian urgensi pembiasaan shalat dhuha terhadap perilaku disiplin anak
usia dini di TK PGRI Kabupaten Bone, maka yang menjadi simpulan pada
pembahasan skripsi ini yaitu sebagai berikut.
1. Terdapat beberapa gambaran urgensi pembiasaan shalat dhuha terhadap
perilaku disiplin anak usia dini TK PGRI Kabupaten Bone sebagai berikut.
a. Perilaku konsisten anak terlihat ketika melaksanakan sholat dhuha
sebelum melaksanakan proses pembelajaran dengan mendapatkan
arahan dari guru.
b. Perilaku tepat waktu anak terlihat ketika anak melaksanakan shalat
dhuha sebelum proses pembelajaran sesuai dengan arahan guru secara
tepat waktu.
2. Terdapat beberapa gambaran perilaku disiplin anak usia dini TK PGRI
Kabupaten Bone sebagai berikut.
a. Perilaku ketaatan anak terlihat ketika anak mampu menaati aturan
bahwa jam datang ke sekolah adalah 07:30, selain itu anak senantiasa
menaati aturan kelas jika sedang melaksanakan proses pembelajaran,
melaksanakan arahan guru untuk melakukan shalat dhuha dan
memungut sampah secara taat.
b. Perilaku keteraturan anak terlihat ketika anak teratur dalam
melaksanakan shalat dhuha dari awal hingga akhir, anak mampu
teratur tanpa berlomba-lomba dengan temannya, serta datang ke
sekolah secara teratur dan tepat waktu.
c. Perilaku tertib anak terlihat serta ketika anak berperilaku tertib pada
proses pembelajaran, tertib terhadap arahan guru dalam
melakukan shalat dhuha, melaksanakan shalat dhuha secara sungguh-
sungguh serta tertib ketika sedang melaksanakan proses belajar di
kelas.
B. Implikasi
Beranjak dari ungakapan yang dikemukakan sebelumnya, peneliti
dapat memberikan gambaran implikasi penelitian yang telah dilakukan yaitu
sebagai berikut.
a. Kepada guru, dihrarapkan dapat mempertahankan citra serta perilaku
pendidik yang telah terbangun untuk mendukung pelaksanaan pembiasaan
shalat dhuha yang dapat menstimulasi perilaku disiplin anak usia dini.
b. Kepada lembaga pendidikan dalam hal ini TK PGRI Kabupaten Bone agar
dapat mempertahankan sistem yang telah berjalan demi mendukung
pelaksanaan pembiasaan shalat dhuha yang dapat menstimulasi perilaku
disiplin anak usia dini.
c. Bagi para peneliti selanjutnya, diharapkan untuk memberikan penelitian
yang bersifat kebaharuan mengenai pelaksanaan pembiasaan shalat dhuha
yang dapat menstimulasi perilaku disiplin anak usia dini.
Ketersediaan
| STAR20230320 | 320/2023 | Perpustakaan Pusat | Tersedia |
Informasi Detil
Judul Seri
-
No. Panggil
320/2023
Penerbit
IAIN BONE : Watampone., 2023
Deskripsi Fisik
-
Bahasa
Indonesia
ISBN/ISSN
-
Klasifikasi
Skripsi Tarbiyah
Informasi Detil
Tipe Isi
-
Tipe Media
-
Tipe Pembawa
-
Edisi
-
Subyek
Info Detil Spesifik
-
Pernyataan Tanggungjawab
-
Tidak tersedia versi lain
