Pengaruh Kefasihan Makharij al-Huruf Dalam Meningkatkan Kemampuan Imla’ Mahasiswa Prodi PBA Semester 3 Kelompok 3 Institut Agama Islam Negeri Bone
Isma/02.14.2024 - Personal Name
Tema dari skripsi ini adalah pengaruh kefasihan makharij al-huruf terhadap
kemampuan imla’ . Adapun rumusan masalah yang terkandung dalam skripsi ini
adalah “apakah terdapat pengaruh kefasihan makharij al-huruf dalam meningkatkan
kemampun imla’?”. Tujuannya yaitu untuk mengetahui apakah terdapat pengaruh
kefasihan
makharij al-huruf
dalam meningkatkan kemampun
imla’
serta
kegunaannya yakni membantu mahasiswa mengetahui bagaimana makharij al-huruf
yang benar agar dapat meningkatkan kemampuan imla’ mereka.
Untuk memudahkan pemecahan masalah di atas, digunakan metode
penelitian lapangan (Field Research) dengan menggunakan teknik metode penelitian
kuantitatif (The Static Group Comparison Design) yaitu penelitian rancangan ini
menggunakan satu kelompok atau biasa disebut eksperimen tunggal. Dalam
pengumpulan data digunakan beberapa metode yakni melakukan tes (pretest dan
posttest). Setelah data terkumpul maka di analisis yang menggunakan analisis data
dengan uji t.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa kefasihan makharij al-huruf dapat
meningkatkan kemampuan imla’ mahasiswa prodi PBA semester 3 kelompok 3
Institut Agama Islam Negeri Bone. Hal tersebut dapat dibuktikan dengan adanya
peningkatan hasil perolehan nilai posttest yang dicapai oleh kelas eksperimen dengan
perolehan nilai rata-rata lebih tinggi dari nilai pretes yaitu sebesar 42,50 sedangkan
nilai posttes 79,50 setelah dilakukan perlakuan.
Nerdasarkan hasil penelitian diatas dapat disimpulkan bahwa kefasihan
makharij al-huruf terbukti dapat meningkatkan kemampuan imla’ mahasiswa prodi
PBA semester 3 kelompok 3 Institut Agama Islam Negeri Bone.
Peningkatan kemampuan imla mahasiswa Program Studi Pendididikan Bahasa
Arab semester 3 kelompok 3 Institut Agama Islam Negeri Bonedapat dilihat Uji
hipotesis dengan perhitungan independent sample t-test diketahui rata-rata nilai pretes
26,80sedangkan rata-rata nilai posttes sebesar 79,50 sehingga diketahui peningkatan
kemampuan imla’ setelah di berikan materi tentang makharij al-huruf dengan selisih
37,00. Diketahui juga nilai uji t hitung 51, 802 dan nilai t table adalah 2,110. Oleh
karena itu t hitung > t table (51, 802 > 2,110) dan nilai signifikansinya lebih kecil dari
pada 0,05 (0,00 < 0,05) dapat dinyatakan terdapat peningkatan secara signifikan pada
skor hasil posttes dibandingkan skor hasil pretest sehingga dapat dikatakan bahwa
terdapat pengaruh kefasihan makharij al-huruf terhadap peningkatan kemampuan
imla’ mahasiswa Program Studi Pendididikan Bahasa Arab semester 3 kelompok 3
Institut Agama Islam Negeri Bone.
A. Saran
Berdasarkan hasil penelitian, perlu adanya penulis memberi saran semata-
mata sebagai masukan khusunya kepada guru mata pelajaran bahasa Arab khususnya
pelajaran imla’ agar memberikan pendalam tentang pelajaran makharij al-huruf
sebelum kemudian memberi pelajaran tentang imla’ itu sendiri. Bagi pengembang
berikutnya, diharapkan dapat melakukan uji coba dengan subjek yang lebih besar dan
waktu pembelajaran yang lebih lama untuk mendapatkan tingkat pengaruh yang lebih
baik. Ini semua penulis lakukan bukan berarti ingin memberi nasihat bagi pendidik,
namun hanya sebagai wujud kecintaan dan perhatian penulis kepada semua pihak.
Untuk semua pendidik hendaknya tidak ada henti-hentinya menjalin hubungan
komunikasi dengan pendidik lainya, peserta didik, tenaga kependidikan maupun
orang tua dan masyarakat agar terjaling hubungan yang lebih efektif sehinggah dapat
bergaul dan terjalin persaudaraan serta silatuhrahmi sehingga dapat bekerjasama
dalam melakukan kegiatan di sekolah ataupun hal yang terkait dengan siswa itu
sendiri.
Untuk semua siswa diharapkan agar senantiasa terjalin hubungan dengan baik
kesesama pendidik, tenaga kependidikan ataupun siswa lain agar lebih mudah untuk
berkomunikasi yang baik dan memberikan kesan yang baik, apalagi dalam wilayah
pembelajaran, disarankan supaya lebih aktif dan kreatif sehingga siswa dapat
melakukan sesuai yang diharapkan agar selalu tertanam pembelajaran tersebut dalam
diri siswa.
kemampuan imla’ . Adapun rumusan masalah yang terkandung dalam skripsi ini
adalah “apakah terdapat pengaruh kefasihan makharij al-huruf dalam meningkatkan
kemampun imla’?”. Tujuannya yaitu untuk mengetahui apakah terdapat pengaruh
kefasihan
makharij al-huruf
dalam meningkatkan kemampun
imla’
serta
kegunaannya yakni membantu mahasiswa mengetahui bagaimana makharij al-huruf
yang benar agar dapat meningkatkan kemampuan imla’ mereka.
Untuk memudahkan pemecahan masalah di atas, digunakan metode
penelitian lapangan (Field Research) dengan menggunakan teknik metode penelitian
kuantitatif (The Static Group Comparison Design) yaitu penelitian rancangan ini
menggunakan satu kelompok atau biasa disebut eksperimen tunggal. Dalam
pengumpulan data digunakan beberapa metode yakni melakukan tes (pretest dan
posttest). Setelah data terkumpul maka di analisis yang menggunakan analisis data
dengan uji t.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa kefasihan makharij al-huruf dapat
meningkatkan kemampuan imla’ mahasiswa prodi PBA semester 3 kelompok 3
Institut Agama Islam Negeri Bone. Hal tersebut dapat dibuktikan dengan adanya
peningkatan hasil perolehan nilai posttest yang dicapai oleh kelas eksperimen dengan
perolehan nilai rata-rata lebih tinggi dari nilai pretes yaitu sebesar 42,50 sedangkan
nilai posttes 79,50 setelah dilakukan perlakuan.
Nerdasarkan hasil penelitian diatas dapat disimpulkan bahwa kefasihan
makharij al-huruf terbukti dapat meningkatkan kemampuan imla’ mahasiswa prodi
PBA semester 3 kelompok 3 Institut Agama Islam Negeri Bone.
Peningkatan kemampuan imla mahasiswa Program Studi Pendididikan Bahasa
Arab semester 3 kelompok 3 Institut Agama Islam Negeri Bonedapat dilihat Uji
hipotesis dengan perhitungan independent sample t-test diketahui rata-rata nilai pretes
26,80sedangkan rata-rata nilai posttes sebesar 79,50 sehingga diketahui peningkatan
kemampuan imla’ setelah di berikan materi tentang makharij al-huruf dengan selisih
37,00. Diketahui juga nilai uji t hitung 51, 802 dan nilai t table adalah 2,110. Oleh
karena itu t hitung > t table (51, 802 > 2,110) dan nilai signifikansinya lebih kecil dari
pada 0,05 (0,00 < 0,05) dapat dinyatakan terdapat peningkatan secara signifikan pada
skor hasil posttes dibandingkan skor hasil pretest sehingga dapat dikatakan bahwa
terdapat pengaruh kefasihan makharij al-huruf terhadap peningkatan kemampuan
imla’ mahasiswa Program Studi Pendididikan Bahasa Arab semester 3 kelompok 3
Institut Agama Islam Negeri Bone.
A. Saran
Berdasarkan hasil penelitian, perlu adanya penulis memberi saran semata-
mata sebagai masukan khusunya kepada guru mata pelajaran bahasa Arab khususnya
pelajaran imla’ agar memberikan pendalam tentang pelajaran makharij al-huruf
sebelum kemudian memberi pelajaran tentang imla’ itu sendiri. Bagi pengembang
berikutnya, diharapkan dapat melakukan uji coba dengan subjek yang lebih besar dan
waktu pembelajaran yang lebih lama untuk mendapatkan tingkat pengaruh yang lebih
baik. Ini semua penulis lakukan bukan berarti ingin memberi nasihat bagi pendidik,
namun hanya sebagai wujud kecintaan dan perhatian penulis kepada semua pihak.
Untuk semua pendidik hendaknya tidak ada henti-hentinya menjalin hubungan
komunikasi dengan pendidik lainya, peserta didik, tenaga kependidikan maupun
orang tua dan masyarakat agar terjaling hubungan yang lebih efektif sehinggah dapat
bergaul dan terjalin persaudaraan serta silatuhrahmi sehingga dapat bekerjasama
dalam melakukan kegiatan di sekolah ataupun hal yang terkait dengan siswa itu
sendiri.
Untuk semua siswa diharapkan agar senantiasa terjalin hubungan dengan baik
kesesama pendidik, tenaga kependidikan ataupun siswa lain agar lebih mudah untuk
berkomunikasi yang baik dan memberikan kesan yang baik, apalagi dalam wilayah
pembelajaran, disarankan supaya lebih aktif dan kreatif sehingga siswa dapat
melakukan sesuai yang diharapkan agar selalu tertanam pembelajaran tersebut dalam
diri siswa.
Ketersediaan
| STAR20190349 | 349/2019 | Perpustakaan Pusat | Tersedia |
Informasi Detil
Judul Seri
-
No. Panggil
349/2019
Penerbit
IAIN BONE : Watampone., 2019
Deskripsi Fisik
-
Bahasa
Indonesia
ISBN/ISSN
-
Klasifikasi
Skripsi Tarbiyah
Informasi Detil
Tipe Isi
-
Tipe Media
-
Tipe Pembawa
-
Edisi
-
Subyek
Info Detil Spesifik
-
Pernyataan Tanggungjawab
-
Tidak tersedia versi lain
