Efektivitas model pembelajaran think pair share dalam meningkatkan hasil belajar siswa kelas VIII pada mata pelajaran akidah akhlak di MTs Al-Hidayah Bakke Kecamatan Barebbo Kabuppaten Bone
Delvi Atamila/862082019005 - Personal Name
Skripsi ini membahas tentang Efektivitas model pembelajaran think pair
share dalam meningkatkan hasil belajar siswa kelas VIII pada mata pelajaran akidah
akhlak di MTs Al-Hidayah Bakke Kecamatan Barebbo Kabupaten Bone Adapun
tujuan pembahasan skripsi ini adalah 1) Untuk hasil belajar siswa kelas VIII sebelum
diterapkan model pembelajaran think pair share pada mata pelajaran akidah akhlak di
MTs Al-Hidayah Bakke Kecamatan Barebbo Kabupaten Bone 2) Untuk hasil belajar
siswa kelas VIII sesudah diterapkan model pembelajarn think pair share pada mata
pelajaran akidah akhlak di MTs Al-Hidayah Bakke Kecamatan Barebbo Kabupaten
Bone 3) Untuk efektivitas penerapan model pembelajaran think pair share dalam
meningkatkan hasil belajar siswa kelas VIII pada mata pelajaran akidah akhlak di
MTs Al-Hidayah Bakke Kecamatan Barebbo Kabupaten Bone.
Untuk memudahkan pemecahan masalah tersebut, peneliti menggunakan
penelitian kuantitatif dan metode penelitian eksperimental (pre-eksprerimental design
one group) dengan menggunakan pendekatan pedagogik, pendekatan psikologi dan
pendekatan sosiologis. Penelitian ini menggunakan tekhnik observasi dan tes. Data
yang diperoleh diolah menggunkan metode kuantitatif untuk mendeskripsikan
penelitian. Dalam menganalisis data peneliti menggunakan statistika uji normatif, uji
homogenitas dan hipotesis.
Hasil penelitian menunjukkan hasil belajar siswa sebelum diterapkan model
pembelajaran think pair share tergolong rendah dapat dilihat dari hasil perhitungan data
pretest diperoleh skor tertinggi sebesar 80 dan skor terendah adalah 13 dengan jumlah rata-
rata 43.10, median 40.00 dan modus 20 serta standar deviasi sebesar 21.206. Penerapan
Model Pembelajaran Think Pair Share pada mata pelajaran akidah akhlak di MTs Al-
Hidayah Bakke mengalami peningkatan. Dilihat dari hasil postest perhitungan skor postest
mendapatkan skor tertinggi sebesar 93 dan skor terendah adalah 40 dengan jumlah rata-rata
76.95, median 86.00 dan modus 86 serta standar deviasi sebesar 15.666.
A. Simpulan
1. Adapun hasil belajar siswa sebelum diterapkan model pembelajaran think
pair share tergolong rendah dapat dilihat dari hasil perhitungan data
pretest diperoleh skor tertinggi sebesar 80 dan skor terendah adalah 13
dengan jumlah rata-rata 43.10, median 40.00 dan modus 20 serta standar
deviasi sebesar 21.206.
2. Penerapan model pembelajaran think pair share pada mata pelajaran
akidah akhlak di MTs Al-Hidayah Bakke mengalami peningkatan. Dilihat
dari hasil postest perhitungan skor postest mendapatkan skor tertinggi
sebesar 93 dan skor terendah adalah 40 dengan jumlah rata-rata 76.95,
median 86.00 dan modus 86 serta standar deviasi sebesar 15.666.
3. Efektivitas penerapan model pembelajaran think pair share dalam
meningkatkan hasil belajar siswa kelas VIII pada mata pelajaran akidah
akhlak di MTs Al-Hidayah Bakke maka dilakukan uji t, setalah diuji
dengan SPSS versi 26 nilai signifikan 0,000 < 0,05 sehingga H 0 ditolak
dan H 1 diterima atau uji t dengan menggunakan rumus diperoleh t hitung =
8,177 dan t tabel = 2,093 jadi t hitung > t tabel = 8,177 > 2,093, jadi t hitung
(8,177) > (2,093), maka H 0 ditolak dan H 1 diterima yang berarti ada
keefektivan dalam penerapan model pembelajaran think pair share dalam
meningkatkan hasil belajar siswa kelas VIII pada mata pelajaran akidah
akhlak di MTs Al-Hidayah Bakke.
B. Implikasi
Setelah menguraikan simpulan, selanjutnya peneliti akan menguraikan
implikasi peneliti yang berisi saran-saran. Adapun saran-saran yang peneliti
maksud adalah sebagai berikut:
1. Diharapkan guru bisa menerapkan model pembelajaran think pair
share dalam meningkatkan hasil belajar siswa dalam mata pelajaran
akidah akhlak.
2. Diharapkan kepada guru selalu menerapkan model pembelajaran think
pair share, dilihat dari adanya pengaruh hasil belajar siswa setelah
diterapkan model pembelajaran think pair share pada penelitian ini.
3. Diharapkan Bagi siswa agar dapat di tingkatkan keberanian
mengungkapkan gagasanya, berkomunikasi dan bekerjasama dengan
temanya dalam mengikuti pembelajaran dikelas baik seara individu
maupun kelompok agar diperoleh hasil belajar yang baik.
share dalam meningkatkan hasil belajar siswa kelas VIII pada mata pelajaran akidah
akhlak di MTs Al-Hidayah Bakke Kecamatan Barebbo Kabupaten Bone Adapun
tujuan pembahasan skripsi ini adalah 1) Untuk hasil belajar siswa kelas VIII sebelum
diterapkan model pembelajaran think pair share pada mata pelajaran akidah akhlak di
MTs Al-Hidayah Bakke Kecamatan Barebbo Kabupaten Bone 2) Untuk hasil belajar
siswa kelas VIII sesudah diterapkan model pembelajarn think pair share pada mata
pelajaran akidah akhlak di MTs Al-Hidayah Bakke Kecamatan Barebbo Kabupaten
Bone 3) Untuk efektivitas penerapan model pembelajaran think pair share dalam
meningkatkan hasil belajar siswa kelas VIII pada mata pelajaran akidah akhlak di
MTs Al-Hidayah Bakke Kecamatan Barebbo Kabupaten Bone.
Untuk memudahkan pemecahan masalah tersebut, peneliti menggunakan
penelitian kuantitatif dan metode penelitian eksperimental (pre-eksprerimental design
one group) dengan menggunakan pendekatan pedagogik, pendekatan psikologi dan
pendekatan sosiologis. Penelitian ini menggunakan tekhnik observasi dan tes. Data
yang diperoleh diolah menggunkan metode kuantitatif untuk mendeskripsikan
penelitian. Dalam menganalisis data peneliti menggunakan statistika uji normatif, uji
homogenitas dan hipotesis.
Hasil penelitian menunjukkan hasil belajar siswa sebelum diterapkan model
pembelajaran think pair share tergolong rendah dapat dilihat dari hasil perhitungan data
pretest diperoleh skor tertinggi sebesar 80 dan skor terendah adalah 13 dengan jumlah rata-
rata 43.10, median 40.00 dan modus 20 serta standar deviasi sebesar 21.206. Penerapan
Model Pembelajaran Think Pair Share pada mata pelajaran akidah akhlak di MTs Al-
Hidayah Bakke mengalami peningkatan. Dilihat dari hasil postest perhitungan skor postest
mendapatkan skor tertinggi sebesar 93 dan skor terendah adalah 40 dengan jumlah rata-rata
76.95, median 86.00 dan modus 86 serta standar deviasi sebesar 15.666.
A. Simpulan
1. Adapun hasil belajar siswa sebelum diterapkan model pembelajaran think
pair share tergolong rendah dapat dilihat dari hasil perhitungan data
pretest diperoleh skor tertinggi sebesar 80 dan skor terendah adalah 13
dengan jumlah rata-rata 43.10, median 40.00 dan modus 20 serta standar
deviasi sebesar 21.206.
2. Penerapan model pembelajaran think pair share pada mata pelajaran
akidah akhlak di MTs Al-Hidayah Bakke mengalami peningkatan. Dilihat
dari hasil postest perhitungan skor postest mendapatkan skor tertinggi
sebesar 93 dan skor terendah adalah 40 dengan jumlah rata-rata 76.95,
median 86.00 dan modus 86 serta standar deviasi sebesar 15.666.
3. Efektivitas penerapan model pembelajaran think pair share dalam
meningkatkan hasil belajar siswa kelas VIII pada mata pelajaran akidah
akhlak di MTs Al-Hidayah Bakke maka dilakukan uji t, setalah diuji
dengan SPSS versi 26 nilai signifikan 0,000 < 0,05 sehingga H 0 ditolak
dan H 1 diterima atau uji t dengan menggunakan rumus diperoleh t hitung =
8,177 dan t tabel = 2,093 jadi t hitung > t tabel = 8,177 > 2,093, jadi t hitung
(8,177) > (2,093), maka H 0 ditolak dan H 1 diterima yang berarti ada
keefektivan dalam penerapan model pembelajaran think pair share dalam
meningkatkan hasil belajar siswa kelas VIII pada mata pelajaran akidah
akhlak di MTs Al-Hidayah Bakke.
B. Implikasi
Setelah menguraikan simpulan, selanjutnya peneliti akan menguraikan
implikasi peneliti yang berisi saran-saran. Adapun saran-saran yang peneliti
maksud adalah sebagai berikut:
1. Diharapkan guru bisa menerapkan model pembelajaran think pair
share dalam meningkatkan hasil belajar siswa dalam mata pelajaran
akidah akhlak.
2. Diharapkan kepada guru selalu menerapkan model pembelajaran think
pair share, dilihat dari adanya pengaruh hasil belajar siswa setelah
diterapkan model pembelajaran think pair share pada penelitian ini.
3. Diharapkan Bagi siswa agar dapat di tingkatkan keberanian
mengungkapkan gagasanya, berkomunikasi dan bekerjasama dengan
temanya dalam mengikuti pembelajaran dikelas baik seara individu
maupun kelompok agar diperoleh hasil belajar yang baik.
Ketersediaan
| STAR20230227 | 227/2023 | Perpustakaan Pusat | Tersedia |
Informasi Detil
Judul Seri
-
No. Panggil
227/2023
Penerbit
IAIN BONE : Watampone., 2023
Deskripsi Fisik
-
Bahasa
Indonesia
ISBN/ISSN
-
Klasifikasi
Skripsi Tarbiyah
Informasi Detil
Tipe Isi
-
Tipe Media
-
Tipe Pembawa
-
Edisi
-
Subyek
Info Detil Spesifik
-
Pernyataan Tanggungjawab
-
Tidak tersedia versi lain
