Efektivitas Penggunaan Media Dinding Kata Dalam Meningkatkan Kemampuan Membaca Aksara Lontara Siswa Kelas III MI At-Thahiriyah Componge Kabupaten Bone
Nurlaila/862322019058 - Personal Name
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas penggunaan media dinding
kata dalam meningkatkan kemampuan membaca aksara lontara siswa kelas III MI
At-Thahiriyah Componge Kabupaten Bone. Pokok permasalahan dalam penelitian
ini terkait kemampuan membaca aksara lontara siswa masih kurang tepat, cara
baca masih terbata-bata dan mudah bosan pada pembelajaran bahasa daerah
aksara lontara. Metode yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan jenis
penelitian kuantitatif Pre Eksperimen Design dengan design One Group Pretest-
Postest. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini berupa unjuk kerja atau
tes praktik kemampuan membaca aksara lontara dengan menggunakan lembar
penilaian sesuai dengan kisi-kisi instrumen kemampuan membaca aksara lontara.
kemudian dilakukan analisis data menggunakan analisis statistik deskriptif
melalui program Statiscal Package Sosial Science (SPPS) Versi 22, untuk
mengetahui hasil perhitungan nilai statistik deskriptif pretest-postest, uji hipotesis
dan uji t-paired sample test. Penelitian ini dilaksanakan di kelas III MI At-
Thahiriyah Componge Kabupaten Bone berjumlah 22 orang.
Hasil data yang diperoleh selama penelitian, dianalisis menggunakan Statiscal
Package Sosial Science (SPPS) Versi 22, untuk mengetahui hasil perhitungan
statistik deskriptif pretest – postest, uji paired sample t-test. Hasil penelitian
menunjukkan bahwa media dinding kata dalam meningkatkan kemampuan
membaca aksara lontara di kelas III MI At-Thahiriyah Componge Kabupaten
Bone. Berdasarkan dari hasil uji-t pada nilai pre-test dan post-test, dapat
diketahui jika nilai (signifikansi) 2-tailed 0,000 < 0,05 maka H O ditolak, sehingga
penggunaan media dinding kata dapat meningkatkan kemampuan membaca
aksara lontara siswa, karena nilai signifikansi yang diperoleh adalah 0,000.
Sementara uji efektivitas dilihat dari hasil rata-rata N-Gain Persen yakni sebesar
58.1198, dari skor tersebut dapat diketahui bahwa tafsiran efektifitas N-Gain
berada pada rentang nilai 56-75 dengan kategori cukup efektif.
A. Kesimpulan
Berdasarkan uraian yang telah dipaparkan sebelumnya, maka penulis
memberikan suatu kesimpulan dari pembahasan skripsi ini adalah sebagai berikut:
1. Dampak Penggunaan media dinding kata untuk meningkatkan kemampuan
membaca aksara lontara yang diterapkan di sekolah MI At-Thahiriyah
Componge Kabupaten Bone pada kelas III, penggunaan media dinding kata
mampu membuat kondisi pembelajaran, siswa yang merasa bosan, kurang
antusias sebelumnya, setelah penggunaan media dinding kata dilakukan siswa
merasa senang dan siswa antusias dan lebih mudah memahami huruf aksara
lontara serta bersemangat dalam membaca dan mengikuti proses
pembelajaran bahasa daerah aksara lontara.
2. Efektivitas penggunaan media dinding kata memberikan pengaruh terhadap
kemampuan membaca aksara lontara siswa kelas III MI At-Thahiriyah
Componge Kabupaten Bone. Hal ini dapat dilihat dari uji-t menggunakan
SPSS versi 22. pada skor pre-test dan post-tes, dapat diketahui nilai
(signifikansi) 2-tailed adalah
kata dalam meningkatkan kemampuan membaca aksara lontara siswa kelas III MI
At-Thahiriyah Componge Kabupaten Bone. Pokok permasalahan dalam penelitian
ini terkait kemampuan membaca aksara lontara siswa masih kurang tepat, cara
baca masih terbata-bata dan mudah bosan pada pembelajaran bahasa daerah
aksara lontara. Metode yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan jenis
penelitian kuantitatif Pre Eksperimen Design dengan design One Group Pretest-
Postest. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini berupa unjuk kerja atau
tes praktik kemampuan membaca aksara lontara dengan menggunakan lembar
penilaian sesuai dengan kisi-kisi instrumen kemampuan membaca aksara lontara.
kemudian dilakukan analisis data menggunakan analisis statistik deskriptif
melalui program Statiscal Package Sosial Science (SPPS) Versi 22, untuk
mengetahui hasil perhitungan nilai statistik deskriptif pretest-postest, uji hipotesis
dan uji t-paired sample test. Penelitian ini dilaksanakan di kelas III MI At-
Thahiriyah Componge Kabupaten Bone berjumlah 22 orang.
Hasil data yang diperoleh selama penelitian, dianalisis menggunakan Statiscal
Package Sosial Science (SPPS) Versi 22, untuk mengetahui hasil perhitungan
statistik deskriptif pretest – postest, uji paired sample t-test. Hasil penelitian
menunjukkan bahwa media dinding kata dalam meningkatkan kemampuan
membaca aksara lontara di kelas III MI At-Thahiriyah Componge Kabupaten
Bone. Berdasarkan dari hasil uji-t pada nilai pre-test dan post-test, dapat
diketahui jika nilai (signifikansi) 2-tailed 0,000 < 0,05 maka H O ditolak, sehingga
penggunaan media dinding kata dapat meningkatkan kemampuan membaca
aksara lontara siswa, karena nilai signifikansi yang diperoleh adalah 0,000.
Sementara uji efektivitas dilihat dari hasil rata-rata N-Gain Persen yakni sebesar
58.1198, dari skor tersebut dapat diketahui bahwa tafsiran efektifitas N-Gain
berada pada rentang nilai 56-75 dengan kategori cukup efektif.
A. Kesimpulan
Berdasarkan uraian yang telah dipaparkan sebelumnya, maka penulis
memberikan suatu kesimpulan dari pembahasan skripsi ini adalah sebagai berikut:
1. Dampak Penggunaan media dinding kata untuk meningkatkan kemampuan
membaca aksara lontara yang diterapkan di sekolah MI At-Thahiriyah
Componge Kabupaten Bone pada kelas III, penggunaan media dinding kata
mampu membuat kondisi pembelajaran, siswa yang merasa bosan, kurang
antusias sebelumnya, setelah penggunaan media dinding kata dilakukan siswa
merasa senang dan siswa antusias dan lebih mudah memahami huruf aksara
lontara serta bersemangat dalam membaca dan mengikuti proses
pembelajaran bahasa daerah aksara lontara.
2. Efektivitas penggunaan media dinding kata memberikan pengaruh terhadap
kemampuan membaca aksara lontara siswa kelas III MI At-Thahiriyah
Componge Kabupaten Bone. Hal ini dapat dilihat dari uji-t menggunakan
SPSS versi 22. pada skor pre-test dan post-tes, dapat diketahui nilai
(signifikansi) 2-tailed adalah
Ketersediaan
| STAR20230262 | 262/2023 | Perpustakaan Pusat | Tersedia |
Informasi Detil
Judul Seri
-
No. Panggil
262/2023
Penerbit
IAIN BONE : Watampone., 2023
Deskripsi Fisik
-
Bahasa
Indonesia
ISBN/ISSN
-
Klasifikasi
Skripsi Tarbiyah
Informasi Detil
Tipe Isi
-
Tipe Media
-
Tipe Pembawa
-
Edisi
-
Subyek
Info Detil Spesifik
-
Pernyataan Tanggungjawab
-
Tidak tersedia versi lain
