Pembelajaran School From Home (Sfh) Dalam Mengembangkan Moral Anak Usia Dini Di Tk Ra Annurain Kelurahan Lonrae Kecamatan Tanete Riattang Timur Kabupaten Bone
Vegi Harmiana Rianto/ 02.16.6013 - Personal Name
Tujuan penelitian ini adalah 1) untuk mengetahui
proses Pembelajaran
School From Home (SFH) dalam Mengembangkan Moral Anak Usia Dini di TK
RA Annurain Kelurahan Lonrae Kecamatan Tanete Riattang Timur Kabupaten
Bone. 2) untuk mengetahui faktor-faktor yang mempengaruhi pembelajaran moral
selama School From Home (SFH). Metode penelitian ini menggunakan jenis
penelitian kualitatif deskriptif dengan pendekatan paedagogik, psikologis, dan
sosiologis, untuk memperoleh data yang diinginkan menggunakan data primer dan
sekunder selanjutnya dianalisis dengan cara mereduksi data, mendeskripsikan
data, dan penarikan kesimpulan.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa proses pembelajaran dalam
mengembangkan moral anak usia dini School From Home (SFH) yaitu 1) rencana
pembelajaran tetap berpedoman pada RPPH, 2) metode yang digunakan adalah
metode daring, 3) kegiatan pembelajaran dilaksanakan di rumah dengan bantuan
orang tua 4) media pembelajaran disediakan orang tua, 5) laporan pembelajaran
juga dilakukan oleh orang tua, 6) guru tetap memberikan penilaian kepada peserta
didiknya. Adapun pembelajaran yang distimulasi dalam perkembangan moral
anak usia dini 1) yaitu mengerjakan ibadah seperti, orang tua memperaktekkan
tata cara wudhu dan tata cara sholat 2) sopan santun dan penolong seperti, orang
tua membiasakan anaknya mengucapkan salam ketika bertamu di rumah
temannya, orang tua mengajarkan anaknya tolong menolong. Adapun Faktor
pendukung selama pembelajaran SFH adalah Handphone untuk mengakses.
Faktor penghambat selama pembelajaran SFH perkembangan moral anak adalah
sulit diatur, gampang mengeluh ketika pembelajaran sedang berlangsung,
kurangnya media yang digunakan sehingga anak mudah bosan dalam belajar,
kurangnya pemahaman tentang perkembangan moral serta ruang belajaranya
kurang kondusif sehingga anak malas belajar.
Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa proses
pembelajaran school from home dilaksanakan dengan adanya kerja sama anak
guru dengan orang tua. Orang tua selaku pengganti guru di rumah memiliki peran
yang sangat penting dalam proses pembelajaran school from home. Adanya kerja
sama yang dilakukan guru dengan orang tua dapat memberikan peluang kepada
anak untuk tetap kreatif selama di rumah.
A. Kesimpulan
Pembelajaran school from home (SFH) dalam mengembangkan moral anak
usia dini di TK RA Annurain Di kelurahan Lonrae Kecamatan Tanete Riattang
Timur Kabupaten Bone dilaksanakan secara maksimal.
1. Proses pembelajaran melibatkan orang tua secara langsung untuk
mendampingi anaknya selama belajar di rumah. Guru juga tetap memantau
proses pembelajaran tersebut, dengan menggunakan aplikasi Whats App.
2. Adapun yang perlu diperhatikan dalam proses pembelajaran selama SFH
yaitu pemahaman tentang moral anak mengajarkan ibadah, berprilaku jujur,
penolong dan sopan santun.
3. Selama Pademi anak diarahkan untuk melakukan pembelajaran dirumah,
dengan kegiatan yang diberikan anak seperti dari aspek kognitif,
psikomotorik, dan terkhusus adalah aspek moral anak. Penelitian ini
bertujuan untuk mengetahui pembelajaran moral yang dilakukan orang tua
kepada anak, sebagai pembentukkan karakter anak. Pembelajaran
school
from home (SFH) dalam mengembangkan moral anak usia dini sangat
mempengaruhi karakter anak, yang sebelumnya di terapkan di sekolah
menjadi dilakukan di rumah dengan orang tua. Hal ini memengaruhi perilaku
anak selama proses pembelajaran school from home (SFH).
B. Saran
Berdasarkan hasil penelitian dan kesimpulan yang telah dipaparkan, maka
saran yang dapat disimpulkan oleh penelii sebagai berikut
1. Setiap anak memiliki pemahaman yang berbeda oleh karena itu
pendidik harus mengetahui sampai mana anak itu memahami tentang
moral
2. Dalam perkembangan moral anak, sangat dipengaruhi oleh lingkungan
keluarga, sekolah, masyarakat, serta media informasi lainnya. oleh
karena itu perhatian orang tua dan guru sangat diperlukan untuk bekal
anak anak dalam bergaul dengan lingkungan sekitarnya.
proses Pembelajaran
School From Home (SFH) dalam Mengembangkan Moral Anak Usia Dini di TK
RA Annurain Kelurahan Lonrae Kecamatan Tanete Riattang Timur Kabupaten
Bone. 2) untuk mengetahui faktor-faktor yang mempengaruhi pembelajaran moral
selama School From Home (SFH). Metode penelitian ini menggunakan jenis
penelitian kualitatif deskriptif dengan pendekatan paedagogik, psikologis, dan
sosiologis, untuk memperoleh data yang diinginkan menggunakan data primer dan
sekunder selanjutnya dianalisis dengan cara mereduksi data, mendeskripsikan
data, dan penarikan kesimpulan.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa proses pembelajaran dalam
mengembangkan moral anak usia dini School From Home (SFH) yaitu 1) rencana
pembelajaran tetap berpedoman pada RPPH, 2) metode yang digunakan adalah
metode daring, 3) kegiatan pembelajaran dilaksanakan di rumah dengan bantuan
orang tua 4) media pembelajaran disediakan orang tua, 5) laporan pembelajaran
juga dilakukan oleh orang tua, 6) guru tetap memberikan penilaian kepada peserta
didiknya. Adapun pembelajaran yang distimulasi dalam perkembangan moral
anak usia dini 1) yaitu mengerjakan ibadah seperti, orang tua memperaktekkan
tata cara wudhu dan tata cara sholat 2) sopan santun dan penolong seperti, orang
tua membiasakan anaknya mengucapkan salam ketika bertamu di rumah
temannya, orang tua mengajarkan anaknya tolong menolong. Adapun Faktor
pendukung selama pembelajaran SFH adalah Handphone untuk mengakses.
Faktor penghambat selama pembelajaran SFH perkembangan moral anak adalah
sulit diatur, gampang mengeluh ketika pembelajaran sedang berlangsung,
kurangnya media yang digunakan sehingga anak mudah bosan dalam belajar,
kurangnya pemahaman tentang perkembangan moral serta ruang belajaranya
kurang kondusif sehingga anak malas belajar.
Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa proses
pembelajaran school from home dilaksanakan dengan adanya kerja sama anak
guru dengan orang tua. Orang tua selaku pengganti guru di rumah memiliki peran
yang sangat penting dalam proses pembelajaran school from home. Adanya kerja
sama yang dilakukan guru dengan orang tua dapat memberikan peluang kepada
anak untuk tetap kreatif selama di rumah.
A. Kesimpulan
Pembelajaran school from home (SFH) dalam mengembangkan moral anak
usia dini di TK RA Annurain Di kelurahan Lonrae Kecamatan Tanete Riattang
Timur Kabupaten Bone dilaksanakan secara maksimal.
1. Proses pembelajaran melibatkan orang tua secara langsung untuk
mendampingi anaknya selama belajar di rumah. Guru juga tetap memantau
proses pembelajaran tersebut, dengan menggunakan aplikasi Whats App.
2. Adapun yang perlu diperhatikan dalam proses pembelajaran selama SFH
yaitu pemahaman tentang moral anak mengajarkan ibadah, berprilaku jujur,
penolong dan sopan santun.
3. Selama Pademi anak diarahkan untuk melakukan pembelajaran dirumah,
dengan kegiatan yang diberikan anak seperti dari aspek kognitif,
psikomotorik, dan terkhusus adalah aspek moral anak. Penelitian ini
bertujuan untuk mengetahui pembelajaran moral yang dilakukan orang tua
kepada anak, sebagai pembentukkan karakter anak. Pembelajaran
school
from home (SFH) dalam mengembangkan moral anak usia dini sangat
mempengaruhi karakter anak, yang sebelumnya di terapkan di sekolah
menjadi dilakukan di rumah dengan orang tua. Hal ini memengaruhi perilaku
anak selama proses pembelajaran school from home (SFH).
B. Saran
Berdasarkan hasil penelitian dan kesimpulan yang telah dipaparkan, maka
saran yang dapat disimpulkan oleh penelii sebagai berikut
1. Setiap anak memiliki pemahaman yang berbeda oleh karena itu
pendidik harus mengetahui sampai mana anak itu memahami tentang
moral
2. Dalam perkembangan moral anak, sangat dipengaruhi oleh lingkungan
keluarga, sekolah, masyarakat, serta media informasi lainnya. oleh
karena itu perhatian orang tua dan guru sangat diperlukan untuk bekal
anak anak dalam bergaul dengan lingkungan sekitarnya.
Ketersediaan
| STAR20200314 | 315/2020 | Perpustakaan Pusat | Tersedia |
Informasi Detil
Judul Seri
-
No. Panggil
315/2020
Penerbit
IAIN BONE : Watampone., 2020
Deskripsi Fisik
-
Bahasa
Indonesia
ISBN/ISSN
-
Klasifikasi
Skripsi Tarbiyah
Informasi Detil
Tipe Isi
-
Tipe Media
-
Tipe Pembawa
-
Edisi
-
Subyek
Info Detil Spesifik
-
Pernyataan Tanggungjawab
-
Tidak tersedia versi lain
