Efektivitas Media Papan Jurang Dalam Meningkatkan Pemahaman Konsep Matematika Materi Penjumlahan Dan Pengurangan Bersusun Kelas II Di MIN 4 Bone

No image available for this title
Skripsi ini membahas tentang efektivitas media papan jurang dalam
meningkatkan pemahaman konsep matematika materi penjumlahan dan
pengurangan bersusun di MIN 4 Bone. Adapun pokok permasalahan dalam
penelitian ini adalah 1) Bagaimana pemahaman konsep peserta didik sebelum
menggunakan media papan jurang dalam pembelajaran matematika materi
penjumlahan dan pengurangan bersusun? 2) Bagaimana pemahaman konsep
peserta didik sesudah menggunakan media papan jurang dalam pembelajaran
matematika materi penjumlahan dan pengurangan bersusun? 3) Bagaimana
efektivitas media papan jurang dalam meningkatkan pemahaman konsep
matematika materi penjumlahan dan penguranagan bersusun peserta didik di MIN
4 Bone?.
Penelitian ini menggunakan metode penelitian pre-eksperiment one group
pretes-posttest. Pendekatan yang digunakan yakni pendekatan pedagogik.
Populasi dalam penelitian ini yaitu seluruh peserta didik kelas II di MIN 4 Bone
berjumlah 165 orang. Jenis sampel yang digunakan adalah cluser sampling
sebanyak 27 peserta didik. Teknik pengumpulan data menggunakan tes dan
dokumentasi. Analisis data yang digunakan yakni deksriptif kuantitatif dan
analisis inferensial dengan bantuan aplikasi IBM SPSS.
Berdasarkan hasil penelitian menunjukkan, media papan jurang efektif
untuk meningkatkan pemahaman konsep matematika peserta didik pada materi
penjumlahan dan pengurangan bersusun kelas II MIN 4 Bone. Hal ini dibuktikan
melalui hasil analisis inferensial dengan uji normalitas pada pretest dari hasil nilai
probalitas signifikansi 0.001>0.05 dan posttest nilai probalitas signifikansi
0.010>0.05 sehingga disimpulkan datanya berdistribusi normal. sedangkan uji
homogenitas dengan sig 0.034>0.05 diartikan bahwa data minat belajar peserta
xvi
didik memiliki varians homogeny. dan uji hipotesis dengan melalui sig (2-tailed)
maka dapat dikatakan bahwa H₀ ditolak H₁ diterima. jadi, media papan jurang
yang diterapkan oleh peneliti efektif dalam meningkatkan pemahaman konsep
pada kelas II di MIN 4 Bone.
A. Kesimpulan
Berdasarkan rumusan masalah, analisis data dan pembahasan yang telah
dilakukan peneliti terhadap hasil penelitian ini maka dapat disimpulkan:
1. Pemahaman konsep peserta didik sebelum menggunakan media papan
jurang
dalam
pembelajaran
matematika
materi
penjumlahan
dan
penguranagn bersusun dengan memiliki persentase sebesar 40.7% dengan
jumlah peserta didik sebanyak 11 orang yang termasuk dalam kategori
rendah, 51.8% dengan jumlah peserta didik sebanyak 14 orang yang
termasuk dalam kategori sedang, dan 7.4% dengan jumlah peserta didik
sebanyak 2 orang yang termasuk dalam kategori tinggi dan nilai rata-rata
yang diperoleh pada soal pretest sebesar 39.26.
2. Pemahaman konsep peserta didik sesudah menggunakan media papan
jurang
dalam
pembelajaran
matematika
materi
penjumlahan
dan
penguranagn bersusun memiliki persentase sebesar 18.5% dengan jumlah
peserta didik sebanyak 5 orang yang termasuk dalam kategori rendah,
70.3% dengan jumlah peserta didik sebanyak 19 orang yang termasuk dalam
kategori sedang, 11.1% dengan jumlah peserta didik sebanyak 3 orang yang
termasuk dalam kategori tinggi dan nilai rata-rata yang diperoleh soal
posttest sebanyak 76.30%.
3. Efektivitas media papan jurang dalam meningkatkan pemahaman konsep
matematika materi penjumlahan dan penguranagn bersusun peserta didik di
MIN 4 Bone yang berdasarkan pada hasil analisis inferensial uji normalitas
pada pretest dari hasil nilai probalitas signifikansi 0.001>0.05 dan pada
posttest niali probalitas signifikansi 0.010>0,05 sehingga disimpulkan
datanya bahwa penelitian berdistribusi normal. Sedangkan uji homogenitas
dengan sig 0.034>0.05 diartikan bahwa data minat belajar peserta didik
tentu memiliki varians yang homogeny. Dan uji hipotesis dengan
menggunakan rumus SPSS versi 29 melalui sig.(2-tailed) maka dapat
dikatakan bahwa H₀ ditolak dan H₁ diterima. Jadi, media papan jurang yang
diterapkan oleh peneliti efektif dalam meningkatkan pemahaman konsep
peserta didik kelas II di MIN 4 Bone.
B. Saran
Terdapat beberapa saran terkait kemampuan pemahaman konsep
peserta didik pada skripsi ini, diantaranya adalah sebagai berikut:
1. Bagi Kepala Sekolah
Mendukung dan fasilitas implementasi pada media papan jurang
dalam meningkatkan pemahaman konsep khusus kelas II. Pastikan tenaga
pendidik terlibat dalam pengembangan profesional dan monitor pada hasil
belajar peserta didik yang secara rutin
2. Bagi Guru
Dalam tingkatan pemahaman dengan menggunakan metode tersebut.
Rencanakan pembelajaran dengan baik, dan memanfaatkan media papan
jurang serta evaluasi hasil pembelajaran secara rutin.
3. Bagi Peserta Didik
Memanfaatkan peluang belajar dengan aktif, gunakan media papan
jurang dengan bijaksana, dan ajukan pertanyaan jika diperlukan. Jalin
kerjasama dengan teman dan berkomunikasi dengan tenaga pendidik yang
bersangkutan mengenai tantangan dan keberhasilan belajar. terus tingkatkan
pemahaman konsep dalam pembelajaran matematika.
Ketersediaan
STAR20240277277/2024Perpustakaan PusatTersedia
Informasi Detil
Judul Seri

-

No. Panggil

277/2024

Penerbit

IAIN BONE : Watampone.,

Deskripsi Fisik

-

Bahasa

Indonesia

ISBN/ISSN

-

Klasifikasi

Skripsi Tarbiyah

Informasi Detil
Tipe Isi

-

Tipe Media

-

Tipe Pembawa

-

Edisi

-

Info Detil Spesifik

-

Pernyataan Tanggungjawab
Tidak tersedia versi lain

Advanced Search

Gak perlu repot seting ini itu GRATIS SetUp ,Mengonlinekan SLiMS Di Internet Karena pesan web di Desawarna.com Siap : 085740069967

Pilih Bahasa

Gratis Mengonlinekan SLiMS

Gak perlu repot seting ini itu buat mengonlinekan SLiMS.
GRATIS SetUp ,Mengonlinekan SLiMS Di Internet
Karena pesan web di Desawarna.com
Kontak WhatsApp :

Siap : 085740069967

Template Perpustakaan Desawarna

Kami berharap Template SLiMS ini dapat dimanfaatkan dengan sebaik-baiknya sebagai template SLiMS bagi semua SLiMerS, serta mampu memberikan dukungan dalam pencapaian tujuan pengembangan perpustakaan dan kearsipan.. Aamiin

Top