Efektivitas Penggunaan Media Stalling Dalam Meningkatkan Kemampuan Membaca Al-Qur‟an Siswa Kelas III Madrasah Ibtidaiyyah Annurrain Lonrae Kab.Bone
Susanti/862322019012 - Personal Name
Penelitian ini bertujuan untuk: (1) mengetahui penggunaan media stalling di kelas
III MI Annurrain Lonrae Kab.Bone; (2) mengetahui penggunaan media stalling
dapat meningkatkan kemampuan membaca Al-Qur‟an siswa kelas III MI
Annurrain Lonrae Kab.Bone.
Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif, dengan jenis penelitian yang
bersifat Pre-Experimen dilakukan di MI Annurrain Lonrae Kab.Bone pada kelas
III dengan jumlah sampel 25 siswa. Data penelitian ini diambil dengan cara
observasi dan tes. Tes yang dilakukan dua kali Pretest dilaksanakan sebelum
diberikan perlakuan dan Posttest dilaksanakan setelah diberikan perlakuan. Nilai
tes digunakan untuk mengetahui Efektivitas Media Stalling dalam Meningkatkan
Kemampuan Membaca Al-Qur‟an Siswa Kelas III Madrasah Ibtidaiyyah
Annurrain Lonrae Kabupaten Bone. Teknik analisis yang digunakan menguji
hipotesis adalah teknik analisis paires sampel t-tes.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa : (1) Penggunaan Media Stalling di kelas
III MI Annurrain Lonrae Kab.Bone. Dengan penggunaan media stalling mampu
meningkatkan kemampuan membaca Al-Qur‟an siswa. Hal ini dibuktikan dari
hasil belajar siswa sebelum diberikan perlakuan kemampuan membaca Al-Qur‟an
siswa rata-rata nilai 56,0 dan hasil belajar siswa setelah diberikan perlakuan
kemampuan membaca Al-Qur‟an siswa rata-rata nilai 74,0. (2) Penggunaan Media
Stalling dapat meningkatkan kemampuan membaca Al-Qur‟an siswa kelas III MI
Annurrain Lonrae Kab.Bone. Berdasarkan analisis data beserta interpretasinya,
maka dapat disimpulkan bahwa Efektivitas penggunaan media stalling dalam
meningkatkan kemampuan membaca Al-Qur‟an siswa kelas III Madrasah
Ibtidaiyyah Annurrain Lonrae Kab.Bone, dilihat dari hasil uji analisis uji Paired
Sampel-test dengan menggunakan Software Jamovi Version 2.3.2 diperoleh
t=6,00 dan df=24,0 dan hasilSig (2-tailed) sebesar 0,001 yang berarti lebih kecil
dari a 0,05(0,001
III MI Annurrain Lonrae Kab.Bone; (2) mengetahui penggunaan media stalling
dapat meningkatkan kemampuan membaca Al-Qur‟an siswa kelas III MI
Annurrain Lonrae Kab.Bone.
Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif, dengan jenis penelitian yang
bersifat Pre-Experimen dilakukan di MI Annurrain Lonrae Kab.Bone pada kelas
III dengan jumlah sampel 25 siswa. Data penelitian ini diambil dengan cara
observasi dan tes. Tes yang dilakukan dua kali Pretest dilaksanakan sebelum
diberikan perlakuan dan Posttest dilaksanakan setelah diberikan perlakuan. Nilai
tes digunakan untuk mengetahui Efektivitas Media Stalling dalam Meningkatkan
Kemampuan Membaca Al-Qur‟an Siswa Kelas III Madrasah Ibtidaiyyah
Annurrain Lonrae Kabupaten Bone. Teknik analisis yang digunakan menguji
hipotesis adalah teknik analisis paires sampel t-tes.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa : (1) Penggunaan Media Stalling di kelas
III MI Annurrain Lonrae Kab.Bone. Dengan penggunaan media stalling mampu
meningkatkan kemampuan membaca Al-Qur‟an siswa. Hal ini dibuktikan dari
hasil belajar siswa sebelum diberikan perlakuan kemampuan membaca Al-Qur‟an
siswa rata-rata nilai 56,0 dan hasil belajar siswa setelah diberikan perlakuan
kemampuan membaca Al-Qur‟an siswa rata-rata nilai 74,0. (2) Penggunaan Media
Stalling dapat meningkatkan kemampuan membaca Al-Qur‟an siswa kelas III MI
Annurrain Lonrae Kab.Bone. Berdasarkan analisis data beserta interpretasinya,
maka dapat disimpulkan bahwa Efektivitas penggunaan media stalling dalam
meningkatkan kemampuan membaca Al-Qur‟an siswa kelas III Madrasah
Ibtidaiyyah Annurrain Lonrae Kab.Bone, dilihat dari hasil uji analisis uji Paired
Sampel-test dengan menggunakan Software Jamovi Version 2.3.2 diperoleh
t=6,00 dan df=24,0 dan hasilSig (2-tailed) sebesar 0,001 yang berarti lebih kecil
dari a 0,05(0,001
Ketersediaan
| STAR20230150 | 150/2023 | Perpustakaan Pusat | Tersedia |
Informasi Detil
Judul Seri
-
No. Panggil
150/2023
Penerbit
IAIN BONE : Watampone., 2023
Deskripsi Fisik
-
Bahasa
Indonesia
ISBN/ISSN
-
Klasifikasi
Skripsi Tarbiyah
Informasi Detil
Tipe Isi
-
Tipe Media
-
Tipe Pembawa
-
Edisi
-
Subyek
Info Detil Spesifik
-
Pernyataan Tanggungjawab
-
Tidak tersedia versi lain
