Efektivitas Media Kartu Domino Bantuan Metode Jigsaw Untuk Meningkatkan Pemahaman Konsep Pembelajaran IPA Siswa Kelas V Di SD Negeri 29 Ureng Kab. Bone
Liska Ayu Ashari/862322019045 - Personal Name
Skripsi ini membahas tentang kemampuan pemahaman konsep siswa pada
pembelajaran IPA dalam menggunaan Media Kartu Domino Bantuan Metode Jigsaw.Jenis
penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif.Sampel penelitian ini adalah murid kelas V
SD 29 Ureng Kab. Bone Kecamatan Palakka yang berjumlah 15 murid.
Data yang diperoleh setelah penelitian dianalisis menggunakan aplikasi Statiscal
Package Sosial Sciences (SPSS) versi 22, agar dapat diketahui hasil perhitungan nilai
statistik deskriptif pretest-postest, uji normalitas, uji hipotesis, uji t-paired sample test dan
uji N-Gain Score.
Berdasarkan hasil penelitian dan analisis data, maka dapat disimpulkan bahwa
penggunaan Media Kartu Domino Bantuan Metode Jigsaw berpengaruh terhadap
Pemahaman Konsep Pembelajaran IPAPada siswa kelas V SD 29 Ureng Kab. Bone. Hal
ini dapat dilihat dari rata-rata hasil posttest yang diperoleh dari pemahaman konsep siswa
setelah diterapkan penggunaan Media Kartu Domino Bantuan Metode Jigsaw lebih tinggi
dibandingkan dengan rata-rata hasil pretest sebelum diterapkan penggunaan Media Kartu
Domino Bantuan Metode Jigsaw. Rata-rata pretest yang diperoleh sebelum diterapkan
penggunaan media Kartu Domino Bantuan Metode Jigsaw yaitu 62,80. Setelah diterapkan
perlakuan penggunaan media kartu domino, maka diperoleh rata-rata nilai posttest yaitu
75,70.
A. Kesimpulan
Berdasarkan penelitian yang dilakukan oleh penulis tentang pemahaman konsep
dengan menggunakan Media Kartu Domino bantuan Metode Jigsaw pembelajaran
IPA siswa kelas V di SD Negeri 29 Ureng Kab. Bone, maka penulis dapat
menyimpulkan bahwa:
1. Pemahaman konsep siswa pada pembelajaran IPA kelas V SDN 29 Ureng
sebelum (pre-test) menggunakan Media Kartu Domino bantuan Metode Jigsaw
memiliki rata-rata pre-test 67.93, nilai tertinggi sebesar 80, dan nilai terendah
hanya 60, dapat disimpulkan bahwa nilai yang diperoleh siswa kelas V pada saat
pre-test masih terbilang rendah dikarenakan belum mencapai pemahaman konsep
pembelajaran IPA.
2. Pemahaman konsep siswa pada pembelajaran IPA kelas V SDN 29 Ureng
sesudah (post-test) menggunakan Media Kartu Domino bantuan Metode Jigsaw
memiliki rata-rata 81,60, nilai tertinggi sebesar 99, nilai terendah sebesar 70,
dapat disimpulkan bahwa nilai yang diperoleh siswa kelas V pada saat post-test
terjadi peningkatan dengan melihat kriteria pemahaman konsep khusus pada
pembelajaran IPA.
3. Efektivitas Media Kartu Domino bantuan Metode Jigsaw pada pembelajaran IPA
memberikan pengaruh terhadap pemahaman konsep siswa kelas V SDN 29
Ureng Kab. Bone, hal ini dapat dilihat dari hasil uji-t menggunakan SPSS versi
22, pada skor pre-test dan post-tes, dapat diketahui bahwa nilai (Std. Devistion)
adalah 3.792 sedangkan nilai Lower -15.767 hal itu menunjukkan bahwa
pemahaman konsep siswa lebih baik setelah penggunaan media Kartu Domino
Bantuan Metode Jigsaw. Sedangkan dari hasil Uji N-Gain menggunakan SPSS,
pada skor pre-test dan post-test, dapat diketahui bahwa nilai rata-rata N-Gain
score sebesar 51.8930 berdasarkan kategori efektivitas N-Gain score termasuk
dalam kategori cukup efektif.
B. Saran
Berdasarkan simpulan di atas, maka peneliti memberikan beberapa saran
sebagai berikut:
1. Guru hendaknya menggunakan media kartu domino dalam proses
pembelajaran agar pembelajaran menjadi lebih menarik.
2. Guru hendaknya menggunakan media yang sesuai dengan materi pembelajaran
saat proses pembelajaran berlangsung agar materi yang dijelaskan guru dapat
dipahami oleh siswa.
3. Bagi peneliti yang berminat mengembangkan lebih lanjut penelitian ini,
diharapkan memperhatikan keterbatasan penelitian ini, sehingga penelitian
selanjutnya dapat menyempurnakan hasil penelitian ini.
pembelajaran IPA dalam menggunaan Media Kartu Domino Bantuan Metode Jigsaw.Jenis
penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif.Sampel penelitian ini adalah murid kelas V
SD 29 Ureng Kab. Bone Kecamatan Palakka yang berjumlah 15 murid.
Data yang diperoleh setelah penelitian dianalisis menggunakan aplikasi Statiscal
Package Sosial Sciences (SPSS) versi 22, agar dapat diketahui hasil perhitungan nilai
statistik deskriptif pretest-postest, uji normalitas, uji hipotesis, uji t-paired sample test dan
uji N-Gain Score.
Berdasarkan hasil penelitian dan analisis data, maka dapat disimpulkan bahwa
penggunaan Media Kartu Domino Bantuan Metode Jigsaw berpengaruh terhadap
Pemahaman Konsep Pembelajaran IPAPada siswa kelas V SD 29 Ureng Kab. Bone. Hal
ini dapat dilihat dari rata-rata hasil posttest yang diperoleh dari pemahaman konsep siswa
setelah diterapkan penggunaan Media Kartu Domino Bantuan Metode Jigsaw lebih tinggi
dibandingkan dengan rata-rata hasil pretest sebelum diterapkan penggunaan Media Kartu
Domino Bantuan Metode Jigsaw. Rata-rata pretest yang diperoleh sebelum diterapkan
penggunaan media Kartu Domino Bantuan Metode Jigsaw yaitu 62,80. Setelah diterapkan
perlakuan penggunaan media kartu domino, maka diperoleh rata-rata nilai posttest yaitu
75,70.
A. Kesimpulan
Berdasarkan penelitian yang dilakukan oleh penulis tentang pemahaman konsep
dengan menggunakan Media Kartu Domino bantuan Metode Jigsaw pembelajaran
IPA siswa kelas V di SD Negeri 29 Ureng Kab. Bone, maka penulis dapat
menyimpulkan bahwa:
1. Pemahaman konsep siswa pada pembelajaran IPA kelas V SDN 29 Ureng
sebelum (pre-test) menggunakan Media Kartu Domino bantuan Metode Jigsaw
memiliki rata-rata pre-test 67.93, nilai tertinggi sebesar 80, dan nilai terendah
hanya 60, dapat disimpulkan bahwa nilai yang diperoleh siswa kelas V pada saat
pre-test masih terbilang rendah dikarenakan belum mencapai pemahaman konsep
pembelajaran IPA.
2. Pemahaman konsep siswa pada pembelajaran IPA kelas V SDN 29 Ureng
sesudah (post-test) menggunakan Media Kartu Domino bantuan Metode Jigsaw
memiliki rata-rata 81,60, nilai tertinggi sebesar 99, nilai terendah sebesar 70,
dapat disimpulkan bahwa nilai yang diperoleh siswa kelas V pada saat post-test
terjadi peningkatan dengan melihat kriteria pemahaman konsep khusus pada
pembelajaran IPA.
3. Efektivitas Media Kartu Domino bantuan Metode Jigsaw pada pembelajaran IPA
memberikan pengaruh terhadap pemahaman konsep siswa kelas V SDN 29
Ureng Kab. Bone, hal ini dapat dilihat dari hasil uji-t menggunakan SPSS versi
22, pada skor pre-test dan post-tes, dapat diketahui bahwa nilai (Std. Devistion)
adalah 3.792 sedangkan nilai Lower -15.767 hal itu menunjukkan bahwa
pemahaman konsep siswa lebih baik setelah penggunaan media Kartu Domino
Bantuan Metode Jigsaw. Sedangkan dari hasil Uji N-Gain menggunakan SPSS,
pada skor pre-test dan post-test, dapat diketahui bahwa nilai rata-rata N-Gain
score sebesar 51.8930 berdasarkan kategori efektivitas N-Gain score termasuk
dalam kategori cukup efektif.
B. Saran
Berdasarkan simpulan di atas, maka peneliti memberikan beberapa saran
sebagai berikut:
1. Guru hendaknya menggunakan media kartu domino dalam proses
pembelajaran agar pembelajaran menjadi lebih menarik.
2. Guru hendaknya menggunakan media yang sesuai dengan materi pembelajaran
saat proses pembelajaran berlangsung agar materi yang dijelaskan guru dapat
dipahami oleh siswa.
3. Bagi peneliti yang berminat mengembangkan lebih lanjut penelitian ini,
diharapkan memperhatikan keterbatasan penelitian ini, sehingga penelitian
selanjutnya dapat menyempurnakan hasil penelitian ini.
Ketersediaan
| STAR20230390 | 390/2023 | Perpustakaan Pusat | Tersedia |
Informasi Detil
Judul Seri
-
No. Panggil
410/2023
Penerbit
IAIN BONE : Watampone., 2023
Deskripsi Fisik
-
Bahasa
Indonesia
ISBN/ISSN
-
Klasifikasi
Skripsi Tarbiyah
Informasi Detil
Tipe Isi
-
Tipe Media
-
Tipe Pembawa
-
Edisi
-
Subyek
Info Detil Spesifik
-
Pernyataan Tanggungjawab
-
Tidak tersedia versi lain
