Analisis Kesulitan Siswa Dalam Menyelesaikan Soal Cerita Matematika Kelas IV Madrasah Ibtidaiyah Darul Hikmah Kabupaten Bone
Windi Asari/862322019003 - Personal Name
Skripsi ini membahas Analisis Kesulitan Siswa Dalam Menyelesaikan Soal Cerita
Matematika Siswa Kelas IV MI Darul Hikmah. Pokok permasalahan dalam
penelitian ini adalah Bagaimana kesulitan siswa dalam menyelesaikan soal cerita
matematika pada materi KPK dan FPB siswa kelas IV MI Darul Hikmah dan faktor
apa saja yang menyebabkan siswa kesulitan dalam menyelesaikan soal cerita
matematika pada materi KPK dan FPB siswa kelas IV MI Darul Hikmah.
Metode Penelitian ini menggunakan jenis penelitian kualitatif deskriptif dengan
pendekatan pedagogik dan psikologis dengan menggunakan teknik observasi,
wawancara, tes analisis dan dokumentasi. Data yang diperoleh dianalisis dengan
tiga tahap yaitu reduksi data, penyajian data dan kesimpulan.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa ada 3 poin yaitu (kesulitan faktual,
kesulitan konseptual dan kesulitan prosuderal) kesulitan yang dialami siswa dalam
menyelesaikan soal cerita Matematika siswa kelas IV MI Darul Hikmah yaitu
Pertama kesulitan factual kurangnya siswa memahami soal cerita yang diberikan
sehingga tidak mengetahui cara menuliskan bagian yang diketahui dan ditanyakan
dalam soal dan tidak dapat mengubah menjadi model Matematika. Kedua Kesulitan
konseptual yaitu kesulitan yang dialami siswa terletak pada menggunakan langkah-
langkah penyelesaian soal. Dalam hal ini siswa kesulitan menggunakan strategi
tersebut dengan benar karena kurangnya pengetahuan dalam melakukan pembagian
pada faktorisasi prima sehingga mengerjakan soal tidak sesuai dengan jawaban
yang diberikan pada soal cerita Matematika. Ketiga kesulitan prosuderal yaitu
kesulitan yang dialami siswa dapat dilihat dari hasil pekerjaan siswa pada penelitian
ini ialah siswa tidak mampu melakukan operasi hitung dalam mencari kpk dan fpb
seperti perkalian, pembagian atau perpangkat dengan baik. Masih ada beberapa
siswa yang salah dalam melakukan operasi hitung dalam mengerjakaan soal cerita
pada materi kpk dan fpb, ini terjadi karena siswa selalu menganggap operasi
perhitungan itu gampang ternyata hal yang mereka anggap gampang menjadi hal
paling sulit untuk mereka saat ini. Hasil yang di peroleh terdapat faktor penyebab
kesulitan yaitu minat, bakat dan motivasi.
A. Simpulan
Berdasarkan hasil pada bab hasil penelitian dan pembahasan maka
penulis dapat mengemukakan simpulan dan hasil penelitian yang telah
dilakukan yaitu:
1. Kesulitan -kesulitan yang dialami siswa dalam menyelesaikan soal cerita
Matematika pada materi KPK dan FPB di kelas IV MI Darul Hikmah
Kabupaten Bone adalah kesulitan faktual, kesulitan konseptual dan kesulitan
prosedural yang dilihat dari hasil jawaban tes analisis yang dikerjakan oleh
siswa kelas IV MI Darul Hikmah.
2. Faktor-faktor yang menyebabkan siswa kelas IV MI Darul Hikmah
Kabupaten Bone mengalami kesulitan dalam menyelesaikan soal cerita
Matematika pada materi KPK dan FPB, yaitu faktor internal siswa yang
meliputi minat, bakat dan motivasi siswa dalam pembelajaran Matematika.
B. Implikasi
Implikasi merupakan suatu konsekuensi atau akibat langsung dari hasil
penemuan suatu penelitian ilmiah. Berdasarkan temuan dari penelitian ini,
maka berikut ini disampaikan beberapa saran yang kiranya dapat bermanfaat
bagi sekolah MI Darul Hikmah, maupun mahasiswa lain yang meneliti
berkaitan dengan analisis kesulitan siswa dalam menyelesaikan soal cerita
Matematika. Adapun saran-saran yang diberikan peneliti sebagai berikut:
1. Diharapkan kepada guru kelas untuk memberikan perhatian kepada siswa
yang memiliki tingkat kemampuan intelektual rendah sehingga siswa tidak
lagi mengalami kesulitan dalam menyelesaikan soal yang diberikan serta
guru mampu memberikan penjelasan langkah-langkah yang tepat untuk
membantu siswa dalam mengatasi kesulitan belajar khususnya pembelajaran
Matematika yang di anggap siswa sulit.
2. Diharapkan guru dapat memberikan motivasi dan minat siswa dalam
pembelajaran Matematika sehingga siswa mampu untuk belajar Matematika
dan bersemangat untuk melakukan pembelajaran.
3. Setelah penulisan skripsi ini diharapkan mampu memberikan kontribusi di
dunia pendidikan formal, non formal maupun informal.
Matematika Siswa Kelas IV MI Darul Hikmah. Pokok permasalahan dalam
penelitian ini adalah Bagaimana kesulitan siswa dalam menyelesaikan soal cerita
matematika pada materi KPK dan FPB siswa kelas IV MI Darul Hikmah dan faktor
apa saja yang menyebabkan siswa kesulitan dalam menyelesaikan soal cerita
matematika pada materi KPK dan FPB siswa kelas IV MI Darul Hikmah.
Metode Penelitian ini menggunakan jenis penelitian kualitatif deskriptif dengan
pendekatan pedagogik dan psikologis dengan menggunakan teknik observasi,
wawancara, tes analisis dan dokumentasi. Data yang diperoleh dianalisis dengan
tiga tahap yaitu reduksi data, penyajian data dan kesimpulan.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa ada 3 poin yaitu (kesulitan faktual,
kesulitan konseptual dan kesulitan prosuderal) kesulitan yang dialami siswa dalam
menyelesaikan soal cerita Matematika siswa kelas IV MI Darul Hikmah yaitu
Pertama kesulitan factual kurangnya siswa memahami soal cerita yang diberikan
sehingga tidak mengetahui cara menuliskan bagian yang diketahui dan ditanyakan
dalam soal dan tidak dapat mengubah menjadi model Matematika. Kedua Kesulitan
konseptual yaitu kesulitan yang dialami siswa terletak pada menggunakan langkah-
langkah penyelesaian soal. Dalam hal ini siswa kesulitan menggunakan strategi
tersebut dengan benar karena kurangnya pengetahuan dalam melakukan pembagian
pada faktorisasi prima sehingga mengerjakan soal tidak sesuai dengan jawaban
yang diberikan pada soal cerita Matematika. Ketiga kesulitan prosuderal yaitu
kesulitan yang dialami siswa dapat dilihat dari hasil pekerjaan siswa pada penelitian
ini ialah siswa tidak mampu melakukan operasi hitung dalam mencari kpk dan fpb
seperti perkalian, pembagian atau perpangkat dengan baik. Masih ada beberapa
siswa yang salah dalam melakukan operasi hitung dalam mengerjakaan soal cerita
pada materi kpk dan fpb, ini terjadi karena siswa selalu menganggap operasi
perhitungan itu gampang ternyata hal yang mereka anggap gampang menjadi hal
paling sulit untuk mereka saat ini. Hasil yang di peroleh terdapat faktor penyebab
kesulitan yaitu minat, bakat dan motivasi.
A. Simpulan
Berdasarkan hasil pada bab hasil penelitian dan pembahasan maka
penulis dapat mengemukakan simpulan dan hasil penelitian yang telah
dilakukan yaitu:
1. Kesulitan -kesulitan yang dialami siswa dalam menyelesaikan soal cerita
Matematika pada materi KPK dan FPB di kelas IV MI Darul Hikmah
Kabupaten Bone adalah kesulitan faktual, kesulitan konseptual dan kesulitan
prosedural yang dilihat dari hasil jawaban tes analisis yang dikerjakan oleh
siswa kelas IV MI Darul Hikmah.
2. Faktor-faktor yang menyebabkan siswa kelas IV MI Darul Hikmah
Kabupaten Bone mengalami kesulitan dalam menyelesaikan soal cerita
Matematika pada materi KPK dan FPB, yaitu faktor internal siswa yang
meliputi minat, bakat dan motivasi siswa dalam pembelajaran Matematika.
B. Implikasi
Implikasi merupakan suatu konsekuensi atau akibat langsung dari hasil
penemuan suatu penelitian ilmiah. Berdasarkan temuan dari penelitian ini,
maka berikut ini disampaikan beberapa saran yang kiranya dapat bermanfaat
bagi sekolah MI Darul Hikmah, maupun mahasiswa lain yang meneliti
berkaitan dengan analisis kesulitan siswa dalam menyelesaikan soal cerita
Matematika. Adapun saran-saran yang diberikan peneliti sebagai berikut:
1. Diharapkan kepada guru kelas untuk memberikan perhatian kepada siswa
yang memiliki tingkat kemampuan intelektual rendah sehingga siswa tidak
lagi mengalami kesulitan dalam menyelesaikan soal yang diberikan serta
guru mampu memberikan penjelasan langkah-langkah yang tepat untuk
membantu siswa dalam mengatasi kesulitan belajar khususnya pembelajaran
Matematika yang di anggap siswa sulit.
2. Diharapkan guru dapat memberikan motivasi dan minat siswa dalam
pembelajaran Matematika sehingga siswa mampu untuk belajar Matematika
dan bersemangat untuk melakukan pembelajaran.
3. Setelah penulisan skripsi ini diharapkan mampu memberikan kontribusi di
dunia pendidikan formal, non formal maupun informal.
Ketersediaan
| STAR20230214 | 214/2023 | Perpustakaan Pusat | Tersedia |
Informasi Detil
Judul Seri
-
No. Panggil
214/2023
Penerbit
IAIN BONE : Watampone., 2023
Deskripsi Fisik
-
Bahasa
Indonesia
ISBN/ISSN
-
Klasifikasi
Skripsi Tarbiyah
Informasi Detil
Tipe Isi
-
Tipe Media
-
Tipe Pembawa
-
Edisi
-
Subyek
Info Detil Spesifik
-
Pernyataan Tanggungjawab
-
Tidak tersedia versi lain
