Analisis Kesulitan Siswa Dalam Menyelesaikan Soal Cerita Matematika Pada Materi Operasi Hitung Bilangan Bulat Di Kelas VI MI Darul Hikmah
Nur Fadillah/862322019023 - Personal Name
Skripsi ini membahas Analisis Kesulitan Siswa Dalam Menyelesaikan Soal Cerita
Matematika Pada Materi Operasi Hitung Bilangan Bulat Di Kelas VI Mi Darul
Hikmah, pokok permasalahan dalam penelitian ini adalah kesulitan-kesulitan
siswa dalam menyelesaikan soal cerita matematika pada materi operasi hitung
bilangan bulat siswa kelas VI MI Darul Hikmah, serta faktor-faktor yang
menyebabkan siswa kelas VI MI Darul Hikmah mengalami kesulitan dalam
menyelesaikan soal cerita matematika pada materi operasi hitung bilangan bulat.
Metode Penelitian ini menggunakan jenis penelitian kualitatif dengan pendekatan
pedagogik dan psikologis dengan menggunakan teknik observasi, wawancara,
dokumentasi dan tes analisis. Data yang diperoleh dianalisis dengan tiga tahap
yaitu reduksi data, penyajian data dan kesimpulan.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa kesulitan- kesulitan yang dialami siswa
dalam menyelesaikan soal cerita matematika pada materi operasi hitung bilangan
bulat di kelas VI Mi Darul Hikmah adalah kesulitan pemahaman konsep, kesulitan
operasi, dan kesulitan fakta yang dilihat dari hasil jawaban tes analisis yang
dikerjakan oleh siswa kelas VI Mi Darul Hikmah. Kemudian Faktor yang
menyebabkan siswa kelas VI Mi Darul Hikmah mengalami kesulitan dalam
menyelesaikan soal cerita matematika pada materi operasi hitung bilangan Bulat
adalah faktor internal siswa yang meliputi minat, motivasi dan bakat.
A. Simpulan
Berdasarkan hasil pada bab hasil penelitian dan pembahasan maka penulis
dapat mengemukakan simpulan dan hasil penelitian yang telah dilakukan, yaitu:
1. Kesulitan-kesulitan yang dialami siswa dalam menyelesaikan soal cerita
matematika pada materi operasi hitung bilangan bulat di kelas VI MI
Darul Hikmah adalah kesulitan pemahaman konsep, kesulitan operasi,
dan kesulitan fakta yang dilihat dari hasil jawaban tes analisis yang
dikerjakan oleh siswa kelas VI MI Darul Hikmah
2. Kemudian Faktor yang menyebabkan siswa kelas VI MI Darul Hikmah
mengalami kesulitan dalam menyelesaikan soal cerita matematika pada
materi operasi hitung bilangan bulat adalah faktor internal siswa yang
meliputi minat, bakat dan motivasi siswa dalam pembelajaran
matematika.
B. Implikasi
Implikasi merupakan dampak atau akibat yang ditimbulkan dari hasil
penelitian terhadap pihak-pihak tertentu mengacu pada hasil penelitian.
Berdasarkan temuan dari penelitian ini, maka berikut ini disampaikan
beberapa saran yang kiranya dapat bermamfaat bagi sekolah MI Darul
Hikmah, maupun mahasiswa lain yang meneliti dan berkaitan dengan
analisis kesulitan siswa dalam menyelesaikan soal cerita matematika pada
materi operasi hitung bilangan bulat. Adapun saran-saran yang diberikan
peneliti sebagai berikut:
1. Kepada guru kelas dapat menambah perhatian kepada siswa yang
memiliki tingkat kemampuan intelektual rendah sehingga siswa tidak
lagi mengalami kesulitan dalam menyelesaikan soal yang diberikan,
serta guru mampu memberikan langkah-langkah yang tepat untuk
membantu siswa dalam mengatasi kesulitan belajar terkhususnya
pembelajaran matematika yang dianggap siswa sulit.
2. Guru dapat menambah motivasi, bakat dan minat siswa dalam
pembelajaran matematika sehingga motivasi, bakat dan minat siswa
untuk belajar matematika semakin tinggi dan bersemangat untuk
melakukan pembelajaran.
3. Setelah penulisan skripsi ini mampu memberikan kontribusi di dunia
pendidikan formal, non formal maupun informal.
Matematika Pada Materi Operasi Hitung Bilangan Bulat Di Kelas VI Mi Darul
Hikmah, pokok permasalahan dalam penelitian ini adalah kesulitan-kesulitan
siswa dalam menyelesaikan soal cerita matematika pada materi operasi hitung
bilangan bulat siswa kelas VI MI Darul Hikmah, serta faktor-faktor yang
menyebabkan siswa kelas VI MI Darul Hikmah mengalami kesulitan dalam
menyelesaikan soal cerita matematika pada materi operasi hitung bilangan bulat.
Metode Penelitian ini menggunakan jenis penelitian kualitatif dengan pendekatan
pedagogik dan psikologis dengan menggunakan teknik observasi, wawancara,
dokumentasi dan tes analisis. Data yang diperoleh dianalisis dengan tiga tahap
yaitu reduksi data, penyajian data dan kesimpulan.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa kesulitan- kesulitan yang dialami siswa
dalam menyelesaikan soal cerita matematika pada materi operasi hitung bilangan
bulat di kelas VI Mi Darul Hikmah adalah kesulitan pemahaman konsep, kesulitan
operasi, dan kesulitan fakta yang dilihat dari hasil jawaban tes analisis yang
dikerjakan oleh siswa kelas VI Mi Darul Hikmah. Kemudian Faktor yang
menyebabkan siswa kelas VI Mi Darul Hikmah mengalami kesulitan dalam
menyelesaikan soal cerita matematika pada materi operasi hitung bilangan Bulat
adalah faktor internal siswa yang meliputi minat, motivasi dan bakat.
A. Simpulan
Berdasarkan hasil pada bab hasil penelitian dan pembahasan maka penulis
dapat mengemukakan simpulan dan hasil penelitian yang telah dilakukan, yaitu:
1. Kesulitan-kesulitan yang dialami siswa dalam menyelesaikan soal cerita
matematika pada materi operasi hitung bilangan bulat di kelas VI MI
Darul Hikmah adalah kesulitan pemahaman konsep, kesulitan operasi,
dan kesulitan fakta yang dilihat dari hasil jawaban tes analisis yang
dikerjakan oleh siswa kelas VI MI Darul Hikmah
2. Kemudian Faktor yang menyebabkan siswa kelas VI MI Darul Hikmah
mengalami kesulitan dalam menyelesaikan soal cerita matematika pada
materi operasi hitung bilangan bulat adalah faktor internal siswa yang
meliputi minat, bakat dan motivasi siswa dalam pembelajaran
matematika.
B. Implikasi
Implikasi merupakan dampak atau akibat yang ditimbulkan dari hasil
penelitian terhadap pihak-pihak tertentu mengacu pada hasil penelitian.
Berdasarkan temuan dari penelitian ini, maka berikut ini disampaikan
beberapa saran yang kiranya dapat bermamfaat bagi sekolah MI Darul
Hikmah, maupun mahasiswa lain yang meneliti dan berkaitan dengan
analisis kesulitan siswa dalam menyelesaikan soal cerita matematika pada
materi operasi hitung bilangan bulat. Adapun saran-saran yang diberikan
peneliti sebagai berikut:
1. Kepada guru kelas dapat menambah perhatian kepada siswa yang
memiliki tingkat kemampuan intelektual rendah sehingga siswa tidak
lagi mengalami kesulitan dalam menyelesaikan soal yang diberikan,
serta guru mampu memberikan langkah-langkah yang tepat untuk
membantu siswa dalam mengatasi kesulitan belajar terkhususnya
pembelajaran matematika yang dianggap siswa sulit.
2. Guru dapat menambah motivasi, bakat dan minat siswa dalam
pembelajaran matematika sehingga motivasi, bakat dan minat siswa
untuk belajar matematika semakin tinggi dan bersemangat untuk
melakukan pembelajaran.
3. Setelah penulisan skripsi ini mampu memberikan kontribusi di dunia
pendidikan formal, non formal maupun informal.
Ketersediaan
| 862302019023 | Perpustakaan Pusat | Tersedia |
Informasi Detil
Judul Seri
-
No. Panggil
190/2023
Penerbit
IAIN BONE : Watampone., 2023
Deskripsi Fisik
-
Bahasa
Indonesia
ISBN/ISSN
-
Klasifikasi
Skripsi Tarbiyah
Informasi Detil
Tipe Isi
-
Tipe Media
-
Tipe Pembawa
-
Edisi
-
Subyek
Info Detil Spesifik
-
Pernyataan Tanggungjawab
-
Tidak tersedia versi lain
