Efektivitas Penggunaan Media Kartu Kuartet dalam Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Kelas III Madrasah Ibtidaiyah Syamsu Rasyidi Majang Kabupaten Bone
Rheka Tya Ramdhani/862322019082 - Personal Name
Penelitian ini bertujuan 1) untuk mengetahui penggunaan media kartu kuartet
dalam meningkatkan kemampuan berpikir kritis siswa kelas III di Madrasah
Ibtidaiyah Syamsu Rasyidi Majang Kabupaten Bone. Penelitian ini menggunakan
metode kuantitatif, dengan jenis penelitian Pre Eksperimen dengan desain One Grup
Pretest-Postest Design. adapun teknik pengumpulan datanya menggunakan
observasi, tes dan dokumentasi. Tes digunakan untuk mengukur kemampuan berpikir
kritis siswa kelas III pada pembelajaran tematik terkhusus mata pelajaran Pendidikan
Kewarganegaraan di Madrasah Ibtidaiyah Syamsu Rasyidi Majang.
Teknik analisis yang digunakan dalam menguji hipotesis adalah teknik
analisis Paired Sampel T-test menunjukkan bahwa nilai t hitung sebesar 10.341 dengan
nilai signifikasi 0,001. Kemudian nilai t hitung dibandingkan dengan nilai t tabel pada
taraf signifikasi 5% diperoleh t tabel dari daftar distribusi t dengan peluang (1-a)
sehingga diperoleh t tabel sebesar 2,05954. Hal ini menunjukkan bahwa nilai t hitung lebih
besar dari pada t tabel (10.341>2,05954) apabila dibandingkan dengan nilai signifikasi
sebesar 0,001 lebih kecil dari signifikasi 0,05 (0,001 t tabel= 2,05954. sehingga H o ditolak. Hal ini
berarti media pembelajaran Kartu kuartet efektif dalam meningkatkan
kemampuan berpikir kritis siswa pada pembelajaran tematik kelas III MI
Syamsu Rasyidi Majang.
B. Saran
Dari rumusan masalah dalam penelitian ini, maka dapat peneliti nyatakan
beberapa saran, yaitu sebagai berikut.
1. Diharapkan kepada kepala Madrasah agar menganjurkan kepada guru mata
pelajaran untuk menerapkan media Kartu Kuartet sebagai salah satu media dalam
proses pembelajaran.
2. Diharapkan kepada guru, agar menjadikan media pembelajaran Kartu Kuartet
sebagai alternative pilihan dalam melaksanakan proses pembelajaran untuk
membantu siswa dalam proses pembelajaran.
3. Diharapkan kepada siswa, agar lebih fokus dalam menjalankan media Kartu
Kuartet yang diterapkan oleh guru sehingga dapat meningkatkan keefektifan
pembelajaran tematik siswa.
4. Kepada peneliti selanjutnya agar dapat meneliti lebih lanjut tentang media
pembelajaran Kartu Kuartet, tentunya dalam sudut pandang yang berbeda. Hal ini
agar dapat memperkaya perpustakaan Tarbiyah dalam bidang Pendidikan Guru
Madrasah Ibtidayah (PGMI)
dalam meningkatkan kemampuan berpikir kritis siswa kelas III di Madrasah
Ibtidaiyah Syamsu Rasyidi Majang Kabupaten Bone. Penelitian ini menggunakan
metode kuantitatif, dengan jenis penelitian Pre Eksperimen dengan desain One Grup
Pretest-Postest Design. adapun teknik pengumpulan datanya menggunakan
observasi, tes dan dokumentasi. Tes digunakan untuk mengukur kemampuan berpikir
kritis siswa kelas III pada pembelajaran tematik terkhusus mata pelajaran Pendidikan
Kewarganegaraan di Madrasah Ibtidaiyah Syamsu Rasyidi Majang.
Teknik analisis yang digunakan dalam menguji hipotesis adalah teknik
analisis Paired Sampel T-test menunjukkan bahwa nilai t hitung sebesar 10.341 dengan
nilai signifikasi 0,001. Kemudian nilai t hitung dibandingkan dengan nilai t tabel pada
taraf signifikasi 5% diperoleh t tabel dari daftar distribusi t dengan peluang (1-a)
sehingga diperoleh t tabel sebesar 2,05954. Hal ini menunjukkan bahwa nilai t hitung lebih
besar dari pada t tabel (10.341>2,05954) apabila dibandingkan dengan nilai signifikasi
sebesar 0,001 lebih kecil dari signifikasi 0,05 (0,001 t tabel= 2,05954. sehingga H o ditolak. Hal ini
berarti media pembelajaran Kartu kuartet efektif dalam meningkatkan
kemampuan berpikir kritis siswa pada pembelajaran tematik kelas III MI
Syamsu Rasyidi Majang.
B. Saran
Dari rumusan masalah dalam penelitian ini, maka dapat peneliti nyatakan
beberapa saran, yaitu sebagai berikut.
1. Diharapkan kepada kepala Madrasah agar menganjurkan kepada guru mata
pelajaran untuk menerapkan media Kartu Kuartet sebagai salah satu media dalam
proses pembelajaran.
2. Diharapkan kepada guru, agar menjadikan media pembelajaran Kartu Kuartet
sebagai alternative pilihan dalam melaksanakan proses pembelajaran untuk
membantu siswa dalam proses pembelajaran.
3. Diharapkan kepada siswa, agar lebih fokus dalam menjalankan media Kartu
Kuartet yang diterapkan oleh guru sehingga dapat meningkatkan keefektifan
pembelajaran tematik siswa.
4. Kepada peneliti selanjutnya agar dapat meneliti lebih lanjut tentang media
pembelajaran Kartu Kuartet, tentunya dalam sudut pandang yang berbeda. Hal ini
agar dapat memperkaya perpustakaan Tarbiyah dalam bidang Pendidikan Guru
Madrasah Ibtidayah (PGMI)
Ketersediaan
| STAR20230346 | 346/2023 | Perpustakaan Pusat | Tersedia |
Informasi Detil
Judul Seri
-
No. Panggil
346/2023
Penerbit
IAIN BONE : Watampone., 2023
Deskripsi Fisik
-
Bahasa
Indonesia
ISBN/ISSN
-
Klasifikasi
Skripsi Syariah
Informasi Detil
Tipe Isi
-
Tipe Media
-
Tipe Pembawa
-
Edisi
-
Subyek
Info Detil Spesifik
-
Pernyataan Tanggungjawab
-
Tidak tersedia versi lain
