Efektivitas Penggunaan Media Reduction Pouch Untuk Meningkatkan Pemahaman Konsep Dalam Menyelesaikan Pengurangan Dua Bilangan Cacah Kelas 1 Di MIN 7 Bone
Yusreni Nur/862322019079 - Personal Name
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas penggunaan media reduction
pouch untuk meningkatkan pemahaman konsep pengurangan dua bilangan cacah
kelas I di MIN 7 Bone. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah
penelitian kuantitatif dengan desain yang digunakan One Group Pretest-Posttest
Design. Dalam penelitian ini menjadi sampel adalah seluruh siswa kelas I B di
MIN 7 Bone berjumlah 27 orang. Instrument yang digunakan dalam penelitian ini
berupa tes pemahaman konsep siswa berbentuk soal pilihan ganda. Kemudian
dilakukan analisis data mengunakan analisis statistik dengan mengunakan uji
Paired Sample Test Pretest dan Posttest pada tabel perhitungan menunjukkan
nilai t -10.306 dan uji signifikan menunjukkan hasil (p) 0,000 < 0,05. Hal ini
menunnjukkan bahwa ada perbedaan rata-rata pemahaman konsep siswa kelas I B
di MIN 7 Bone sebelum dan setelah diberikan perlakuan media reduction pouch.
Nilai rata-rata pretest (58,89) dengan nilai tertinggi sebesar 90. Sedangkan nilai
rata-rata posttest (89,26) dengan nilai tertinggi sebesar 100. Kemudian uji
efektivitas N-gain scrore media pembelajaran melalui SPSS Statistic Version 22.0
diperoleh hasil capaian 78,64 dengan kategori sangat efektif.
A. Simpulan
Bedasarkan hasil penelitian yang dilakukan tentang efektivitas penggunaan
media reduction pouch untuk meningkatkan pemahaman konep dalam
meyelesaikan pegurangan dua bilangan cacah kelas I di MIN 7 Bone, dapat
disimpulkan sebagai berikut:
1. Pemahaman konsep siswa (pretest) sehingga peneliti dapat mengetahui
bahwa skor pretest mendapatkan skor tertinggi (maximum) sebesar 90
dan skor terendah (minimum) hanya 30 dengan jumlah rata-rata (mean)
58,89, median 50,00 dan modus 50 serta standar deviasi (Std. Deviation)
sebesar 19.677, pemahaman konsep siswa belum dikatakan maksimal
karena nilai rata-rata yang diperoleh rendah.
2. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kemampuan pemahaman konsep
siswa dalam proses belajar menggunakan media reduction pouch dapat
meningkat. Hal ini dapat diketahui berdasarkan hasil analisis data pretest
sebagai perbanding posttest, nilai rata-rata 58,89 sedangkan nilai rata-rata
posttest adalah 89,26. Hal ini menunjukkan bahwa media reduction pouch
dapat diberlakukan dalam proses belajar mengajar pada mata pelajaran
matematika.
3. Keefektifan media reduction pouch dan tidak menggunakan media
reduction pouch. Ini berarti hipotesis diterima, yaitu media reduction
pouch dalam proses pembelajaran pretest dan posttest yang ditunjukkan
melalui uji hipotesis yakni 0,000 < 0,005 dibuktikan dengan analisis
statistik yang menyatakan bahwa sig < α yaitu 0,000 < 0,05. Dengan
demikian, H 0 ditolak dan H 1 diterima.
B. Implikasi
Berdasarkan hasil penelitian, maka peneliti menggunakan saran untuk
meningkatkan hasil belajar dari mutu pendidikan. Adapun sarat-saran yang
peneliti sampaikan adalah sebagai berikut:
1. Bagi guru diharapkan dapat menerapkan media reduction pouch dalam
proses belajar mengajar dengan menyesuaikan karakteristik materi
pelajaran dalam rangka meningkatkan hasil belajar siswa.
2. Setiap media pembelajaran mempunyai kelebihan dan kekurangan
tersendiri. Oleh karena itu, guru harus mampu memilih media
pembelajaran yang sesuai dengan materi pelajaran, tujuan yang harus
dicapai, waktu yang tersedia serta sarana dan prasarana yang dimiliki.
3. Pihak sekolah hendaknya selalu memberikan dukungan kepada guru dalam
pengenalan media dimulai sejak dini kepada siswa.
pouch untuk meningkatkan pemahaman konsep pengurangan dua bilangan cacah
kelas I di MIN 7 Bone. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah
penelitian kuantitatif dengan desain yang digunakan One Group Pretest-Posttest
Design. Dalam penelitian ini menjadi sampel adalah seluruh siswa kelas I B di
MIN 7 Bone berjumlah 27 orang. Instrument yang digunakan dalam penelitian ini
berupa tes pemahaman konsep siswa berbentuk soal pilihan ganda. Kemudian
dilakukan analisis data mengunakan analisis statistik dengan mengunakan uji
Paired Sample Test Pretest dan Posttest pada tabel perhitungan menunjukkan
nilai t -10.306 dan uji signifikan menunjukkan hasil (p) 0,000 < 0,05. Hal ini
menunnjukkan bahwa ada perbedaan rata-rata pemahaman konsep siswa kelas I B
di MIN 7 Bone sebelum dan setelah diberikan perlakuan media reduction pouch.
Nilai rata-rata pretest (58,89) dengan nilai tertinggi sebesar 90. Sedangkan nilai
rata-rata posttest (89,26) dengan nilai tertinggi sebesar 100. Kemudian uji
efektivitas N-gain scrore media pembelajaran melalui SPSS Statistic Version 22.0
diperoleh hasil capaian 78,64 dengan kategori sangat efektif.
A. Simpulan
Bedasarkan hasil penelitian yang dilakukan tentang efektivitas penggunaan
media reduction pouch untuk meningkatkan pemahaman konep dalam
meyelesaikan pegurangan dua bilangan cacah kelas I di MIN 7 Bone, dapat
disimpulkan sebagai berikut:
1. Pemahaman konsep siswa (pretest) sehingga peneliti dapat mengetahui
bahwa skor pretest mendapatkan skor tertinggi (maximum) sebesar 90
dan skor terendah (minimum) hanya 30 dengan jumlah rata-rata (mean)
58,89, median 50,00 dan modus 50 serta standar deviasi (Std. Deviation)
sebesar 19.677, pemahaman konsep siswa belum dikatakan maksimal
karena nilai rata-rata yang diperoleh rendah.
2. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kemampuan pemahaman konsep
siswa dalam proses belajar menggunakan media reduction pouch dapat
meningkat. Hal ini dapat diketahui berdasarkan hasil analisis data pretest
sebagai perbanding posttest, nilai rata-rata 58,89 sedangkan nilai rata-rata
posttest adalah 89,26. Hal ini menunjukkan bahwa media reduction pouch
dapat diberlakukan dalam proses belajar mengajar pada mata pelajaran
matematika.
3. Keefektifan media reduction pouch dan tidak menggunakan media
reduction pouch. Ini berarti hipotesis diterima, yaitu media reduction
pouch dalam proses pembelajaran pretest dan posttest yang ditunjukkan
melalui uji hipotesis yakni 0,000 < 0,005 dibuktikan dengan analisis
statistik yang menyatakan bahwa sig < α yaitu 0,000 < 0,05. Dengan
demikian, H 0 ditolak dan H 1 diterima.
B. Implikasi
Berdasarkan hasil penelitian, maka peneliti menggunakan saran untuk
meningkatkan hasil belajar dari mutu pendidikan. Adapun sarat-saran yang
peneliti sampaikan adalah sebagai berikut:
1. Bagi guru diharapkan dapat menerapkan media reduction pouch dalam
proses belajar mengajar dengan menyesuaikan karakteristik materi
pelajaran dalam rangka meningkatkan hasil belajar siswa.
2. Setiap media pembelajaran mempunyai kelebihan dan kekurangan
tersendiri. Oleh karena itu, guru harus mampu memilih media
pembelajaran yang sesuai dengan materi pelajaran, tujuan yang harus
dicapai, waktu yang tersedia serta sarana dan prasarana yang dimiliki.
3. Pihak sekolah hendaknya selalu memberikan dukungan kepada guru dalam
pengenalan media dimulai sejak dini kepada siswa.
Ketersediaan
| STAR20230098 | 98/2023 | Perpustakaan Pusat | Tersedia |
Informasi Detil
Judul Seri
-
No. Panggil
98/2023
Penerbit
IAIN BONE : Watampone., 2023
Deskripsi Fisik
-
Bahasa
Indonesia
ISBN/ISSN
-
Klasifikasi
Skripsi Tarbiyah
Informasi Detil
Tipe Isi
-
Tipe Media
-
Tipe Pembawa
-
Edisi
-
Subyek
Info Detil Spesifik
-
Pernyataan Tanggungjawab
-
Tidak tersedia versi lain
