Efektivitas Media Ludo Smart Dalam Meningkatkan Keaktifan Siswa PAda Pembelajaran Tematik Kelas IV Di MI Syamsu Rasyidi Majang

No image available for this title
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas penggunaan media ludo smart
dalam meningkatkan keaktifan siswa pada pembelajaran Tematik kelas IV di MI
Syamsu Rasyidi Majang. Pokok permasalahan dalam penelitian ini adalah efektivitas
penggunaan media ludo smart dalam meningkatkan keaktifan siswa pada
pembelajaran Tematik kelas IV B di MI Syamsu Rasyidi Majang. Metode penelitian
ini menggunakan jenis penelitian kuantitatif Pre Eksperimen Design dengan design
One Group Pre-test and Post-test. Teknik pengumpulan data menggunakan lembar
observasi, instrumen angket, dan dokumentasi.
Data yang diperoleh setelah penelitian dianalisis menggunakan aplikasi SPSS
Statistis Version 22.0 agar dapat mengetahui hasil perhitungan nilai statistik
deskriptif pre-test-post-test, uji normalitas dan uji hipostesis. Penelitian ini
dilaksanakan di kelas IV B MI Syamsu Rasyidi Majang dengan siswa yang berjumlah
19 orang. Hasil penelitian setelah dilakukan perlakuan menggunakan media ludo
smart, menunjukkan bahwa nilai yang diperoleh peserta didik kelas IV B pada saat
post-test terjadi peningkatan dengan melihat kriteria keaktifan siswa dengan rata-rata
sebesar 71.58 dan dapat dilihat dari uji-t pada nilai pretest dan post-test, dapat
diketahui jika nilai (signifikansi) 2-tailed 0,000 < 0,05 maka H 0 ditolak, sehingga
media ludo smart efektif dalam meningkatkan keaktifan siswa kelas IV B MI Syamsu
Rasyidi Majang, karena nilai signifikansi yang diperoleh adalah 0,000. Hal ini juga
dibuktikan dengan uji efektivitas media pembelajaran dengan hasil capaian 78,94.
A. Simpulan
Berdasarkan penelitian yang dilakukan oleh peneliti tentang keaktifan
belajar siswa dengan menggunakan media ludo smart pada pembelajaran tematik
kelas IV B di MI Syamsu Rasyidi Majang, maka peneliti dapat menyimpulkan:
1. Tingkat keaktifan belajar siswa pada pembelajaran tematik kelas IV B di
MI Syamsu Rasyidi Majang sebelum (pre-test) menggunakan media ludo
smart menunjukkan data hasil pre-test skor terendah yaitu dengan nilai 32,
untuk pre-test tertinggi yaitu 48, dan untuk nilai rata-rata pre-test siswa
yaitu 42,37, jadi dapat disimpulkan bahwa nilai yang diperoleh siswa kelas
IV B pada pre-test masih rendah dikarenakan siswa hanya menerima
materi secara verbal dan enggan ikut berpartisipasi dalam proses
pembelajaran.
2. Tingkat keaktifan belajar siswa pada pembelajaran tematik kelas IV B di
MI Syamsu Rasyidi Majang setelah (post-test) menggunakan media ludo
smart menunjukkan data hasil post-test skor terendah yaitu dengan nilai
62, untuk post-test tertinggi yaitu 78, dan untuk nilai rata-rata post-test
siswa yaitu 71,58, jadi dapat disimpulkan bahwa nilai yang diperoleh
siswa kelas IV B pada post-test mengalami peningkatan dengan melihat
kriteria keaktifan belajar siswa.
3. Keefektifan media pembelajaran ludo smart bisa dilihat pada hasil uji
efektivitas dengan ketentuan klasikal diperoleh nilai sebesar 78,94 dengan
kateori cukup efektif. Hal ini berarti media pembelajaran ludo smart
efektif dalam meningkatkan keaktifan pembelajaran tematik siswa kelas
IV B di MI Syamsu Rasyidi Majang.
B. Implikasi
Dari rumusan masalah dalam penelitian ini, maka dapat peneliti nyatakan
beberapa saran, yaitu sebagai berikut.
1. Diharapkan kepada kepala Madrasah MI Syamsu Rasyidi Majang agar
menganjurkan kepada guru mata pelajaran untuk menerapkan media
pembelajaran ludo smart sebagai salah satu media dalam proses
pembelajaran.
2. Diharapkan kepada guru, agar menjadikan media pembelajaran ludo smart
sebagai alternative pilihan dalam melaksanakan proses pembelajaran untuk
membantu siswa lebih aktif dalam proses pembelajaran.
3. Diharapkan kepada siswa, agar lebih fokus dalam menjalankan media ludo
smart yang diterapkan oleh guru sehingga dapat meningkatkan keaktifan
pembelajaran tematik siswa.
Kepada peneliti selanjutnya agar dapat meneliti lebih lanjut tentang
media pembelajaran ludo smart, tentunya dalam sudut pandang yang
berbeda. Hal ini agar dapat memperkaya perpustakaan Tarbiyah dalam
bidang Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah (PGMI).
Ketersediaan
STAR20230100100/2023Perpustakaan PusatTersedia
Informasi Detil
Judul Seri

-

No. Panggil

100/2023

Penerbit

IAIN BONE : Watampone.,

Deskripsi Fisik

-

Bahasa

Indonesia

ISBN/ISSN

-

Klasifikasi

Skripsi Tarbiyah

Informasi Detil
Tipe Isi

-

Tipe Media

-

Tipe Pembawa

-

Edisi

-

Info Detil Spesifik

-

Pernyataan Tanggungjawab
Tidak tersedia versi lain

Advanced Search

Gak perlu repot seting ini itu GRATIS SetUp ,Mengonlinekan SLiMS Di Internet Karena pesan web di Desawarna.com Siap : 085740069967

Pilih Bahasa

Gratis Mengonlinekan SLiMS

Gak perlu repot seting ini itu buat mengonlinekan SLiMS.
GRATIS SetUp ,Mengonlinekan SLiMS Di Internet
Karena pesan web di Desawarna.com
Kontak WhatsApp :

Siap : 085740069967

Template Perpustakaan Desawarna

Kami berharap Template SLiMS ini dapat dimanfaatkan dengan sebaik-baiknya sebagai template SLiMS bagi semua SLiMerS, serta mampu memberikan dukungan dalam pencapaian tujuan pengembangan perpustakaan dan kearsipan.. Aamiin

Top