Analisis Kreativitas Guru dalam Menerapkan Metode Variatif panda Pembelajaran Tematik Kelas III MI Pergis Ganra Kab. Soppeng
Muh Syaqwan/862322019017 - Personal Name
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana kreativitas guru dalam
menerapkan metode variatif pada pembelajaran tematik di Kelas III MI Pergis
Ganra Kab. Soppeng. Pokok permasalahan dalam penelitian ini adalah bagaimana
Kreativitas guru dalam menerapkan metode variatif pada pembelajaran tematik di
kelas III MI Pergis Ganra Kab. Soppeng.
Jenis penelitian yang peneliti gunakan adalah penelitian kualitatif. Penelitian
deskriptif kualitatif (Qualitatif descriptif). Pendekatan yang digunakan adalah
pendekatan pedagogis dan sosiologis. Teknik analisis data yang digunakan adalah
reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Data primer dalam
penelitian ini diperoleh langsung dari lokasi penelitian dengan teknik
pengambilan data melalui observasi dan wawancara langsung dengan pihak
terkait.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa guru kelas III MI pergis Ganra, sudah
menerapkan 6 aspek kreativitas guru dalam menerapkan motode variatif. Aspek
yang pertama meliputi aspek fleksibilitas yaitu mampu beradaptasi dan bekerja
secara evektif dalam situasi yang berbeda. Aspek kedua meliputi aspek elaborasi
yaitu mampu merinci gagasan, objek dan produk menjadi lebih menarik. Aspek
ketiga meliputi kelancaran yaitu mampu menemukan banyak macam cara serta
saran untuk melakukan berbagai hal. Aspek keempat meliputi aspek orisinalitas
yaitu mampu mengemukakan ungkapan yang baru dan unik. Aspek ke lima
meliputi evaluasi yaitu mampu menilai penilaian sendiri. Aspek yang ke enam
meliputi aspek strategi yang bervariasi yang terdiri dari 3 poin yaitu menggunkan
strategi yang bervariasi, memberikan kesempatan kepada siswa dalam berkreasi
dan memunculkan ide-ide dan menggunakan berbagai metode yang sesuai dengan
pembelajaran dan memadukanya.
A. Simpulan
Berdasarkan hasil uraian pada bab hasil penelitian dan pembahasan,
maka dapat disimpulkan bahwa:
Kreativitas guru dalam menerapkan metode variatif dalam
pembelajaran tematik meliputi 6 aspek, yaitu flekibilitas. Seperti saat
kondisi kelas ricuh guru mampu mengembalikan fokus siswa, agar kondisi
kelas tetap kondusif dengan cara melakukan tepuk konsentrasi dan tepuk
diam, elaborasi. Seperti panda proses pembelajaran siswa belum mengerti
terkait pembelajaran yang di sampaikan oleh ibu guru maka guru berusaha
menjelaskan ualaang materi dan memberikan contoh yang mudah dipahami
kelancaran. Kelancaran pada saat menjelaskan pembelajaran dapat
menyebabkan pelaksanaan proses belajar mengajar terlaksana dengan baik,
orisinalitas, seperti panda proses pembelajaran guru tidak hanya berpatokan
apa yang ada di dalam buku paket, guru membrikan ilustrasi yang mampu
dipahami oleh siswa sesuai dengan materi pembelajaran, evaluasi, seperti
mengevaluasi hasil pembelajaran sesuai metode yang diterpkan panda saat
pembelajaran dan strategi yang bervariasi. Strategi yang bervariasi terdiri
dari 3 poin yaitu menggunakan strategi yang bervariasi, memberikan
kesempatan kepada siswa dalam berkreasi dan memunculkan ide-ide, serta
menggunakan berbagai metode sesuai dengan pembelajaran seperti metode
ceramah, demonstrasi, diskusi, simulasi, penugasan dan mampu
memadukannya. Guru kelas III MI Pergis Ganra telah berhasil menerapkan
keenam aspek kreativitas dengan caranya sendiri pada pembelajaran tematik
serta menggunakan metode yang sangat variatif.
B. Implikasi
Setelah mengadakan penelitian mengenai analisis kreativitas guru dalam
menerapkan metode variatif pada pembelajaran tematik kelas III MI Pergis
Ganra Kab. Soppeng, maka adapun saran peneliti yang ingin disampaikan
adalah sebagai berikut:
1. Kepala madrasah diharapkanuntuk bersinergi dalam mengembangkan
kemampuan semua pendidik, baik guru kelas dan guru mata pelajaran
di MI Pergis Ganra Kab. Soppeng dalam menerapkan metode variatif.
2. Guru-guru di MI Pergis Ganra Kab. Soppeng diharapkanuntuk
berpartisipasi aktif dan bekerja sama untuk mengembangkan
kreatifitas yang telah dimiliki dalam menerapkan metode variatif
pada pembelajaran, baik pada pembelajaran tematik maupun
pembelajaran lainnya yang bertujuan menciptakan suasana belajar
yang menarik.
3. Penulisan skripsi ini diharapkan mampu memberikan kontribusi di
dunia pendidikan formal maupun informal.
menerapkan metode variatif pada pembelajaran tematik di Kelas III MI Pergis
Ganra Kab. Soppeng. Pokok permasalahan dalam penelitian ini adalah bagaimana
Kreativitas guru dalam menerapkan metode variatif pada pembelajaran tematik di
kelas III MI Pergis Ganra Kab. Soppeng.
Jenis penelitian yang peneliti gunakan adalah penelitian kualitatif. Penelitian
deskriptif kualitatif (Qualitatif descriptif). Pendekatan yang digunakan adalah
pendekatan pedagogis dan sosiologis. Teknik analisis data yang digunakan adalah
reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Data primer dalam
penelitian ini diperoleh langsung dari lokasi penelitian dengan teknik
pengambilan data melalui observasi dan wawancara langsung dengan pihak
terkait.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa guru kelas III MI pergis Ganra, sudah
menerapkan 6 aspek kreativitas guru dalam menerapkan motode variatif. Aspek
yang pertama meliputi aspek fleksibilitas yaitu mampu beradaptasi dan bekerja
secara evektif dalam situasi yang berbeda. Aspek kedua meliputi aspek elaborasi
yaitu mampu merinci gagasan, objek dan produk menjadi lebih menarik. Aspek
ketiga meliputi kelancaran yaitu mampu menemukan banyak macam cara serta
saran untuk melakukan berbagai hal. Aspek keempat meliputi aspek orisinalitas
yaitu mampu mengemukakan ungkapan yang baru dan unik. Aspek ke lima
meliputi evaluasi yaitu mampu menilai penilaian sendiri. Aspek yang ke enam
meliputi aspek strategi yang bervariasi yang terdiri dari 3 poin yaitu menggunkan
strategi yang bervariasi, memberikan kesempatan kepada siswa dalam berkreasi
dan memunculkan ide-ide dan menggunakan berbagai metode yang sesuai dengan
pembelajaran dan memadukanya.
A. Simpulan
Berdasarkan hasil uraian pada bab hasil penelitian dan pembahasan,
maka dapat disimpulkan bahwa:
Kreativitas guru dalam menerapkan metode variatif dalam
pembelajaran tematik meliputi 6 aspek, yaitu flekibilitas. Seperti saat
kondisi kelas ricuh guru mampu mengembalikan fokus siswa, agar kondisi
kelas tetap kondusif dengan cara melakukan tepuk konsentrasi dan tepuk
diam, elaborasi. Seperti panda proses pembelajaran siswa belum mengerti
terkait pembelajaran yang di sampaikan oleh ibu guru maka guru berusaha
menjelaskan ualaang materi dan memberikan contoh yang mudah dipahami
kelancaran. Kelancaran pada saat menjelaskan pembelajaran dapat
menyebabkan pelaksanaan proses belajar mengajar terlaksana dengan baik,
orisinalitas, seperti panda proses pembelajaran guru tidak hanya berpatokan
apa yang ada di dalam buku paket, guru membrikan ilustrasi yang mampu
dipahami oleh siswa sesuai dengan materi pembelajaran, evaluasi, seperti
mengevaluasi hasil pembelajaran sesuai metode yang diterpkan panda saat
pembelajaran dan strategi yang bervariasi. Strategi yang bervariasi terdiri
dari 3 poin yaitu menggunakan strategi yang bervariasi, memberikan
kesempatan kepada siswa dalam berkreasi dan memunculkan ide-ide, serta
menggunakan berbagai metode sesuai dengan pembelajaran seperti metode
ceramah, demonstrasi, diskusi, simulasi, penugasan dan mampu
memadukannya. Guru kelas III MI Pergis Ganra telah berhasil menerapkan
keenam aspek kreativitas dengan caranya sendiri pada pembelajaran tematik
serta menggunakan metode yang sangat variatif.
B. Implikasi
Setelah mengadakan penelitian mengenai analisis kreativitas guru dalam
menerapkan metode variatif pada pembelajaran tematik kelas III MI Pergis
Ganra Kab. Soppeng, maka adapun saran peneliti yang ingin disampaikan
adalah sebagai berikut:
1. Kepala madrasah diharapkanuntuk bersinergi dalam mengembangkan
kemampuan semua pendidik, baik guru kelas dan guru mata pelajaran
di MI Pergis Ganra Kab. Soppeng dalam menerapkan metode variatif.
2. Guru-guru di MI Pergis Ganra Kab. Soppeng diharapkanuntuk
berpartisipasi aktif dan bekerja sama untuk mengembangkan
kreatifitas yang telah dimiliki dalam menerapkan metode variatif
pada pembelajaran, baik pada pembelajaran tematik maupun
pembelajaran lainnya yang bertujuan menciptakan suasana belajar
yang menarik.
3. Penulisan skripsi ini diharapkan mampu memberikan kontribusi di
dunia pendidikan formal maupun informal.
Ketersediaan
| STAR20230260 | 260/2023 | Perpustakaan Pusat | Tersedia |
Informasi Detil
Judul Seri
-
No. Panggil
260/2023
Penerbit
IAIN BONE : Watampone., 2023
Deskripsi Fisik
-
Bahasa
Indonesia
ISBN/ISSN
-
Klasifikasi
Skripsi Tarbiyah
Informasi Detil
Tipe Isi
-
Tipe Media
-
Tipe Pembawa
-
Edisi
-
Subyek
Info Detil Spesifik
-
Pernyataan Tanggungjawab
-
Tidak tersedia versi lain
