Efektivitas Penggunaan Media Blok Dalam Meningkatkan Pemahaman Konsep Pecahan Pada Pembelajaran Matematika Siswa Kelas II di MIN 7 Kabupaten Bone

No image available for this title
Skripsi ini membahas Efektivitas Penggunaan Media Blok pecahan
Dalam Meningkatkan Pemahaman Konsep Pecahan Pada Pembelajaran
Matematika Siswa Kelas II di MIN 7 Kabupaten Bone. Pokok permasalahan
dalam penelitian ini adalah pemahaman konsep pada materi pecahan. Metode
penelitian ini menggunakan jenis penelitian kuantitatif Pre Eksperimen Design
dengan design One Group Pretest-Posttest. Teknik pengumpulan data
menggunakan lembar observasi, instrument tes,. Data yang diperoleh setelah
penelitian dianalisis uji t agar dapat mengetahui hasil perhitungan nilai statistik
deskriptif pretest-postest, uji hipostesis. Penelitian ini dilaksanakan di kelas II B
MIN 7 Bone dengan sampel yang berjumlah 27 orang. Hasil penelitian setelah
dilakukan perlakuan menggunakan media blok menunjukkan bahwa nilai yang
diperoleh peserta didik kelas II B pada saat post-test terjadi peningkatan dengan
melihat kriteria pemahaman konsep pecahan siswa dengan rata-rata sebesar
84.44 dan dapat dilihat dari uji-t pada nilai pretest dan postest, dapat diketahui
jika nilai (signifikansi) 2-tailed 0,000 < 0,05 maka Ho ditolak dan H 1 diterima,
yang berarti media blok pecahan efektif dalam meningkatkan pemahaman
konsep pecahan siswa kelas II B MIN 7 Kabupaten Bone dan dapat dilihat
bahwa nilai rata-rata N-gain score sebesar 58.66, berdasarkan kategori tafsiran
efektivitas N-gain score termasuk dalam kategori cukup efektif.
A. Simpulan
Berdasarkan hasil penelitian yang dilakukan tentang efektivitas
penggunaan media blok dalam meningkatkan pemahaman konsep pecahan pada
pembelajaran matematika siswa kelas II di MIN 7 Kabupaten Bone. Dapat
disimpulkan sebagai berikut:
1. Hasil penelitian menunjukkan bahwa, kemampuan pemahaman konsep
pecahan kelas II di MIN 7 Bone. Sebelum penggunaan media blok
pecahan (pretest) memiliki nilai rata-rata 52,59, nilai tertinngi 90 dan
nilai terendah 30, kemampuan pemahaman konsep siswa belum
dikatakan maksimal karena nilai rata-rata yang diperoleh rendah.
Sedangkan setelah penggunaan media blok pecahan (posttest) memiliki
nilai rata-rata 84,44, nilai tertinggi 100 dan nilai terendah 70, hal ini
menunjukkan bahwa nilai yang diperoleh siswa kelas II pada saat
posttest mengalami peningkatan pemahaman kosep.
2. Penggunaan media blok pecahan efektif digunakan untuk meningkatkan
pemahaman konsep siswa dengan nilai efektivitas uji N-Gain score
sebesar 58.66 berada pada kategori cukup efektif.
B. Implikasi
Berdasarkan hasil penelitian, maka peneliti menggunakan saran untuk
meningkatkan hasil belajar dari mutu pendidikan. Adapun saran-saran yang
peneliti sampaikan adalah sebagai beriku:
1. Bagi guru diharapkan dapat menerapkan media blok pecahan dalam proses
belajar mengajar dengan menyesuaikan karakteristik materi pelajaran
dalam rangka meningkatkan hasil belajar siswa.
2. Setiap media pembelajaran mempunyai kelebihan dan kekurangan
tersendiri oleh karena itu, guru harus mampu memilih media pembelajaran
yang sesuai dengan materi pembelajaran, tujuan yang harus dicapai, waktu
yang tersedia serta sarana dan prasarana yang dimiliki.
3. Pihak sekolah hendaknya selalu memberikan dukungan kepada guru dalam
pengenalan media dimulaisejak dini kepada siswa.
Ketersediaan
STAR20230256256/2023Perpustakaan PusatTersedia
Informasi Detil
Judul Seri

-

No. Panggil

256/2023

Penerbit

IAIN BONE : Watampone.,

Deskripsi Fisik

-

Bahasa

Indonesia

ISBN/ISSN

-

Klasifikasi

Skripsi Tarbiyah

Informasi Detil
Tipe Isi

-

Tipe Media

-

Tipe Pembawa

-

Edisi

-

Info Detil Spesifik

-

Pernyataan Tanggungjawab
Tidak tersedia versi lain

Advanced Search

Gak perlu repot seting ini itu GRATIS SetUp ,Mengonlinekan SLiMS Di Internet Karena pesan web di Desawarna.com Siap : 085740069967

Pilih Bahasa

Gratis Mengonlinekan SLiMS

Gak perlu repot seting ini itu buat mengonlinekan SLiMS.
GRATIS SetUp ,Mengonlinekan SLiMS Di Internet
Karena pesan web di Desawarna.com
Kontak WhatsApp :

Siap : 085740069967

Template Perpustakaan Desawarna

Kami berharap Template SLiMS ini dapat dimanfaatkan dengan sebaik-baiknya sebagai template SLiMS bagi semua SLiMerS, serta mampu memberikan dukungan dalam pencapaian tujuan pengembangan perpustakaan dan kearsipan.. Aamiin

Top