Efektivitas Metode Pembelajaran Thinking Aloud Pair Problem Solving (Tapps) Berbantuan Media Puzzle Dalam Meningkatkan Kemampuan Pemahaman Konsep Pecahan Siswa Kelas Iv Mi Nurul Bajoe Kabupaten Bone

No image available for this title
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana efektivitas Metode
Pembelajaran Thinking Aloud Pair Problem Solving (TAPPS) Berbantuan
Media Puzzle dalam meningkatkan Kemampuan Pemahaman Konsep
Pecahan Siswa kelas IV MI Nurul Ulum Bajoe. Penelitian ini dilakukan
melalui pendekatan kuantitatif. Adapun teknik pengumpulan datanya
menggunakan observasi, tes dan dokumentasi. Kemudian dilakukan
pengelolaaan data melalui hasil analisis inferensial uji paired sample test
dengan menggunakan bantuan pengolaan data SPSS. Hasil penelitian
menunujukkan, metode pembelajaran thinking aloud pair problem solving
berbantuan media puzzle dalam meningkatkan kemampuan pemahaman
konsep pecahan siswa kelas IV MI Nurul Ulum Bajoe. Hal ini dibuktikan
melalui hasil analisis uji paired sampe t-test diperoleh sig (2-tailed) sebesar
0.000 yang berarti kecil dari α yaitu 0.05 (0,000 < 0,05) yang berarti bahwa
terdapat pengaruh yang signifikan dari Efektivitas metode pembelajaran
pembelajaran thinking aloud pair problem solving (TAPPS) berbantuan
media puzzle dalam meningkatkan kemampuan pemahaman konsep pecahan
siswa kelas IV MI Nurul Ulum Bajoe.
A. Kesimpulan
Berdasarkan rumusan masalah, maka disimpulkan bahwa : Metode
pembelajaran thinking aloud pair problem solving (TAPPS) berbantuan
media puzzle dalam meningkatkan kemampuan pemahaman konsep pecahan
siswa kelas IV MI NURUL ULUM BAJOE yang berdasarkan hasil analisis
inferensial uji paired sample test dengan menggunakan bantuan pengolaan
data SPSS diperoleh sig (2-tailed) sebesar 0.000 yang berarti kecil dari α
yaitu 0.05 ( 0,000 < 0,05) yang berarti bahwa terdapat pengaruh yang
signifikan dari Efektivitas metode pembelajaran thinking aloud pair
problem solving (TAPPS) berbantuan media puzzle dalam meningkatkan
kemampuan pemahaman konsep pecahan siswa kelas IV MI Nurul Ulum
Bajoe.
B. Saran
Berdasarkan ang telah dismpulkan dari hasil penelitian ini, maka penulis
memiliki bebersapa saran yang mungkin dapat dilaksanakan agar dapat
meningkatkan kemampuan pemahaman konsep pecahan siswa, yaitu :
1. Kepada guru kelas IV MI Nurul Ulum Bajoe yang mengampu
pembelajaran Matematika agar dalam proses pembelajaran dengan
materi pecahan disarankan untuk dapat mengajar dengan
menerapkan Metode pembelajaran thinking aloud pair problem
solving (TAPPS) berbantuan media puzzle.
2. Kepada seluruh tenaga pendidik dibidang ilmu Matematika
hendaknya memperkenalkan metode maupun media pembelajaran
yang menarik agar siswa dapat mengeksplor kemampuanya dalam
proses pembelajaran.
3. Kepada peneliti lain yang berniat menyelidiki variabel-variabel yang
relevan pada materi dengan situasi dan kondisi berbeda yang
menjadikan acuan dalam melaksanakan penelitian selanjutnya yang
pada masanya nanti akan melahirkan suatu tulisan baru yang lebih
baik dan lengkap.
Ketersediaan
862322019095Perpustakaan PusatTersedia
Informasi Detil
Judul Seri

-

No. Panggil

144/2023

Penerbit

IAIN BONE : Watampone.,

Deskripsi Fisik

-

Bahasa

Indonesia

ISBN/ISSN

-

Klasifikasi

Skripsi Tarbiyah

Informasi Detil
Tipe Isi

-

Tipe Media

-

Tipe Pembawa

-

Edisi

-

Info Detil Spesifik

-

Pernyataan Tanggungjawab
Tidak tersedia versi lain

Advanced Search

Gak perlu repot seting ini itu GRATIS SetUp ,Mengonlinekan SLiMS Di Internet Karena pesan web di Desawarna.com Siap : 085740069967

Pilih Bahasa

Gratis Mengonlinekan SLiMS

Gak perlu repot seting ini itu buat mengonlinekan SLiMS.
GRATIS SetUp ,Mengonlinekan SLiMS Di Internet
Karena pesan web di Desawarna.com
Kontak WhatsApp :

Siap : 085740069967

Template Perpustakaan Desawarna

Kami berharap Template SLiMS ini dapat dimanfaatkan dengan sebaik-baiknya sebagai template SLiMS bagi semua SLiMerS, serta mampu memberikan dukungan dalam pencapaian tujuan pengembangan perpustakaan dan kearsipan.. Aamiin

Top