Peran Manajemen Kepala Sekolah Dalam Membangun Komunikasi Yang Efektif Dengan Orang Tua Peserta Didik di MIN 7 Bone
Muh. Taslim Rapi/862312019083 - Personal Name
Skripsi ini membahas mengenai Peran Manajemen Kepala Sekolah Dalam
Membangun Komunikasi Yang Efektif Dengan Orang Tua Peserta Didik di MIN 7
Bone. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana peran
manajemen kepala sekolah dalam membangun komunikasi yang efektif dengan
orang tua peserta didik di MIN 7 Bone. Jenis penelitian adalah penelitian kualitatif
(qualitatif research) dengan menggunakan pendekatan manajemen dan
pendekatan psikologis. Teknik pengunpulan data yaitu wawancara, observasi, dan
dokumentasi, sumber data pada penelitian ini adalah sumber data primer dan
sekunder. Data yang diperoleh kemudian dianalisis dengan metode reduksi data,
penyajian data serta penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa
1) kepala sekolah sebagai manajer telah menyusun program sekolah, memberikan
pelatihan kepada para staf, dan mengoptimalisasikan sumber daya sekolah dengan
baik. 2) kepala sekolah sebagai leader mampu menyusun visi misi sekolah,
mampu mengambil keputusan dengan bijak dan mampu berkomunikasi dengan
baik dengan bawahan. 3) kepala sekolah sebagai administrator mampu mengelola
administrasi sarana prasarana dan administrasi persuratan. 4) kepala sebagai
supervisor telah menyusun program supervisi, melaksanakan program supervisi
dan memanfaatkan hasil dari supervisi. 5) kepala sekolah sebagai motivator
mampu menciptakan lingkungan kerja yang baik, menciptakan suasana kerja yang
baik dan bijaksana dalam memberikan hukuman ataupun penghargaan terhadap
warga sekolah. Yang dilakukan kepala sekolah dalam membangun komunikasi
yang efektif dengan orang tua peserta didik di MIN 7 Bone mulai dari
mengadakan rapat pertemuan dengan orang tua peserta didik dan juga
mengadakan kegiatan-kegiatan lain dan kemudian mengundang orang tua pesrta
didik untuk berpartisipasi didalamnya guna membangun hubungan yang baik
dengan orang tua peserta didik.
A. Kesimpulan
Berdasarkan hasil penelitian yang dilakukan di MIN 7 Bone Kec. Tanete
Riattang Kab. Bone dapat disimpulkan bahwa:
1. Peran Manajemen kepala sekolah di MIN 7 Bone
Peran manajemen kepala sekolah di MIN 7 Bone telah dilaksanakan
dengan baik. Hal ini dapat di lihat dari pelaksanaan peran kepala sekolah
yaitu;
a. Kepala sekolah sebagai manajer; kepala sekolah melakukan
penyusunan program sekolah dengan cara mengadakan rapat,
kepala sekolah juga dapat mengembangkan staf (guru dan
karyawan) dengan memberikan pelatihan-pelatihan kepada mereka,
dan juga kepala sekolah dapat mengoptimalisasikan sumber daya
sekolah dengan baik.
b. Kepala sekolah sebagai leader; kepala sekolah telah menyusun visi
misi sekolah, kepala sekolah mampu mengambil keputusan yang
baik dengan cara melakukan pertemuan dengan para staf guru
maupun karyawan guna mengumpulkan ide-ide dan pendapat
mereka, kepala sekolah mampu berkomunikasi dengan baik dengan
para bawahan.
c. Kepala sekolah sebagai administrator; kepala sekolah mampu
mengelola administrasi persuratan, dalam hal ini kepala sekolah
menyediakan kelengkapan administrasi baik itu kelengkapan surat
menyurat maupun kelengkapan administrasi lainnya.
d. Kepala sekolah sebagai supervisor; kepala sekolah menyusun
program supervisi dengan cara mengadakan rapat penyusunan
program supervisi, kepala sekolah mengadakan supervisi akademik
dan supervisi administrasi, dan juga kepala sekolah melakukan
pemanfaatan terhadap hasil supervisi dengan cara menindak lanjuti
kendala kendala yang ditemui pada saat melaksanakan supervisi.
e. Kepala sekolah sebagai motivator; kepala sekolah mampu
menggerakkan warga sekolah untuk melakukan gotong royong
menyusun prabot sekolah dan juga menjaga kebersihan sekolah
sehingga terciptalah lingkungan kerja yang baik dan nyaman, kepala
sekolah mampu mengatur suasana kerja yang baik, dan kepala
sekolah mampu menetapkan prinsip penghargaan dan hukuman
terhadap warga sekolah.
2. Peran manajemen kepala sekolah dalam membangun komunikasi yang
efektif dengan orang tua peserta didik di MIN 7 Bone
Dalam hal membangun komunikasi yang efektif dengan orang tua
peserta didik, kepala sekolah min 7 bone mengadakan berbagai kegiatan
yang kemudian melibatkan orang tua peserta didik dengan maksud agar
tercipta hubungan yang baik antara sekolah dan orang tua peserta didik.
Dalam kegiatan pertemuan dengan orang tua peserta didik, kepala sekolah
menyampaikan informasi-informasi terkait dengan kondisi sekolah dan
pentingnya peran serta orang tua peserta didik dalam kegiatan sekolah
dengan maksud dan tujuan untuk memotivasi para orang tua peserta didik
agar mau bekerja sama demi tercapainya tujuan lembaga pendidikan namun
ada saja orang tua peserta didik yang tidak dapat berpartisipasi atau
menghadiri kegiatan yang diadakan tersebut.
B. Saran
Setelah penulis menguraikan kesimpulan di atas, maka dibawah ini akan
peneliti uraikan yang berisi saran-saran, adapun saran yang peneliti maksud
adalah:
1. Bagi kepala sekolah MIN 7 Bone yang memiliki peran sangat penting dalam
hal membangun komunikasi yang efektif dengan orang tua peserta didik,
diharapkan agar kepala sekolah senantiasa melakukan pendekatan kepada
orang tua peserta didik agar mereka mau berpartisipasi dalam kegiatan-
kegiatan sekolah.
2. Bagi guru MIN 7 Bone lebih meningkatkan komunikasinya dengan orang
tua siswa agar ketika ada siswa yang bermasalah dapat di selesaikan
secepatnya.
3. Bagi para warga sekolah MIN 7 Bone diharapkan dapat menjaga komitmen
dan kerja sama yang baik dengan sesama, agar dapat mencapai tujuan
sekolah yang baik dan sesuai harapan.
Membangun Komunikasi Yang Efektif Dengan Orang Tua Peserta Didik di MIN 7
Bone. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana peran
manajemen kepala sekolah dalam membangun komunikasi yang efektif dengan
orang tua peserta didik di MIN 7 Bone. Jenis penelitian adalah penelitian kualitatif
(qualitatif research) dengan menggunakan pendekatan manajemen dan
pendekatan psikologis. Teknik pengunpulan data yaitu wawancara, observasi, dan
dokumentasi, sumber data pada penelitian ini adalah sumber data primer dan
sekunder. Data yang diperoleh kemudian dianalisis dengan metode reduksi data,
penyajian data serta penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa
1) kepala sekolah sebagai manajer telah menyusun program sekolah, memberikan
pelatihan kepada para staf, dan mengoptimalisasikan sumber daya sekolah dengan
baik. 2) kepala sekolah sebagai leader mampu menyusun visi misi sekolah,
mampu mengambil keputusan dengan bijak dan mampu berkomunikasi dengan
baik dengan bawahan. 3) kepala sekolah sebagai administrator mampu mengelola
administrasi sarana prasarana dan administrasi persuratan. 4) kepala sebagai
supervisor telah menyusun program supervisi, melaksanakan program supervisi
dan memanfaatkan hasil dari supervisi. 5) kepala sekolah sebagai motivator
mampu menciptakan lingkungan kerja yang baik, menciptakan suasana kerja yang
baik dan bijaksana dalam memberikan hukuman ataupun penghargaan terhadap
warga sekolah. Yang dilakukan kepala sekolah dalam membangun komunikasi
yang efektif dengan orang tua peserta didik di MIN 7 Bone mulai dari
mengadakan rapat pertemuan dengan orang tua peserta didik dan juga
mengadakan kegiatan-kegiatan lain dan kemudian mengundang orang tua pesrta
didik untuk berpartisipasi didalamnya guna membangun hubungan yang baik
dengan orang tua peserta didik.
A. Kesimpulan
Berdasarkan hasil penelitian yang dilakukan di MIN 7 Bone Kec. Tanete
Riattang Kab. Bone dapat disimpulkan bahwa:
1. Peran Manajemen kepala sekolah di MIN 7 Bone
Peran manajemen kepala sekolah di MIN 7 Bone telah dilaksanakan
dengan baik. Hal ini dapat di lihat dari pelaksanaan peran kepala sekolah
yaitu;
a. Kepala sekolah sebagai manajer; kepala sekolah melakukan
penyusunan program sekolah dengan cara mengadakan rapat,
kepala sekolah juga dapat mengembangkan staf (guru dan
karyawan) dengan memberikan pelatihan-pelatihan kepada mereka,
dan juga kepala sekolah dapat mengoptimalisasikan sumber daya
sekolah dengan baik.
b. Kepala sekolah sebagai leader; kepala sekolah telah menyusun visi
misi sekolah, kepala sekolah mampu mengambil keputusan yang
baik dengan cara melakukan pertemuan dengan para staf guru
maupun karyawan guna mengumpulkan ide-ide dan pendapat
mereka, kepala sekolah mampu berkomunikasi dengan baik dengan
para bawahan.
c. Kepala sekolah sebagai administrator; kepala sekolah mampu
mengelola administrasi persuratan, dalam hal ini kepala sekolah
menyediakan kelengkapan administrasi baik itu kelengkapan surat
menyurat maupun kelengkapan administrasi lainnya.
d. Kepala sekolah sebagai supervisor; kepala sekolah menyusun
program supervisi dengan cara mengadakan rapat penyusunan
program supervisi, kepala sekolah mengadakan supervisi akademik
dan supervisi administrasi, dan juga kepala sekolah melakukan
pemanfaatan terhadap hasil supervisi dengan cara menindak lanjuti
kendala kendala yang ditemui pada saat melaksanakan supervisi.
e. Kepala sekolah sebagai motivator; kepala sekolah mampu
menggerakkan warga sekolah untuk melakukan gotong royong
menyusun prabot sekolah dan juga menjaga kebersihan sekolah
sehingga terciptalah lingkungan kerja yang baik dan nyaman, kepala
sekolah mampu mengatur suasana kerja yang baik, dan kepala
sekolah mampu menetapkan prinsip penghargaan dan hukuman
terhadap warga sekolah.
2. Peran manajemen kepala sekolah dalam membangun komunikasi yang
efektif dengan orang tua peserta didik di MIN 7 Bone
Dalam hal membangun komunikasi yang efektif dengan orang tua
peserta didik, kepala sekolah min 7 bone mengadakan berbagai kegiatan
yang kemudian melibatkan orang tua peserta didik dengan maksud agar
tercipta hubungan yang baik antara sekolah dan orang tua peserta didik.
Dalam kegiatan pertemuan dengan orang tua peserta didik, kepala sekolah
menyampaikan informasi-informasi terkait dengan kondisi sekolah dan
pentingnya peran serta orang tua peserta didik dalam kegiatan sekolah
dengan maksud dan tujuan untuk memotivasi para orang tua peserta didik
agar mau bekerja sama demi tercapainya tujuan lembaga pendidikan namun
ada saja orang tua peserta didik yang tidak dapat berpartisipasi atau
menghadiri kegiatan yang diadakan tersebut.
B. Saran
Setelah penulis menguraikan kesimpulan di atas, maka dibawah ini akan
peneliti uraikan yang berisi saran-saran, adapun saran yang peneliti maksud
adalah:
1. Bagi kepala sekolah MIN 7 Bone yang memiliki peran sangat penting dalam
hal membangun komunikasi yang efektif dengan orang tua peserta didik,
diharapkan agar kepala sekolah senantiasa melakukan pendekatan kepada
orang tua peserta didik agar mereka mau berpartisipasi dalam kegiatan-
kegiatan sekolah.
2. Bagi guru MIN 7 Bone lebih meningkatkan komunikasinya dengan orang
tua siswa agar ketika ada siswa yang bermasalah dapat di selesaikan
secepatnya.
3. Bagi para warga sekolah MIN 7 Bone diharapkan dapat menjaga komitmen
dan kerja sama yang baik dengan sesama, agar dapat mencapai tujuan
sekolah yang baik dan sesuai harapan.
Ketersediaan
| STAR20240180 | 180/2024 | Perpustakaan Pusat | Tersedia |
Informasi Detil
Judul Seri
-
No. Panggil
180/2024
Penerbit
IAIN BONE : Watampone., 2024
Deskripsi Fisik
-
Bahasa
Indonesia
ISBN/ISSN
-
Klasifikasi
Skripsi Tarbiyah
Informasi Detil
Tipe Isi
-
Tipe Media
-
Tipe Pembawa
-
Edisi
-
Subyek
Info Detil Spesifik
-
Pernyataan Tanggungjawab
-
Tidak tersedia versi lain
