Implementasi Manajemen Perubahan Dalam Meningkatkan Akreditasi di SMKN 4 Bon

No image available for this title
Skripsi ini membahas tentang Implementasi Manajemen Perubahan Dalam
Meningkatkan Akreditasi di SMKN 4 Bone. Penelitian ini bertujuan untuk
mengetahui sejauh Implementasi Manajemen Perubahan Dalam Meningkatkan
Akreditasi. dalam hal ini adalah Manajemen Perubahan dan Peningkatan Akreditasi
di SMKN 4 Bone.
Untuk memudahkan memecahkan masalah tersebut di atas ,digunakan
metode penelitian kulitatif dengan menggunakan teknik observasi, wawancara dan
dokumentasi.Data yang diperoleh diolah dengan metode kualitatif, reduksi data,
penyajian data dan penarikan kesimpulan.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa pertama, manajemen perubahan di
SMKN 4 Bone sudah baik terlihat bahwa Keempat tahap manajemen perubahan
dilaksanakan untuk mencapai tujuan yang diinginkan, mulai dari mengetahui
akreditasi apa yang didapatkan sekarang, mengetahui kekuatan, kelemahan,
peluang dan hambatan/ancaman, dan kepala sekolah yang sering mengikuti
pelatihan untuk meningkatkan kompotensi dan kinerjanya, menempatkan orang
sesuai pada tempatnya sesuai dengan keahlian yang dimiliki, sering melakukan
monitoring dan tahap evluasi sebagai bentuk untuk mengetahui sejauh mana
pencapaian tujuan. Kedua, peningkatan akreditasi mengacu pada komponen
akreditasi yaitu standar isi, standar proses, standar lulusan, standar pendidik dan
tenaga kependidikan, standar sarana dan prasarana, standar pengelolaan, standar
pembiayaan, dan standar penilaian sudah ada yang sudah memenuhi standar akan
tetapi masih ada beberapa juga yang masih belum memenuhi standar, seperti
standar pendidik dan tenaga kependidikan masih belum memenuhi kriteria karena
masih ada guru yang bertugas belum memenuhi standar dan mindset guru untuk
memperbaiki administrasinya masih perlu ditingkatkan, dan standar sarana dan
prasarana masih kurang sebagai bentuk penunjang untuk membantu menaikkan
akreditasi begitu pula dalam membantu para warga sekolah untuk melaksanakan
tugasnya dengan baik.
A. Simpulan
Berdasarkan hasil penelitian dan pembahasan dapat ditarik kesimpulan
bahwa :
1. Manajemen perubahan di SMKN 4 Bone sudah baik, berdasarkan hasil
wawancara, observasi, dan dokumentasi terlihat bahwa dalam
melaksanakan kegiatan manajemen perubahan dengan 4 tahap yaitu
where we now ( di mana kita sekarang ), where do we want to go ( ke
arah mana kita akan menuju ), how can we get there ( bagaimana caranya
kita sampai ke sana ), dan yang terakhir what dit we achieve ( apakah
kita sudah sampai ). Keempat tahap tersebut dillaksanakan untuk
mencapai tujuan yang diinginkan, mulai dari mengetahui akreditasi apa
yang didapatkan sekarang, mengetahui kekuatan, kelemahan, peluang
dan hambatan/ancaman, dan kepala sekolah yang sering mengikuti
pelatihan
untuk
meningkatkan
kompotensi
dan
kinerjanya,
menempatkan orang sesuai pada tempatnya sesuai dengan keahlian yang
dimiliki, sering melakukan monitoring dan tahap evluasi sebagai bentuk
untuk mengetahui sejauh mana pencapaian tujuan.
2. Peningkatan akreditasi di SMKN 4 Bone sudah cukup baik. Berdasarkan
hasil wawancara, observasi, dan dokumentasi terlihat bahwa dari
beberapa komponen akreditasi yaitu standar isi, standar proses, standar
lulusan, standar pendidik dan tenaga kependidikan, standar sarana dan
prasarana, standar pengelolaan, standar pembiayaan, dan standar
penilaian sudah ada yang sudah memenuhi standar akan tetapi masih
ada beberapa juga yang masih belum memenuhi standar, seperti standar
pendidik dan tenaga kependidikan masih belum memenuhi kriteria
karena masih ada guru yang bertugas belum memenuhi standar dan
mindset guru untuk memperbaiki administrasinya masih perlu
ditingkatkan, dan standar sarana dan prasarana masih kurang sebagai
bentuk penunjang untuk membantu menaikkan akreditasi begitu pula
dalam membantu para warga sekolah untuk melaksanakan tugasnya
dengan baik.
B. Saran
Sebagai akhir dari penelitian skripsi ini, dengan mendasar pada penelitian
yang peneliti lakukan, maka peneliti ingin memberikan saran yang mungkin
dapat menjadi bahan masukan, antara lain sebagai berikut :
1. Baik kepala sekolah maupun wakil kepala sekolah sebagai pimpinan
dalam sekolah senantiasa tetap mengarahkan dan tetap memberikan
motivasi kepada seluruh warga sekolah untuk tetap melaksanakan
tugasnya dengan baik sesuai jalur yang telah ditentukan.
2. Diharapkan kepada tenaga pendidik dan tenaga kependidikan
diharapkan selalu sadar akan tanggungjawabnya dan melaksanakan
pekerjaan dan tugas yang diberikan dengan baik, serta langsung
melaporkan terkait hambatan atau yang menjadi faktor penghalang
dalam pelaksanaan tugas ke kepala sekolah dan wakil kepala sekolah,
serta
senantiasa melengkapi dokumen-dokumen penting dan menyimpannya sebaik
mungkin sebagai penunjang dalam meningkatkan akreditasi
3. Diharapkan kepada seluruh warga sekolah untuk tetap menjaga
lingkungan sekolah, baik sarana dan prasaran sekolah harus dijaga dan
dirawat sebaik mungkin karena faktor tersebut lah yang menjadi
penunjang besar dalam menigkatkan akreditasi sekolah kedepannya.
Ketersediaan
STAR20230417417/2023Perpustakaan PusatTersedia
Informasi Detil
Judul Seri

-

No. Panggil

417/2023

Penerbit

IAIN BONE : Watampone.,

Deskripsi Fisik

-

Bahasa

Indonesia

ISBN/ISSN

-

Klasifikasi

Skripsi Tarbiyah

Informasi Detil
Tipe Isi

-

Tipe Media

-

Tipe Pembawa

-

Edisi

-

Info Detil Spesifik

-

Pernyataan Tanggungjawab
Tidak tersedia versi lain

Advanced Search

Gak perlu repot seting ini itu GRATIS SetUp ,Mengonlinekan SLiMS Di Internet Karena pesan web di Desawarna.com Siap : 085740069967

Pilih Bahasa

Gratis Mengonlinekan SLiMS

Gak perlu repot seting ini itu buat mengonlinekan SLiMS.
GRATIS SetUp ,Mengonlinekan SLiMS Di Internet
Karena pesan web di Desawarna.com
Kontak WhatsApp :

Siap : 085740069967

Template Perpustakaan Desawarna

Kami berharap Template SLiMS ini dapat dimanfaatkan dengan sebaik-baiknya sebagai template SLiMS bagi semua SLiMerS, serta mampu memberikan dukungan dalam pencapaian tujuan pengembangan perpustakaan dan kearsipan.. Aamiin

Top