Upaya Guru Dalam Membantu Anak Menyesuaikan Diri Terhadap Lingkungan Sekolah TK Aisyah Bustanul Atfal Kelurahan Biru Kab.Bone

No image available for this title
Skripsi ini membahas tentang upaya guru dalam membantu anak
menyesuaikan diri terhadap lingkungan sekolah TK Aisiyah Bustanul Athfal
Kelurahan Biru Kabupaten Bone. Pokok permasalahan pada penelitian ini ada dua
yaitu Bagaimana gambaran penyesuaian diri di lingkungan sekolah di TK Aisiyah
Bustanul Athfal Kelurahan Biru Kab. Bone dan Bagaimana upaya guru dalam
membantu anak menyesuaikan diri di lingkungan sekolah di TK Aisiyah Bustanul
Athfal Kelurahan Biru Kab. Bone.
Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian kualitatif dengan
pendekatan lapangan. Penelitian ini menggunakan observasi, wawancara dan
dokumentasi sebagai teknik pengumpulan data. Melakukan analisis data melalui tiga
proses yaitu reduksi data, display data dan penarikan kesimpulan atau verifikasi.
Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi gambaran kemampuan anak
dalam menyesuaikan diri dengan lingkungan sekolah serta menganalisis upaya guru
dalam membantu proses penyesuaian diri tersebut. Fokus penelitian ini adalah anak-
anak TK Aisyiyah Bustanul Athfal di Kelurahan Biru, Kabupaten Bone.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa kemampuan anak didik dalam
menyesuaikan diri meliputi kemampuan mengatasi kesulitan, mengelola perasaan
yang tidak menyenangkan, dan menjaga hubungan sosial dengan teman sebaya.
Dalam mendukung perkembangan kemampuan ini, guru memiliki tiga langkah
strategis: memberikan pemahaman tentang aturan yang berlaku di sekolah,
mengajarkan cara melindungi diri sendiri dan lingkungan, serta menanamkan rasa
empati terhadap orang lain. Upaya ini dirancang untuk menciptakan lingkungan
belajar yang mendukung dan membantu anak-anak membangun keterampilan sosial
serta emosional yang diperlukan untuk adaptasi di lingkungan sekolah. Hasil
penelitian ini diharapkan dapat menjadi referensi bagi para pendidik dalam
meningkatkan kemampuan penyesuaian diri anak didik secara efektif.
A. Kesimpulan
Berdasarkan penelitian yang dilakukan oleh peneliti mengenai Upaya
Guru dalam Membantu Anak Menyesuaikan Diri Terhadap Lingkungan
Sekolah di TK Aisiyah Bustanul Athfal Kelurahan Biru Kabupaten Bone,
maka yang menjadi simpulan pada pembahasan skripsi ini yaitu sebagai
berikut.
1. Gambaran Penyesuaian Diri Anak Didik Di Lingkungan Sekolah Di
TK Aisiyah Bustanul Athfal Kelurahan Biru Kabupaten Bone
a. Kemampuan anak didik untuk mengatasi kesulitan yang dihadapi yaitu
dengan menangis ataupun meminta bantuan kepada ibu guru anak
ketika sedang berada di lingkungan sekolah.
b. Perilaku anak yang menunjukkan bahwa kemampuan anak didik untuk
menguasai perasaan yang tidak menyenangkan diekspresikan dengan
tindakan menangis dan marah. Hal ini dilakukan untuk meluapkan
emosi yang dimiliki oleh anak sampai perasaan tersebut habis melalui
ekspresi yang di munculkan oleh anak tersebut.
c. Kemampuan anak didik untuk menjaga hubungan dengan teman
sebaya terlihat melalui perilaku anak dengan membantu teman yang
kesusahan, rukun ketika bermain bersama, serta mampu bersosialisasi
dengan baik bersama teman sebaya.
2. langkah-langkah yang dilakukan oleh guru sebagai bentuk upaya
untuk mendukung anak-anak dalam proses penyesuaian diri di
lingkungan sekolah TK Aisyiyah Bustanul Athfal, Kelurahan Biru,
Kabupaten Bone
a. Upaya guru melalui pemberian pemahaman aturan perilaku sosial
dilakukan dengan arahan tidak boleh mengejek sesama teman, rukun
dalam bermain bersama, saling berbagi dan saling tolong menolong.
Upaya guru dalam pemberian pemahaman penjagaan diri dan
lingkungan dilakukan melalui kegiatan pendampingan serta arahan
agar anak didik selalu bersikap hati-hati dan waspada ketika
melakukan suatu hal atau berada pada suatu lingkungan tertentu.
b. Upaya guru dalam menanamkan rasa empati kepada anak dilakukan
dengan cara memberikan pemahaman kepada anak didik tentang
pentingnya saling tolong menolong dengan sesama, menjenguk teman
yang sakit, serta diajarkan tentang saling berbagi.
B. Implikasi
Beranjak dari ungakapan yang dikemukakan sebelumnya, peneliti
dapat memberikan gambaran implikasi penelitian yang telah dilakukan yaitu
sebagai berikut.
a. Kepada guru, dihrarapkan dapat mempertahankan citra serta perilaku
pendidik yang telah terbangun untuk mendukung pelaksanaan upaya guru
dalam membantu anak didik untuk menyesuaikan diri dengan lingkungan
sekitar.
b. Kepada lembaga pendidikan dalam hal ini TK Bustanul Atfhal Kelurahan
Biru Kabupaten Bone agar dapat mempertahankan sistem yang telah
berjalan demi mendukung pelaksanaan upaya guru dalam membantu anak
didik untuk menyesuaikan diri dengan lingkungan sekitar.
c. Bagi para peneliti selanjutnya, diharapkan untuk memberikan penelitian
yang bersifat kebaharuan mengenai upaya guru dalam membantu anak
didik untuk menyesuaikan diri dengan lingkungan sekitar.
Ketersediaan
STAR20240296296/2024Perpustakaan PusatTersedia
Informasi Detil
Judul Seri

-

No. Panggil

293/2024

Penerbit

IAIN BONE : Watampone.,

Deskripsi Fisik

-

Bahasa

Indonesia

ISBN/ISSN

-

Klasifikasi

Skripsi Tarbiyah

Informasi Detil
Tipe Isi

-

Tipe Media

-

Tipe Pembawa

-

Edisi

-

Info Detil Spesifik

-

Pernyataan Tanggungjawab
Tidak tersedia versi lain

Advanced Search

Gak perlu repot seting ini itu GRATIS SetUp ,Mengonlinekan SLiMS Di Internet Karena pesan web di Desawarna.com Siap : 085740069967

Pilih Bahasa

Gratis Mengonlinekan SLiMS

Gak perlu repot seting ini itu buat mengonlinekan SLiMS.
GRATIS SetUp ,Mengonlinekan SLiMS Di Internet
Karena pesan web di Desawarna.com
Kontak WhatsApp :

Siap : 085740069967

Template Perpustakaan Desawarna

Kami berharap Template SLiMS ini dapat dimanfaatkan dengan sebaik-baiknya sebagai template SLiMS bagi semua SLiMerS, serta mampu memberikan dukungan dalam pencapaian tujuan pengembangan perpustakaan dan kearsipan.. Aamiin

Top