Pengaruh Kualitas Layanan Dan Fitur Muamalat Din Terhadap Kepuasan Nasabah ( Studi Pada Nasabah Bank Muamalat Di Iain Bone )

No image available for this title
Permasalahan yang diteliti dalam penelitian ini adalah seputar kualitas layanan,
fitur Muamalat DIN terhadap kepuasan nasabah. Tujuan dari penelitian ini adalah
untuk mengetahui pengaruh kualitas layanan dan fitur Muamalat DIN terhadap
kepuasan nasabah.
Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan teknik pengumpulan
data melalui angket penelitan yang disebarkan kepada nasabah Bank Muamalat.
Populasi dalam penelitian ini adalah nasabah Bank Muamalat di lingkungan IAIN
Bone. Adapun sampel dalam penelitian ini sebanyak 60 responden. Teknik analisis data
yang digunakan terdiri dari uji validitas, uji reliabilitas, uji normalitas, uji linearitas, uji
regresi linear berganda, uji t, uji F, dan uji koefisien determinasi.
Hasil dari penelitian ini Berdasarkan hasil analisis data bahwa kualitas layanan
(X1) dan fitur Muamalat DIN (X2) bersama-sama berpengaruh signifikan terhadap
kepuasan nasabah. Sementara nilai R sebesar 0,693 yang menujukan bahwa hubungan
variabel kualitas layanan dan fitur Muamalat DIN tergolong kuat. Kemudian untuk
nilai R 2 diperoleh sebesar 0,480 yang berarti bahwa pengaruh kualitas layanan (X1)
dan fitur Muamalat DIN (X2) terhadap kepuasan nasabah (Y) sebesar 48% dan sisanya
52% dipengaruhi oleh faktor lain.
A. Kesimpulan
Berdasarkan hasil analisis dan pembahasan yang telah dipaparkan
sebelumnya, maka dapat diberikan suatu kesimpulan
1. Berdasarkan hasil pengujian hipotesis H 1 menunjukkan bahwa kualitas
layanan tidak berpengaruh signifikan terhadap kepuasan nasabah. kemudian
memiliki nilai koefisien regresi yang positif. Hal tersebut menunjukkan bahwa
ada hubungan searah antara variabel kualitas layanan dengan kepuasan
nasabah.
2. Berdasarkan hasil pengujian hipotesis H 2 yaitu uji t menujukkan bahwa fitur
Muamalat DIN berpengaruh signifikan terhadap kepuasan nasabah dan
memiliki nilai koefisien regresi variabel fitur Muamalat DIN yang positif. Hal
tersebut menunjukkan bahwa ada hubungan searah antara variabel fitur
Muamalat DIN dengan kepuasan nasabah.
3. Berdasarkan hasil pengujian hipotesis H 3 yaitu uji F menunjukkan bahwa
kualitas layanan (X1) dan fitur Muamalat DIN (X2) bersama-sama
berpengaruh signifikan terhadap kepuasan nasabah.
B. Saran
1. Dari segi kualitas pelayanan, bank syariah diharapkan dapat memberikan
pelayanan secara maksimal kepada nasabah, agar kepuasan nasabah dapat
tercapai.
2. Bagi peneliti selanjutnya, agar dapat memperluas cakupan lokasi penelitian
untuk memperkuat penelitian yang dilakukan serta melakukan metode
penelitian yang lain.
Ketersediaan
SFEBI20230183183/2023Perpustakaan PusatTersedia
Informasi Detil
Judul Seri

-

No. Panggil

183/2023

Penerbit

IAIN BONE : Watampone.,

Deskripsi Fisik

-

Bahasa

Indonesia

ISBN/ISSN

-

Klasifikasi

Skripsi FEBI

Informasi Detil
Tipe Isi

-

Tipe Media

-

Tipe Pembawa

-

Edisi

-

Info Detil Spesifik

-

Pernyataan Tanggungjawab
Tidak tersedia versi lain

Advanced Search

Gak perlu repot seting ini itu GRATIS SetUp ,Mengonlinekan SLiMS Di Internet Karena pesan web di Desawarna.com Siap : 085740069967

Pilih Bahasa

Gratis Mengonlinekan SLiMS

Gak perlu repot seting ini itu buat mengonlinekan SLiMS.
GRATIS SetUp ,Mengonlinekan SLiMS Di Internet
Karena pesan web di Desawarna.com
Kontak WhatsApp :

Siap : 085740069967

Template Perpustakaan Desawarna

Kami berharap Template SLiMS ini dapat dimanfaatkan dengan sebaik-baiknya sebagai template SLiMS bagi semua SLiMerS, serta mampu memberikan dukungan dalam pencapaian tujuan pengembangan perpustakaan dan kearsipan.. Aamiin

Top