Pengaruh Shariah Governance Dan Kualitas Pelayanan Terhadap Keputusan Menabung Dengan Brand Image Sebagai Variabel Intervening (Studi Pada Nasabah Bank Syariah Indonesia (BSI) Kab.Bone)
Selfiana Safitri/612062019045 - Personal Name
Skripsi ini membahas mengenai pengaruh shariah governance dan kualitas pelayanan
terhadap keputusan menabung dengan brand image sebagai variabel intervening pada
nasabah Bank Syariah Indonesia (BSI) Kabupaten Bone. Penelitian ini dilakukan
untuk mengetahui pengaruh brand image dalam memediasi shariah governance dan
kualitas pelayanan terhadap keputusan menabung nasabah Bank Syariah Indonesia
Kab. Bone. Dengan tujuan penelitian tersebut, maka penelitian ini merupakan jenis
penelitian bersifat ex-post facto dengan pendekatan kuantitatif. Tehnik pengambilan
sampel menggunakan tehnik simple random sampling dengan sampel 100 nasabah.
Pengolahan data dalam penelitian ini menggunakan aplikasi SmartPLS for Students.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Variabel Shariah governance (X₁)
berpengaruh positif dan tidak signifikan terhadap keputusan menabung (Y) nasabah
Bank Syariah Indonesia, (2) Kualitas pelayanan (X₂) berpengaruh positif dan
signifikan terhadap keputusan menabung (Y) nasabah Bank Syariah Indonesia, (3)
Brand image (Z) berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan menabung
(Y) nasabah bank syariah Indonesia, (4) Shariah governance (X₁) berpengaruh positif
dan signifikan terhadap brand image (Z) bank syariah Indonesia, (5) Kualitas
pelayanan (X₂) berpengaruh positif dan signifikan terhadap brand image (Z) Bank
Syariah Indonesia, (6) Shariah governance (X₁) berpengaruh positif dan tidak
signifikan terhadap keputusan menabung (Y) nasabah bank syariah Indonesia melalui
brand image (Z), (7) Kualitas pelayanan (X₂) berpengaruh positif dan signifikan
terhadap keputusan menabung (Y) nasabah Bank Syariah Indonesia melalui brand
image (Z).
A. Kesimpulan
Dari hasil analisis dan pembahasan yang telah dibahas pada bab IV, maka
dapat ditarik kesimpulan untuk menjawab pertanyaan-pertanyaan penelitian yang
telah dirumuskan pada bab I dalam skripsi ini. Adapun kesimpulan yang dapat
ditarik, yaitu sebagai berikut:
1. Shariah governance berpengaruh positif dan tidak signifikan terhadap
keputusan menabung nasabah Bank Syariah Indonesia. Artinya, hipotesis
yang diajukan tidak terbukti. Maknanya, pengaruh tidak signifikan dan positif
menunjukkan bahwa shariah governance memiliki potensi dalam menarik
perhatian nasabah untuk menabung di Bank Syariah Indonesia (BSI) kab.
Bone.
2. Kualitas pelayanan berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan
menabung nasabah Bank Syariah Indonesia. Artinya, hipotesis yang diajukan
terbukti. Maknanya, pengaruh signifikan dan positif menunjukkan bahwa
bank syariah Indonesia memiliki kualitas pelayanan yang baik menurut
nasabahnya, sehingga akan mendorong masyarakat ingin menabung di bank
syariah Indonesia. Sehingga kualitas pelayanan yang diterapkan oleh Bank
Syariah Indonesia (BSI) dapat membentuk keputusan menabung nasabah.
3. Brand image berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan
menabung nasabah bank syariah Indonesia. Artinya, hipotesis yang diajukan
terbukti. Maknanya, pengaruh signifikan dan positif menunjukkan bahwa
bank syariah Indonesia memiliki brand image yang baik menurut
nasabahnya, sehingga akan mendorong masyarakat ingin menabung di bank
syariah Indonesia. Sehingga brand image bank syariah Indonesia dapat
membentuk keputusan menabung nasabah Bank Syariah Indonesia (BSI) kab.
Bone.
4. Shariah governance berpengaruh positif dan signifikan terhadap brand image
bank syariah Indonesia. Artinya, hipotesis yang diajukan terbukti. Maknanya,
pengaruh signifikan dan positif menunjukkan bahwa bank syariah Indonesia
memiliki sistem pengelolaan yang baik, sehingga dapat menunjukkan bahwa
bank syariah Indonesia memiliki brand image yang baik. Sehingga shariah
governance bank syariah Indonesia dapat membentuk brand image Bank
Syariah Indonesia (BSI) kab. Bone.
5. Kualitas pelayanan berpengaruh positif dan signifikan terhadap brand image
Bank Syariah Indonesia. Artinya, hipotesis yang diajukan terbukti. Maknanya,
pengaruh signifikan dan positif menunjukkan bahwa bank syariah Indonesia
memiliki kualitas pelayanan yang baik menurut nasabahnya, sehingga akan
menunjukkan bahwa bank syariah Indonesia memiliki brand yang baik.
Sehingga kualitas pelayanan dapat membentuk brand image Bank Syariah
Indonesia (BSI) kab. Bone.
6. Shariah governance berpengaruh positif dan tidak signifikan terhadap
keputusan menabung nasabah bank syariah Indonesia melalui brand image.
Artinya, hipotesis yang diajukan tidak terbukti. Maknanya, pengaruh tidak
signifikan secara tidak langsung dan nilai positif pada T-statistik
menunjukkan bahwa brand image tidak dapat memediasi shariah governance
dalam membentuk keputusan menabung nasabah Bank Syariah Indonesia
(BSI) kab. Bone. Akan tetapi shariah governance memiliki potensi untuk
mempengaruhi variabel tersebut.
7. Kualitas pelayanan berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan
menabung nasabah Bank Syariah Indonesia melalui brand image. Artinya,
hipotesis yang diajukan terbukti. Maknanya, pengaruh signifikan secara tidak
langsung dan nilai positif pada T-statistik menunjukkan bahwa brand image
Bank Syariah Indonesia memiliki brand image yang baik menrut nasabahnya,
sehingga dapat memediasi kualitas pelayanan dan mendorong masyarakat
memilih menabung di Bank Syariah Indonesia. Artinya brand image dapat
memediasi kualitas pelayanan dalam membentuk keputusan menabung
nasabah Bank Syariah Indonesia (BSI) kab. Bone.
B. Saran
Suatu penelitian akan memiliki arti jika dapat memberikan kontribusi atau
manfaat bagi pembaca maupun penelitian berikutnya. Saran-saran yang diberikan
dalam penelitian ini antara lain:
1. Bagi pihak Bank Syariah Indonesia (BSI) di kabupaten Bone. Berdasarkan
kesimpulan bahwa secara langsung brand image berpengaruh terhadap
keputusan menabung, dan brand image dapat menjadi mediasi bagi kualitas
pelayanan, namun brand image tidak dapat memediasi shariah governance
terhadap keputusan menabung. Hal tersebut menunjukkan bahwa Bank
Syariah Indonesia (BSI) kab. Bone diharapkan dapat lebih meyakinkan
nasabah dengan meningkatkan shariah governance dan kualitas pelayanan,
sehingga brand image semakin baik dan dapat meningkatkan keputusan
menabung.
2. Hasil penelitian ini yang dituangkan dalam bentuk skripsi, masih memiliki
banyak kelemahan dari aspek teori, metode, dan data yang digunakan
sehingga dalam mengambil kesimpulan belum sempurna sebagaimana yang
diharapkan. Karena itu, para peneliti selanjutnya diharapkan dapat membaca
skripsi ini untuk dilanjutkan, agar hasilnya dapat dijadikan sebagai panduan
dalam meningkatkan jumlah keputusan nasabah menabung di Bank Syariah
Indonesia (BSI) Insya Allah, Aamiin Yaa Rabbal „Aalamiin.
terhadap keputusan menabung dengan brand image sebagai variabel intervening pada
nasabah Bank Syariah Indonesia (BSI) Kabupaten Bone. Penelitian ini dilakukan
untuk mengetahui pengaruh brand image dalam memediasi shariah governance dan
kualitas pelayanan terhadap keputusan menabung nasabah Bank Syariah Indonesia
Kab. Bone. Dengan tujuan penelitian tersebut, maka penelitian ini merupakan jenis
penelitian bersifat ex-post facto dengan pendekatan kuantitatif. Tehnik pengambilan
sampel menggunakan tehnik simple random sampling dengan sampel 100 nasabah.
Pengolahan data dalam penelitian ini menggunakan aplikasi SmartPLS for Students.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Variabel Shariah governance (X₁)
berpengaruh positif dan tidak signifikan terhadap keputusan menabung (Y) nasabah
Bank Syariah Indonesia, (2) Kualitas pelayanan (X₂) berpengaruh positif dan
signifikan terhadap keputusan menabung (Y) nasabah Bank Syariah Indonesia, (3)
Brand image (Z) berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan menabung
(Y) nasabah bank syariah Indonesia, (4) Shariah governance (X₁) berpengaruh positif
dan signifikan terhadap brand image (Z) bank syariah Indonesia, (5) Kualitas
pelayanan (X₂) berpengaruh positif dan signifikan terhadap brand image (Z) Bank
Syariah Indonesia, (6) Shariah governance (X₁) berpengaruh positif dan tidak
signifikan terhadap keputusan menabung (Y) nasabah bank syariah Indonesia melalui
brand image (Z), (7) Kualitas pelayanan (X₂) berpengaruh positif dan signifikan
terhadap keputusan menabung (Y) nasabah Bank Syariah Indonesia melalui brand
image (Z).
A. Kesimpulan
Dari hasil analisis dan pembahasan yang telah dibahas pada bab IV, maka
dapat ditarik kesimpulan untuk menjawab pertanyaan-pertanyaan penelitian yang
telah dirumuskan pada bab I dalam skripsi ini. Adapun kesimpulan yang dapat
ditarik, yaitu sebagai berikut:
1. Shariah governance berpengaruh positif dan tidak signifikan terhadap
keputusan menabung nasabah Bank Syariah Indonesia. Artinya, hipotesis
yang diajukan tidak terbukti. Maknanya, pengaruh tidak signifikan dan positif
menunjukkan bahwa shariah governance memiliki potensi dalam menarik
perhatian nasabah untuk menabung di Bank Syariah Indonesia (BSI) kab.
Bone.
2. Kualitas pelayanan berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan
menabung nasabah Bank Syariah Indonesia. Artinya, hipotesis yang diajukan
terbukti. Maknanya, pengaruh signifikan dan positif menunjukkan bahwa
bank syariah Indonesia memiliki kualitas pelayanan yang baik menurut
nasabahnya, sehingga akan mendorong masyarakat ingin menabung di bank
syariah Indonesia. Sehingga kualitas pelayanan yang diterapkan oleh Bank
Syariah Indonesia (BSI) dapat membentuk keputusan menabung nasabah.
3. Brand image berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan
menabung nasabah bank syariah Indonesia. Artinya, hipotesis yang diajukan
terbukti. Maknanya, pengaruh signifikan dan positif menunjukkan bahwa
bank syariah Indonesia memiliki brand image yang baik menurut
nasabahnya, sehingga akan mendorong masyarakat ingin menabung di bank
syariah Indonesia. Sehingga brand image bank syariah Indonesia dapat
membentuk keputusan menabung nasabah Bank Syariah Indonesia (BSI) kab.
Bone.
4. Shariah governance berpengaruh positif dan signifikan terhadap brand image
bank syariah Indonesia. Artinya, hipotesis yang diajukan terbukti. Maknanya,
pengaruh signifikan dan positif menunjukkan bahwa bank syariah Indonesia
memiliki sistem pengelolaan yang baik, sehingga dapat menunjukkan bahwa
bank syariah Indonesia memiliki brand image yang baik. Sehingga shariah
governance bank syariah Indonesia dapat membentuk brand image Bank
Syariah Indonesia (BSI) kab. Bone.
5. Kualitas pelayanan berpengaruh positif dan signifikan terhadap brand image
Bank Syariah Indonesia. Artinya, hipotesis yang diajukan terbukti. Maknanya,
pengaruh signifikan dan positif menunjukkan bahwa bank syariah Indonesia
memiliki kualitas pelayanan yang baik menurut nasabahnya, sehingga akan
menunjukkan bahwa bank syariah Indonesia memiliki brand yang baik.
Sehingga kualitas pelayanan dapat membentuk brand image Bank Syariah
Indonesia (BSI) kab. Bone.
6. Shariah governance berpengaruh positif dan tidak signifikan terhadap
keputusan menabung nasabah bank syariah Indonesia melalui brand image.
Artinya, hipotesis yang diajukan tidak terbukti. Maknanya, pengaruh tidak
signifikan secara tidak langsung dan nilai positif pada T-statistik
menunjukkan bahwa brand image tidak dapat memediasi shariah governance
dalam membentuk keputusan menabung nasabah Bank Syariah Indonesia
(BSI) kab. Bone. Akan tetapi shariah governance memiliki potensi untuk
mempengaruhi variabel tersebut.
7. Kualitas pelayanan berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan
menabung nasabah Bank Syariah Indonesia melalui brand image. Artinya,
hipotesis yang diajukan terbukti. Maknanya, pengaruh signifikan secara tidak
langsung dan nilai positif pada T-statistik menunjukkan bahwa brand image
Bank Syariah Indonesia memiliki brand image yang baik menrut nasabahnya,
sehingga dapat memediasi kualitas pelayanan dan mendorong masyarakat
memilih menabung di Bank Syariah Indonesia. Artinya brand image dapat
memediasi kualitas pelayanan dalam membentuk keputusan menabung
nasabah Bank Syariah Indonesia (BSI) kab. Bone.
B. Saran
Suatu penelitian akan memiliki arti jika dapat memberikan kontribusi atau
manfaat bagi pembaca maupun penelitian berikutnya. Saran-saran yang diberikan
dalam penelitian ini antara lain:
1. Bagi pihak Bank Syariah Indonesia (BSI) di kabupaten Bone. Berdasarkan
kesimpulan bahwa secara langsung brand image berpengaruh terhadap
keputusan menabung, dan brand image dapat menjadi mediasi bagi kualitas
pelayanan, namun brand image tidak dapat memediasi shariah governance
terhadap keputusan menabung. Hal tersebut menunjukkan bahwa Bank
Syariah Indonesia (BSI) kab. Bone diharapkan dapat lebih meyakinkan
nasabah dengan meningkatkan shariah governance dan kualitas pelayanan,
sehingga brand image semakin baik dan dapat meningkatkan keputusan
menabung.
2. Hasil penelitian ini yang dituangkan dalam bentuk skripsi, masih memiliki
banyak kelemahan dari aspek teori, metode, dan data yang digunakan
sehingga dalam mengambil kesimpulan belum sempurna sebagaimana yang
diharapkan. Karena itu, para peneliti selanjutnya diharapkan dapat membaca
skripsi ini untuk dilanjutkan, agar hasilnya dapat dijadikan sebagai panduan
dalam meningkatkan jumlah keputusan nasabah menabung di Bank Syariah
Indonesia (BSI) Insya Allah, Aamiin Yaa Rabbal „Aalamiin.
Ketersediaan
| SFEBI20230054 | 54/2023 | Perpustakaan Pusat | Tersedia |
Informasi Detil
Judul Seri
-
No. Panggil
54/2023
Penerbit
IAIN BONE : Watampone., 2023
Deskripsi Fisik
-
Bahasa
Indonesia
ISBN/ISSN
-
Klasifikasi
Skripsi FEBI
Informasi Detil
Tipe Isi
-
Tipe Media
-
Tipe Pembawa
-
Edisi
-
Subyek
Info Detil Spesifik
-
Pernyataan Tanggungjawab
-
Tidak tersedia versi lain
