Pengaruh Islamic Marketing dan Corporate Image Terhadap Kepuasan Nasabah pada Bank Syariah (Studi pada Nasabah Bank Syariah Indonesia (BSI) Kabupaten Bone)
A.Nur Yusmarliana/612062019086 - Personal Name
Skripsi ini membahas tentang pengaruh islamic marketing dan corporate
image terhadap kepuasan nasabah pada Bank Syariah Indonesia di kabupaten
Bone.pokok permasalahannya adalah bagaimana pengaruh islamic marketing dan
corporate image terhadap kepuasan nasabah pada Bank Syariah Indonesia di
kabupaten Bone. Masalah ini dianalisis dengan pendekatan kuantitatif untuk aspek
metodologinya dan pendekatan keuangan islam untuk aspek keilmuannya. Dalam
membuktikan hal ini, maka diusulkan pertanyaan penelitian, yaitu: (1) Bagaimana
pengaruh islamic marketing terhadap kepuasan nasabah pada Bank Syariah Indonesia
di kabupaten Bone? (2) Bagaimana pengaruh corporate image terhadap kepuasan
nasabah pada Bank Syariah Indonesia di kabupaten Bone? (3) Bagaimana pengaruh
islamic marketing dan corporate image secara simultan terhadap kepuasan nasabah
pada Bank Syariah Indonesia di kabupaten Bone?
Untuk menjawab pertanyaan tersebut dibutuhkan data stastistik yang
dikumpulkan melalui instrumen kuesioner (angket). Data kuesioner yang berhasil
diisi oleh responden penelitian sebanyak 100 kuesioner dan data tersebut digunakan
sebagai sampel penelitian. Data statistik yang telah dikumpulkan tersebut dianalisis
dengan Regresi Linear Berganda menggunakan aplikasi statistik SPSS versi 25, dan
hasilnya diinterpretasi dengan memperhatkan teori yang telah dikutip. Hasil dari
penelitian ini menunjukkan bahwa: (1) Islamic marketing (X1) tidak berpengaruh
signifikan terhadap kepuasan nasabah (Y). Artinya hipotesis yang diajukan terbukti.
Hal ini berarti tidak adanya pengaruh signifikan ini menunjukkan bahwa islamic
marketing tidak memiliki potensi dalam memberikan kepuasan kepada nasabah pada
Bank Syariah Indonesia di kabupaten Bone. (2) Corporate image (X2) berpengaruh
signifikan dan positif terhadap kepuasan nasabah (Y). Artinya, hipotesis yang
diajukan terbukti. Hal ini berarti pengaruh signifikan dan positif menunjukkan bahwa
corporate image memiliki potensi dalam memberikan kepuasan kepada nasabah pada
Bank Syariah Indonesia di kabupaten Bone. (3) Islamic marketing (X1) dan
corporate image (X2) berpengaruh secara simultan terhadap kepuasan nasabah (Y).
Artinya, hipotesis yang diajukan terbukti. Hal ini berarti islamic marketing dan
corporate image secra bersama-sama dapat mempengaruhi kepuasan nasabah pada
Bank Syariah Indonesia di kabupaten Bone
A. Kesimpulan
Hasil analisis dan pe i mbahasan yang dibahas pada bab IV dalam skripsi ini,
dapat ditarik ke i simpu i lan u i ntu i k me i njawab pe i rtanyaan-pe i rtanyaan pe i ne i litian yang
te i lah diru i mu i skan pada bab I dalam skripsi ini, yaitu i se i bagai be i riku i t.
1. Islamic Marke i ting (X1) tidak be i rpe i ngaru i h signifikan te i rhadap ke i pu i asan nasabah
(Y). Hal ini be i rarti pe i ngaru i h tidak signifikan te i rse i bu i t me i nu i nju i kkan bahwa
islamic marke i ting tidak dapat me i mpe i ngaru i hi ke i pu i asan nasabah Bank Syariah
Indone i sia di Kabu i pate i n Bone i .
2. Corporate i Image i (X2) be i rpe i ngaru i h positif dan signifikan te i rhadap ke i pu i asan
nasabah (Y). Artinya, hipote i sis yang diaju i kan te i rbu i kti. Hal ini be i rarti pe i ngaru i h
positif dan signifikan te i rse i bu i t me i nu i nju i kkan bahwa corporate i image i dapat
me i mpe i ngaru i hi ke i pu i asan nasabah Bank Syariah Indone i sia di Kabu i pate i n Bone i .
3. Islamic Marke i ting (X1) dan Corporate i Image i (X2) se i cara simu i ltan be i rsama-
sama be i rpe i ngaru i h te i rhadap ke i pu i asan nasabah (Y). Artinya, hipote i sis yang
diaju i kan te i rbu i kti. Hal ini be i rarti Islamic Marke i ting dan Corporate i Image i se i cara
be i rsama-sama dapat me i mpe i ngaru i hi ke i pu i asan nasabah Bank Syariah Indone i sia di
Kabu i pate i n Bone i .
B. Saran
1. Disarankan ke i pada nasabah dalam me i nabu i ng di Bank Syariah Indone i sia u i ntu i k
tidak hanya me i lihat dari corporate i image i nya saja me i lainkan ju i ga dari
bagaimana kine i rja marke i tingnya yang su i dah se i su i ai de i ngan syariah atau i tidak.
2. Hasil penelitian ini yang dituangkan dalam bentuk skripsi, masih me digu i nakan se i hingga
dalam me i ngambil ke i simpu i lan be i lu i m se i mpu i rna se i bagaimana yang diharapkan.
Kare i na itu i , bagi para pe i ne i liti se i lanju i tnya diharapkan dapat me i mbaca skripsi ini
u i ntu i k dilanju i tkan, agar hasilnya dapat dijadikan se i bagai pandu i an dalam
me i nge i mbangkan ke i ilmu i an te i ntang ke i u i angan islam ke i de i pannya.
C. Implikasi Penelitian
1. Jika ke i pu i asan nasabah hanya dilihat dari corporate i image i nya saja maka tidak
akan ada pe i rbe i daan dari le i mbaga ke i u i angan syariah dan konve i nsional.
2. Banyaknya nasabah yang me i nabu i ng di Bank Syariah Indone i sia akan
me i mbangu i n corporate i image i BSI se i hingga ke i de i pannya nasabah yang me i milih
Bank Syariah akan se i makin be i rtambah dari tahu i n ke i tahu i n.
image terhadap kepuasan nasabah pada Bank Syariah Indonesia di kabupaten
Bone.pokok permasalahannya adalah bagaimana pengaruh islamic marketing dan
corporate image terhadap kepuasan nasabah pada Bank Syariah Indonesia di
kabupaten Bone. Masalah ini dianalisis dengan pendekatan kuantitatif untuk aspek
metodologinya dan pendekatan keuangan islam untuk aspek keilmuannya. Dalam
membuktikan hal ini, maka diusulkan pertanyaan penelitian, yaitu: (1) Bagaimana
pengaruh islamic marketing terhadap kepuasan nasabah pada Bank Syariah Indonesia
di kabupaten Bone? (2) Bagaimana pengaruh corporate image terhadap kepuasan
nasabah pada Bank Syariah Indonesia di kabupaten Bone? (3) Bagaimana pengaruh
islamic marketing dan corporate image secara simultan terhadap kepuasan nasabah
pada Bank Syariah Indonesia di kabupaten Bone?
Untuk menjawab pertanyaan tersebut dibutuhkan data stastistik yang
dikumpulkan melalui instrumen kuesioner (angket). Data kuesioner yang berhasil
diisi oleh responden penelitian sebanyak 100 kuesioner dan data tersebut digunakan
sebagai sampel penelitian. Data statistik yang telah dikumpulkan tersebut dianalisis
dengan Regresi Linear Berganda menggunakan aplikasi statistik SPSS versi 25, dan
hasilnya diinterpretasi dengan memperhatkan teori yang telah dikutip. Hasil dari
penelitian ini menunjukkan bahwa: (1) Islamic marketing (X1) tidak berpengaruh
signifikan terhadap kepuasan nasabah (Y). Artinya hipotesis yang diajukan terbukti.
Hal ini berarti tidak adanya pengaruh signifikan ini menunjukkan bahwa islamic
marketing tidak memiliki potensi dalam memberikan kepuasan kepada nasabah pada
Bank Syariah Indonesia di kabupaten Bone. (2) Corporate image (X2) berpengaruh
signifikan dan positif terhadap kepuasan nasabah (Y). Artinya, hipotesis yang
diajukan terbukti. Hal ini berarti pengaruh signifikan dan positif menunjukkan bahwa
corporate image memiliki potensi dalam memberikan kepuasan kepada nasabah pada
Bank Syariah Indonesia di kabupaten Bone. (3) Islamic marketing (X1) dan
corporate image (X2) berpengaruh secara simultan terhadap kepuasan nasabah (Y).
Artinya, hipotesis yang diajukan terbukti. Hal ini berarti islamic marketing dan
corporate image secra bersama-sama dapat mempengaruhi kepuasan nasabah pada
Bank Syariah Indonesia di kabupaten Bone
A. Kesimpulan
Hasil analisis dan pe i mbahasan yang dibahas pada bab IV dalam skripsi ini,
dapat ditarik ke i simpu i lan u i ntu i k me i njawab pe i rtanyaan-pe i rtanyaan pe i ne i litian yang
te i lah diru i mu i skan pada bab I dalam skripsi ini, yaitu i se i bagai be i riku i t.
1. Islamic Marke i ting (X1) tidak be i rpe i ngaru i h signifikan te i rhadap ke i pu i asan nasabah
(Y). Hal ini be i rarti pe i ngaru i h tidak signifikan te i rse i bu i t me i nu i nju i kkan bahwa
islamic marke i ting tidak dapat me i mpe i ngaru i hi ke i pu i asan nasabah Bank Syariah
Indone i sia di Kabu i pate i n Bone i .
2. Corporate i Image i (X2) be i rpe i ngaru i h positif dan signifikan te i rhadap ke i pu i asan
nasabah (Y). Artinya, hipote i sis yang diaju i kan te i rbu i kti. Hal ini be i rarti pe i ngaru i h
positif dan signifikan te i rse i bu i t me i nu i nju i kkan bahwa corporate i image i dapat
me i mpe i ngaru i hi ke i pu i asan nasabah Bank Syariah Indone i sia di Kabu i pate i n Bone i .
3. Islamic Marke i ting (X1) dan Corporate i Image i (X2) se i cara simu i ltan be i rsama-
sama be i rpe i ngaru i h te i rhadap ke i pu i asan nasabah (Y). Artinya, hipote i sis yang
diaju i kan te i rbu i kti. Hal ini be i rarti Islamic Marke i ting dan Corporate i Image i se i cara
be i rsama-sama dapat me i mpe i ngaru i hi ke i pu i asan nasabah Bank Syariah Indone i sia di
Kabu i pate i n Bone i .
B. Saran
1. Disarankan ke i pada nasabah dalam me i nabu i ng di Bank Syariah Indone i sia u i ntu i k
tidak hanya me i lihat dari corporate i image i nya saja me i lainkan ju i ga dari
bagaimana kine i rja marke i tingnya yang su i dah se i su i ai de i ngan syariah atau i tidak.
2. Hasil penelitian ini yang dituangkan dalam bentuk skripsi, masih me digu i nakan se i hingga
dalam me i ngambil ke i simpu i lan be i lu i m se i mpu i rna se i bagaimana yang diharapkan.
Kare i na itu i , bagi para pe i ne i liti se i lanju i tnya diharapkan dapat me i mbaca skripsi ini
u i ntu i k dilanju i tkan, agar hasilnya dapat dijadikan se i bagai pandu i an dalam
me i nge i mbangkan ke i ilmu i an te i ntang ke i u i angan islam ke i de i pannya.
C. Implikasi Penelitian
1. Jika ke i pu i asan nasabah hanya dilihat dari corporate i image i nya saja maka tidak
akan ada pe i rbe i daan dari le i mbaga ke i u i angan syariah dan konve i nsional.
2. Banyaknya nasabah yang me i nabu i ng di Bank Syariah Indone i sia akan
me i mbangu i n corporate i image i BSI se i hingga ke i de i pannya nasabah yang me i milih
Bank Syariah akan se i makin be i rtambah dari tahu i n ke i tahu i n.
Ketersediaan
| SFEBI202300231 | 231/2023 | Perpustakaan Pusat | Tersedia |
Informasi Detil
Judul Seri
-
No. Panggil
231/2023
Penerbit
IAIN BONE : Watampone., 2023
Deskripsi Fisik
-
Bahasa
Indonesia
ISBN/ISSN
-
Klasifikasi
Skripsi FEBI
Informasi Detil
Tipe Isi
-
Tipe Media
-
Tipe Pembawa
-
Edisi
-
Subyek
Info Detil Spesifik
-
Pernyataan Tanggungjawab
-
Tidak tersedia versi lain
