Pengaruh Experiental Marketing dan Peningkatan Brand Loyalty Terhadap Minat Nasabah Menggunakan Produk Bank Syariah (Studi pada Nasabah Bank Syariah Indonesia (BSI) Kab. Bone)

No image available for this title
Skripsi ini membahas tentang pengaruh Experiental Marketing dan
peningkatan Brand Loyalty terhadap minat nasabah menggunakan produk bank syariah
Indonesia (BSI) di Kab. Bone. Jenis penelitian ini yang digunakan adalah penelitian
lapangan (field research) dengan pendekatan kuantitatif. Adapun metode pengumpulan
data ini melalui kuesioner dengan skala likert yaitu penyebaran angket kepada 100
responden sesuai data yang dibutuhkan.
Hasil penelitian dengan menggunakan teknik analisis regresi linear berganda
berdasarkan uji t diketahui bahwa Experiental Marketing berpengaruh signifikan dan
positif terhadap minat nasabah menggunakan produk Bank Syariah Indonesia (BSI) di
Kab Bone secara parsial, sementara peningkatan Brand Loyalty berpengaruh signifikan
dan positif terhadap minat nasabah menggunakan produk Bank Syariah Indonesia
(BSI) di Kab Bone secara parsial. Sedangkan berdasarkan uji F diketahui bahwa
experiental marketing dan brand loyalty berpengaruh simultan. Selain itu hasil dari
analisis Adjusted R square (R2) yang menunjukkan nilai sebesar 0, 817 yang berarti
experiental marketing dan peningkatan brand loyalty berpengaruh terhadap minat
nasabah menggunakan produk bank syariah indonesia di kab. Bone sebesar 81,7% dan
sisanya dipengaruhi oleh variabel lain yang tidak diteliti dalam penelitian ini.
A. Kesimpulan
Penelitian ini dilakukan untuk melihat adakah pengaruh Experiental
Marketing dan Peningkatan Brand Loyalty terhadap Minat Nasabah
Menggunakan Produk Bank Syariah Indonesia (BSI) di Kab. Bone.
Berdasarkan hasil uji asumsi klasik dan hasil analisis regresi liniear berganda
yang telah dilakukan pada bab sebelumnya. Maka peneliti dapat menyimpulkan
beberapa hal sebagai berikut:
1. Experiental Marketing sangat berperan penting dalam meningkatkan minat
nasabah menggunakan produk bank syariah. Nasabah akan merasa tertarik
jika mendapatkan pelayanan yang baik dan kesan positif. Karena
experiental marketing dapat memberikan pengalaman yang dirasakan oleh
nasabah ketika menggunakan produk bank syariah.
2. Brand Loyalty dapat dikatakan sebagai ukuran kesetiaan terhadap suatu
merek pada produk. Karena nasabah yang setia tentu mereka akan
menggunakan produk yang ada secara terus menerus dan tidak akan
berpindah. Maka bank syariah harus mempertahankan loyalitas merek
terhadap produk tersebut.
3. Experiental Marketing dan brand loyalty dapat dimanfaatkan secara efektif
dalam membangun minat menggunakan produk bank syariah. Nasabah
akan memiliki kecenderungan menggunakan produk bank syariah jika
mendapatkan pelayanan yang baik serta kepuasan terhadap suatu produk
yang digunakan dalam bank syariah.
B. Saran
Beberapa rekomendasi dibuat berdasarkan temuan penelitian, khususnya
sebagai berikut:
1. Diharapkan Bank Syariah Indonesia (BSI) di Kab. Bone akan selalu
menjaga kenyamanan yang lebih besar lagi dalam hal ketertarikan
pelanggan dalam menggunakan produk. Untuk itu, Bank Syariah Indonesia
(BSI) di Kab. Bone juga harus memahami keluhan pelanggan lain dan
memprioritaskan permintaan yang dibuat oleh mereka.
2. Diantisipasi bahwa penyelidikan di masa depan akan mengeksplorasi
variabel yang lebih luas ketika menentukan apa yang memotivasi nasabah
untuk menggunakan produk bank syariah.
3. Hal ini dimaksudkan agar peneliti selanjutnya dapat lebih mendalami
permasalahan yang diangkat dalam penelitian ini dan memperluas wilayah
penelitiannya, daripada hanya berfokus pada Bank Syariah Indonesia (BSI)
di Kab. Bone, untuk mengoptimalkan hasil.
C. Implikasi
Berdasarkan kesimpulan di atas, maka penulis mengharapkan pihak
Bank Syariah Indonesia (BSI) di Kab. Bone agar lebih meningkatkan suatu
keunggulan produk yang dimiliki, jadi usaha untuk menarik minat nasabah bisa
terlaksana dengan baik. Apalagi pihak bank yang sudah menerapkan
Experiental Marketning dan Peningkatan Brand Loyalty di Kab. Bone. Dengan
melalui Experiental Marketing Dan Peningkatan Brand Loyalty nasabah akan
merasakan kenyamanan dan kepercayaan dalam menggunakan produk bank
syariah. Karena ingin menarik minat nasabah terhadap produk dan jasa yang
ditawarkan diperlukan perkembangan dan perubahan-perubahan yang selalu up
to date.
Ketersediaan
SFEBI2023004242/2023Perpustakaan PusatTersedia
Informasi Detil
Judul Seri

-

No. Panggil

42/2023

Penerbit

IAIN BONE : Watampone.,

Deskripsi Fisik

-

Bahasa

Indonesia

ISBN/ISSN

-

Klasifikasi

Skripsi FEBI

Informasi Detil
Tipe Isi

-

Tipe Media

-

Tipe Pembawa

-

Edisi

-

Info Detil Spesifik

-

Pernyataan Tanggungjawab
Tidak tersedia versi lain

Advanced Search

Gak perlu repot seting ini itu GRATIS SetUp ,Mengonlinekan SLiMS Di Internet Karena pesan web di Desawarna.com Siap : 085740069967

Pilih Bahasa

Gratis Mengonlinekan SLiMS

Gak perlu repot seting ini itu buat mengonlinekan SLiMS.
GRATIS SetUp ,Mengonlinekan SLiMS Di Internet
Karena pesan web di Desawarna.com
Kontak WhatsApp :

Siap : 085740069967

Template Perpustakaan Desawarna

Kami berharap Template SLiMS ini dapat dimanfaatkan dengan sebaik-baiknya sebagai template SLiMS bagi semua SLiMerS, serta mampu memberikan dukungan dalam pencapaian tujuan pengembangan perpustakaan dan kearsipan.. Aamiin

Top