Korelasi Kompetensi Profesional Guru Terhadap Kebehasilan Manajemen Kelas Di SD Negeri 82 Laoni Kecamatan Cenrana Kabuapten Bone
Rismayanti/ 862312019167 - Personal Name
Skripsi ini membahas tentang Korelasi Kompetensi Profesional Guru Terhadap
Keberhasilan Manajemen Kelas di SD Negeri 82 Laoni Kecamatan Cenrana
Kabupaten Bone, Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Apakah terdapat
Korelasi Kompetensi Profesional Guru Terhadap Keberhasilan Manajemen Kelas.
Penelitian ini dilakukan dengan menggunakan jenis penelitian kuantitatif dengan
pendekatan korelasional. Data diperoleh melalui penyebaran angket. Kemudian
Data yang diperoleh dianalisis dengan menggunakan analisis korelasi product
moment. Hasil penelitian menunjukan bahwa nilai rxy diperoleh nilai r hitung
sebesar 0,66 sedangkan r tabel pada taraf signifikansi 5% diketahui sebesar 0,3440.
Jadi r hitung lebih besar dari r tabel atau (0,66 > 0,3440), sehingga hipotesis nihil
(H 0 ) ditolak dan hipotesis alternatif (H a ) diterima. Untuk memperkuat pengujian
hipotesis ditolak atau diterima digunakan teknik student t, Dari hasil perhitungan
diperoleh t hitung sebesar 4,89 sementara t tabel sebesar 0.3440 untuk taraf
signifikansi 5%. Karena t hitung lebih besar dari t tabel maka H a diteima dan H 0
ditolak. Selanjutnya dari hasil persamaan regresi sederhana diperoleh hasil Y
=2,39 + 0,50 X . Besarnya hubungan kompetensi profesional guru terhadap
keberhasilan manajemen kelas dapat diketahui dari hasil koefisien determinan
yaitu sebesar 0,4356 atau setara 43,56%. Dengan demikian ada korelasi atau
hubungan yang signifikan antara kompetensi profesional guru terhadap
keberhasilan manajemen kelas di SD Negeri 82 Laoni Kecamatan Cenrana
Kabupaten Bone.
A. Simpulan
Berdasarkan hasil analisis data yang telah dilakukan, maka dapat diambil
kesimpulan bahwa kompetensi profesional guru memiliki hubungan yang
signifikan terhadap keberhasilan manajemen kelas di SD Negeri 82 Laoni
Kecamatan Cenrana Kabupaten Bone. Hal ini dilihat dari hasil perhitungan
dengan menggunakan rumus statistik product moment didapatkan nilai rxy
diperoleh nilai r hitung sebesar 0,66 sedangkan r tabel pada taraf signifikansi 5%
diketahui sebesar 0,3440. Jadi r hitung lebih besar dari r tabel atau (0,66 > 0,3440),
sehingga hipotesis nihil (H 0 ) ditolak dan hipotesis alternatif (H a ) diterima. Hal ini
berarti terdapat adanya hubungan yang signifikan. Untuk memperkuat pengujian
hipotesis ditolak atau diterima digunakan teknik student t, Dari hasil perhitungan
diperoleh t hitung sebesar 4,89sementara t tabel sebesar 0.3440 untuk taraf
signifikansi 5%. Karena t hitung lebih besar dari t tabel maka H a diteima dan H 0
ditolak. Artinya terdapat adanya hubungan yang signifikan kompetensi
profesional guru terhadap keberhasilan manajemen kelas.
Selanjutnya dari hasil persamaan regresi sederhana diperoleh hasil Y
=2,39 + 0,50 X model tersebut berarti setiap penambahan 1% pada variabel
Kompetensi profesional guru (X) maka Variabel keberhasilan manajemen kelas
(Y) akan naik sebesar 0,50 dan arah hubungannya adalah positif, artinya semakin
tinggi nilai X maka semakin tinggi pula nilai y. Dan sebaliknya semakin rendah
nilai X maka semakin rendah nilai Y. Dan besarnya korelasi menggunakan
koefisien determinan membuktikan bahwa korelasi kompetensi profesional guru
terhadap keberhasilan manajemen kelas sebesar 43,56 %.
B. Saran
Sebagai akhir dari penelitian skripsi ini, dengan mendasar pada penelitian
yang peneliti lakukan, maka peneliti ingin memberikan saran yang mungkin dapat
menjadi bahan masukan, antara lain sebagai berikut:
1. Kepada kepala sekolah SD Negeri 82 Laoni, untuk selalu
meningkatkan pembelajaran siswa, mulai dari memantau dan
meningkatkan keprofesionalitas guru, merawat sarana dan prasanana
pembelajaran siswa.
2. Kepada guru-guru SD Negeri 82 Laoni, untuk selalu mengelola
kelasnya sebaik mungkin, dan memperhatikan keadaan siswanya
ketika dalam proses pembelajaran. Selalu membuat inovasi-inovasi
dalam mengajar sehingga siswa tidak merasa jenuh dan akan selalu
bergairah saat mengikuti proses pembelajaran, serta dapat menguasai
kelas dengan baik sehingga pembelajaran dapat berjalanan dengan baik
sesuai dengan tujuan pembelajaran yang ingin dicapai.
Keberhasilan Manajemen Kelas di SD Negeri 82 Laoni Kecamatan Cenrana
Kabupaten Bone, Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Apakah terdapat
Korelasi Kompetensi Profesional Guru Terhadap Keberhasilan Manajemen Kelas.
Penelitian ini dilakukan dengan menggunakan jenis penelitian kuantitatif dengan
pendekatan korelasional. Data diperoleh melalui penyebaran angket. Kemudian
Data yang diperoleh dianalisis dengan menggunakan analisis korelasi product
moment. Hasil penelitian menunjukan bahwa nilai rxy diperoleh nilai r hitung
sebesar 0,66 sedangkan r tabel pada taraf signifikansi 5% diketahui sebesar 0,3440.
Jadi r hitung lebih besar dari r tabel atau (0,66 > 0,3440), sehingga hipotesis nihil
(H 0 ) ditolak dan hipotesis alternatif (H a ) diterima. Untuk memperkuat pengujian
hipotesis ditolak atau diterima digunakan teknik student t, Dari hasil perhitungan
diperoleh t hitung sebesar 4,89 sementara t tabel sebesar 0.3440 untuk taraf
signifikansi 5%. Karena t hitung lebih besar dari t tabel maka H a diteima dan H 0
ditolak. Selanjutnya dari hasil persamaan regresi sederhana diperoleh hasil Y
=2,39 + 0,50 X . Besarnya hubungan kompetensi profesional guru terhadap
keberhasilan manajemen kelas dapat diketahui dari hasil koefisien determinan
yaitu sebesar 0,4356 atau setara 43,56%. Dengan demikian ada korelasi atau
hubungan yang signifikan antara kompetensi profesional guru terhadap
keberhasilan manajemen kelas di SD Negeri 82 Laoni Kecamatan Cenrana
Kabupaten Bone.
A. Simpulan
Berdasarkan hasil analisis data yang telah dilakukan, maka dapat diambil
kesimpulan bahwa kompetensi profesional guru memiliki hubungan yang
signifikan terhadap keberhasilan manajemen kelas di SD Negeri 82 Laoni
Kecamatan Cenrana Kabupaten Bone. Hal ini dilihat dari hasil perhitungan
dengan menggunakan rumus statistik product moment didapatkan nilai rxy
diperoleh nilai r hitung sebesar 0,66 sedangkan r tabel pada taraf signifikansi 5%
diketahui sebesar 0,3440. Jadi r hitung lebih besar dari r tabel atau (0,66 > 0,3440),
sehingga hipotesis nihil (H 0 ) ditolak dan hipotesis alternatif (H a ) diterima. Hal ini
berarti terdapat adanya hubungan yang signifikan. Untuk memperkuat pengujian
hipotesis ditolak atau diterima digunakan teknik student t, Dari hasil perhitungan
diperoleh t hitung sebesar 4,89sementara t tabel sebesar 0.3440 untuk taraf
signifikansi 5%. Karena t hitung lebih besar dari t tabel maka H a diteima dan H 0
ditolak. Artinya terdapat adanya hubungan yang signifikan kompetensi
profesional guru terhadap keberhasilan manajemen kelas.
Selanjutnya dari hasil persamaan regresi sederhana diperoleh hasil Y
=2,39 + 0,50 X model tersebut berarti setiap penambahan 1% pada variabel
Kompetensi profesional guru (X) maka Variabel keberhasilan manajemen kelas
(Y) akan naik sebesar 0,50 dan arah hubungannya adalah positif, artinya semakin
tinggi nilai X maka semakin tinggi pula nilai y. Dan sebaliknya semakin rendah
nilai X maka semakin rendah nilai Y. Dan besarnya korelasi menggunakan
koefisien determinan membuktikan bahwa korelasi kompetensi profesional guru
terhadap keberhasilan manajemen kelas sebesar 43,56 %.
B. Saran
Sebagai akhir dari penelitian skripsi ini, dengan mendasar pada penelitian
yang peneliti lakukan, maka peneliti ingin memberikan saran yang mungkin dapat
menjadi bahan masukan, antara lain sebagai berikut:
1. Kepada kepala sekolah SD Negeri 82 Laoni, untuk selalu
meningkatkan pembelajaran siswa, mulai dari memantau dan
meningkatkan keprofesionalitas guru, merawat sarana dan prasanana
pembelajaran siswa.
2. Kepada guru-guru SD Negeri 82 Laoni, untuk selalu mengelola
kelasnya sebaik mungkin, dan memperhatikan keadaan siswanya
ketika dalam proses pembelajaran. Selalu membuat inovasi-inovasi
dalam mengajar sehingga siswa tidak merasa jenuh dan akan selalu
bergairah saat mengikuti proses pembelajaran, serta dapat menguasai
kelas dengan baik sehingga pembelajaran dapat berjalanan dengan baik
sesuai dengan tujuan pembelajaran yang ingin dicapai.
Ketersediaan
| STAR202230089 | 89/2023 | Perpustakaan Pusat | Tersedia |
Informasi Detil
Judul Seri
-
No. Panggil
89/2023
Penerbit
IAIN BONE : Watampone., 2023
Deskripsi Fisik
-
Bahasa
Indonesia
ISBN/ISSN
-
Klasifikasi
Skripsi Tarbiyah
Informasi Detil
Tipe Isi
-
Tipe Media
-
Tipe Pembawa
-
Edisi
-
Subyek
Info Detil Spesifik
-
Pernyataan Tanggungjawab
-
Tidak tersedia versi lain
