Efektivitas Penggunaan Media Explosion Box Dalam Meningkatkan Pemahaman Konsep Pembelajaran IPA Pada Siswa Kelas V di SDN 31 Pasempe
Jumriana/862322019048 - Personal Name
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Efektivitas Penggunaan Media
Explosion Boxdalam Meningkatkan Pemahaman Konsep Pembelajaran IPA Pada
Siswa Kelas V di SDN 31 Pasempe. Jenis penelitian yang digunakanadalah
penelitian kuantitatif. Desain penelitian yang digunakan adalah Pre-experimental
design dengan bentuk desain one-group pretest-Posttest Design. Populasinya
adalah seluruh Siswa Kelas V SDN 31 Pasempe. Peneliti mengambil sampel kelas
V berjumlah 15 siswa. Penarikan sampel yang digunakan adalah sampling jenuh.
Teknik pengumpulan data menggunakan tes, dokumentasi dan observasi. Teknik
analisis data menggunakan analisis data deskriptif dan analisis data inferensial.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: 1)Pemahaman konsep siswa pada
pembelajaran IPA kelas V SDN 1 Pasempe sebelum menerapkan media Explosion
Box memiliki nilai rata-rata yang diperoleh pada soal pretest sebesar 67.60 dan
jumlah nilai keseluruhan sebesar 1014. 2)Pemahaman konsep siswa pada
pembelajaran IPA kelas V SDN 1 Pasempe sesudah menerapkan media Explosion
Box memiliki nilai rata-rata yang diperoleh pada soal posttest sebesar 81.33 dan
jumlah nilai keseluruhan sebesar 1220. 3)Media Explosion Box efektif dalam
meningkatkan pemahaman konsep siswa pada pembelajaran IPA kelas V SDN 31
Pasempe yang berdasarkan pada hasil analisis inferensial uji Paired Sample T-
Test dengan menggunakan bantuan pengolah data Software SPSS 22 diperoleh sig
(2-tailed) sebesar 0,001 yang berarti kecil dari
Explosion Boxdalam Meningkatkan Pemahaman Konsep Pembelajaran IPA Pada
Siswa Kelas V di SDN 31 Pasempe. Jenis penelitian yang digunakanadalah
penelitian kuantitatif. Desain penelitian yang digunakan adalah Pre-experimental
design dengan bentuk desain one-group pretest-Posttest Design. Populasinya
adalah seluruh Siswa Kelas V SDN 31 Pasempe. Peneliti mengambil sampel kelas
V berjumlah 15 siswa. Penarikan sampel yang digunakan adalah sampling jenuh.
Teknik pengumpulan data menggunakan tes, dokumentasi dan observasi. Teknik
analisis data menggunakan analisis data deskriptif dan analisis data inferensial.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: 1)Pemahaman konsep siswa pada
pembelajaran IPA kelas V SDN 1 Pasempe sebelum menerapkan media Explosion
Box memiliki nilai rata-rata yang diperoleh pada soal pretest sebesar 67.60 dan
jumlah nilai keseluruhan sebesar 1014. 2)Pemahaman konsep siswa pada
pembelajaran IPA kelas V SDN 1 Pasempe sesudah menerapkan media Explosion
Box memiliki nilai rata-rata yang diperoleh pada soal posttest sebesar 81.33 dan
jumlah nilai keseluruhan sebesar 1220. 3)Media Explosion Box efektif dalam
meningkatkan pemahaman konsep siswa pada pembelajaran IPA kelas V SDN 31
Pasempe yang berdasarkan pada hasil analisis inferensial uji Paired Sample T-
Test dengan menggunakan bantuan pengolah data Software SPSS 22 diperoleh sig
(2-tailed) sebesar 0,001 yang berarti kecil dari
Ketersediaan
| STAR20230237 | 237/2023 | Perpustakaan Pusat | Tersedia |
Informasi Detil
Judul Seri
-
No. Panggil
237/2023
Penerbit
IAIN BONE : Watampone., 2023
Deskripsi Fisik
-
Bahasa
Indonesia
ISBN/ISSN
-
Klasifikasi
Skripsi Tarbiyah
Informasi Detil
Tipe Isi
-
Tipe Media
-
Tipe Pembawa
-
Edisi
-
Subyek
Info Detil Spesifik
-
Pernyataan Tanggungjawab
-
Tidak tersedia versi lain
