Efektivitas Penggunaan Media Pembelajaran Blok Dienes Untuk Meningkatkan Pemahaman Konsep Bilangan Bulat Siswa Kelas IV Di SDN 249 Muara
Sindy Rela Purnama/862322019037 - Personal Name
Penelitian ini bertujuan Untuk mengetahui efektivitas penggunaan media
Blok Dienes untuk meningkatkan pemahaman siswa kelas IV di SDN 249 Muara.
Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan
desain yang digunakan desain One Group Pretest- Posttest Design. Dalam
penelitian ini yang menjadi sampel adalah seluruh siswa kelas IV di SDN 249
Muara berjumlah 22 orang. Penelitian ini menggunakan Instrumen penelitian,
berupa tes pemahaman konsep bilangan bulat berbentuk pilihan ganda dan
uraian. Kemudian dilakukan analisis data menggunakan analisis statistik
deskriptif melalui program Statistical Package Social Science (SPSS) Versi 25.
Hasil penelitian ini yaitu: Pemahaman konsep dengan media
pembelajaran Blok Dienes cukup efektif pada bilangan bulat. Hal tersebut
terbukti pada hasil posttest siswa dapat dilihat pada Tabel 4 diperoleh data
sebanyak 22 siswa dengan jumlah data 2009. Nilai rata-rata kelas 91.32. Nilai
Median 91.00. Nilai modus 91 . Nilai Minimum 83 dan Nilai maximum 100.
Hasil posttest menunjukkan adanya kenaikan nilai yang signifikan penggunaan
media Blok Dienes, Selain itu keputusan juga dapat dilihat pada tabel diperoleh
nilai Sig.(2-tailed) sebesar 0,000 < 0,05. Hal ini menunjukkan bahwa H1
diterima dan H0 ditolak. Jadi dapat disimpulkan bahwa efektif dengan
menggunakan media Blok Dienes dalam meningkatkan pemahaman konsep
bilangan bulat kelas IV 249 Muara.
A. Kesimpulan
Berdasarkan hasil penelitian dan pembahasan, maka dapat disimpulkan
yaitu:
Pembelajaran dengan media pembelajaran Blok Dienes dalam
meningkatkan pemahaman konsep siswa cukup efektif pada penjumlahan. Hal
tersebut terbukti pada hasil posttest siswa dapat dilihat diperoleh data sebanyak
22 siswa dengan jumlah data 2009. Nilai rata-rata kelas 91.32. Nilai Median
91.00. Nilai modus 91 . Nilai Minimum 83 dan Nilai maximum 100. Hasil
posttest menunjukkan adanya kenaikan nilai yang signifikan karena pengaruh
penggunaan media Blok Dienes, Selain itu keputusan juga dapat dilihat pada tabel
diperoleh nilai Sig.(2-tailed) sebesar 0,000 < 0,05. Hal ini menunjukkan bahwa
H1 diterima dan H0 ditolak. Jadi dapat bahwa adanya media Blok Dienes dalam
meningkatkan pemahaman konsep penjumlahan siswa kelas IV 249 Muara.
B . Saran
Setelah mengadakan penelitian mengenai keefektivan penggunakan media
pembelajaran Blok Dienes untuk meningkatkan pemahaman konsep siswa kelas IV
di SDN 249 Muara Kabupaten Bone, maka saran yang penulis akan samapaikan
adalah sebagai berikut :
1. Rancangan keefektifan seorang dalam melaksanakan tugas sebagai
pendidik. Karna sangat di perlukan pada saat anak belajar
2. Guru di harapkan mengurangi faktor penghambat dalam mengembangkan
memahaman konsep siswa dan lebih meningkatkan faktor pendukung
dalam meningkatkan pemahaman konsep siswa.
3. Bagi guru di harapakan menyediakan media Blok Dienes dapat
meningkatkan pemahaman konsep siswa.
Blok Dienes untuk meningkatkan pemahaman siswa kelas IV di SDN 249 Muara.
Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan
desain yang digunakan desain One Group Pretest- Posttest Design. Dalam
penelitian ini yang menjadi sampel adalah seluruh siswa kelas IV di SDN 249
Muara berjumlah 22 orang. Penelitian ini menggunakan Instrumen penelitian,
berupa tes pemahaman konsep bilangan bulat berbentuk pilihan ganda dan
uraian. Kemudian dilakukan analisis data menggunakan analisis statistik
deskriptif melalui program Statistical Package Social Science (SPSS) Versi 25.
Hasil penelitian ini yaitu: Pemahaman konsep dengan media
pembelajaran Blok Dienes cukup efektif pada bilangan bulat. Hal tersebut
terbukti pada hasil posttest siswa dapat dilihat pada Tabel 4 diperoleh data
sebanyak 22 siswa dengan jumlah data 2009. Nilai rata-rata kelas 91.32. Nilai
Median 91.00. Nilai modus 91 . Nilai Minimum 83 dan Nilai maximum 100.
Hasil posttest menunjukkan adanya kenaikan nilai yang signifikan penggunaan
media Blok Dienes, Selain itu keputusan juga dapat dilihat pada tabel diperoleh
nilai Sig.(2-tailed) sebesar 0,000 < 0,05. Hal ini menunjukkan bahwa H1
diterima dan H0 ditolak. Jadi dapat disimpulkan bahwa efektif dengan
menggunakan media Blok Dienes dalam meningkatkan pemahaman konsep
bilangan bulat kelas IV 249 Muara.
A. Kesimpulan
Berdasarkan hasil penelitian dan pembahasan, maka dapat disimpulkan
yaitu:
Pembelajaran dengan media pembelajaran Blok Dienes dalam
meningkatkan pemahaman konsep siswa cukup efektif pada penjumlahan. Hal
tersebut terbukti pada hasil posttest siswa dapat dilihat diperoleh data sebanyak
22 siswa dengan jumlah data 2009. Nilai rata-rata kelas 91.32. Nilai Median
91.00. Nilai modus 91 . Nilai Minimum 83 dan Nilai maximum 100. Hasil
posttest menunjukkan adanya kenaikan nilai yang signifikan karena pengaruh
penggunaan media Blok Dienes, Selain itu keputusan juga dapat dilihat pada tabel
diperoleh nilai Sig.(2-tailed) sebesar 0,000 < 0,05. Hal ini menunjukkan bahwa
H1 diterima dan H0 ditolak. Jadi dapat bahwa adanya media Blok Dienes dalam
meningkatkan pemahaman konsep penjumlahan siswa kelas IV 249 Muara.
B . Saran
Setelah mengadakan penelitian mengenai keefektivan penggunakan media
pembelajaran Blok Dienes untuk meningkatkan pemahaman konsep siswa kelas IV
di SDN 249 Muara Kabupaten Bone, maka saran yang penulis akan samapaikan
adalah sebagai berikut :
1. Rancangan keefektifan seorang dalam melaksanakan tugas sebagai
pendidik. Karna sangat di perlukan pada saat anak belajar
2. Guru di harapkan mengurangi faktor penghambat dalam mengembangkan
memahaman konsep siswa dan lebih meningkatkan faktor pendukung
dalam meningkatkan pemahaman konsep siswa.
3. Bagi guru di harapakan menyediakan media Blok Dienes dapat
meningkatkan pemahaman konsep siswa.
Ketersediaan
| STAR20240405 | 405/2024 | Perpustakaan Pusat | Tersedia |
Informasi Detil
Judul Seri
-
No. Panggil
405/2024
Penerbit
IAIN BONE : Watampone., 2024
Deskripsi Fisik
-
Bahasa
Indonesia
ISBN/ISSN
-
Klasifikasi
Skripsi Tarbiyah
Informasi Detil
Tipe Isi
-
Tipe Media
-
Tipe Pembawa
-
Edisi
-
Subyek
Info Detil Spesifik
-
Pernyataan Tanggungjawab
-
Tidak tersedia versi lain
