Implementasi Pendidikan Karakter dalam Meningkatkan Kualitas Pembelajaran PAI Di SD IT Al-amir Fil Jannah Bajoe Kabupaten Bone

No image available for this title
Skripsi inimembahastentang implementasi pendidikan karakter dalam
meningkatkan kualitas pembelajaran PAI di SD IT Al-Amir Fil Jannah Bajoe.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bentuk-bentuk implementasi pendidikan
karakter yang diterapkan oleh guru dalam meningkatkan kualitas pembelajaran PAI,
Faktor pendukung dan penghambat serta dampakimplementasi pendidikan karakter
dalam meningkatkan kualitas pembelajaran PAI di SDIT Al-Amir Fil Jannah Bajoe.
Teknik pengolahan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah
pengolahan secara kualitatif yaitu mengolah data dengan bertolak dari teori-teori
untuk mendapatkan kejelasan pada masalah, baik data yang terdapat di lapangan
maupun yang terdapat pada kepustakaan. Metodepengumpulan data yang
digunakanyaiturisetkepustakaan (library research) dan Risetlapangan (field
research).Sedangkaninstrumendalampenelitianinimenggunakanpedomanobservasi,
pedomanwawancara, dan dokumentasi.
Hasil penelitian ini menunjukan bahwa .Bentuk-bentuk Implementasi
Pendidikan Karakter yang Diterapkan oleh Guru dalam Meningkatkan Kualitas
Pembelajaran PAI di SD IT Al-Amir FilJannah Bajoe adalah pembiasaan dan
keteladanan. seperti pembiasaan shalat fardhu berjamaah dan shalat sunnah Duha,
mengaji dan menghafal Al-Quran, jujur, tanggung jawab keteladanan seperti guru
datang tepat waktu, senyum, sopan (berjabat tangan sebelum pulang sekolah) dan
santun kepada siapapun. Adapun Fakor Pendukung dan Penghambat Implementasi
Pendidikan Karakter dalam Meningkatkan Kualitas Pembelajaran PAI di SD IT Al-
Amir FilJannah Bajoe adalah: faktor pendukung, a.) kepala sekolah, guru, dan siswa
mengimplementasikan langsung nilai-nilai pendidikan karakter, b.) Guru PAI selalu
mengintegrasikan nilai-nilai karakter dalam pembelajarannya, dan sarana prasarana
yang memadai (suasana belajar nyaman). Faktor penghambat: a.) peran orang tua
yang kurang dalam mendidik anak di rumah, b.) perilaku siswa yang masih labil, c.)
dan pemahaman guru tentang konsep pendidikan karakter yang belum menyeluruh.
Adapun Dampak Implementasi Pendidikan Karakter di SD IT Al-Amir Fil Jannah
A. Simpulan
1. Bentuk-bentuk Implementasi Pendidikan Karakter yang diterapkan oleh Guru
dalam Meningkatkan Kualitas Pembelajaran PAI di SD IT Al-Amir Fil Jannah
Bajoe adalah pembiasaan dan keteladanan seperti pembiasaan shalat fardhu
berjamaah dan shalat sunnah Duha, mengaji dan menghafal Al-Quran, jujur,
tanggung jawab. dan keteladanan seperti guru datang tepat waktu, senyum,
sopan (berjabat tangan sebelum pulang sekolah) dan santun kepada siapapun.
Nilai-nilai karakter tersebut diimplementasikan melalui pembiasaan dan
keteladanan.
2. Adapun Fakor Pendukung Implementasi Pendidikan Karakter dalam
Meningkatkan Kualitas Pembelajaran PAI di SD IT Al-Amir Fil Jannah Bajoe
adalah: a.) kepala sekolah, guru, dan siswa mengimplementasikan langsung
nilai-nilai pendidikan karakter, b.) Guru PAI selalu mengintegrasikan nilai-
nilai karakter dalam pembelajarannya, dan sarana prasarana yang memadai
(suasana belajar nyaman). Sedangkan faktor penghambat: a.) peran orang tua
yang kurang dalam mendidik anak di rumah, b.) perilaku siswa yang masih
labil, c.) dan pemahaman guru tentang konsep pendidikan karakter yang
belum menyeluruh.
3. Adapun Dampak Implementasi Pendidikan Karakter di SD Al-Amir Fil
Jannah Bajoe dalam Meningkatkan Kualitas Pembelajaran PAI adalah bahwa
konsep pendidikan karakter yang sejalan dengan konsep PAI akan
memberikan dampak karakter baik kepada guru dan siswa, adanya kesadaran
seluruh warga sekolah tentang pentingnya penerapan pendidikan karakter
sejak dini. Adanya peningkatan nilai-nilai karakter pada siswa seperti karakter
religius, disiplin, sopan, jujur, bersih, dan bertanggung jawab sehingga
kualitas pembelajaran PAI yang termuat dalam kurikulum dan visi misi
sekolah SD IT Al-Amir Fill Jannah Bajoe berjalan dengan baik. Implementasi
pendidikan karakter melalui pembiasaan dan keteladan yang diterapkan oleh
guru dan semua warga sekolah dalam kehidupan sehari hari sehingga anak-
anak dapat meneladani ucapan dan perilaku mereka. Akhirnya anak-anak
yang cerdas dan berakhlakul karimah terwujud di masa depan sesuai dengan
ajaran agama melalui pembelajaran PAI disekolah.
B. IMPLIKASI
1. Kepada Lembaga pendidikan pada umumnya dan SD IT Al-Amir Fill
Jannah Bajoe pada khususnya agar lebih mengedepankan implementasi
Pendidikan karakter bagi anak-anak dan semua warga sekolah agar
menjadi teladan yang baik terhadap lembaga-lembaga pendidikan lainnya
2. Kepada Guru agar tetap menjadi contoh dan panutan yang baik bagi
siswanya melalui implementasi pendidikan karakter sejak dini sesuai
tuntutan ajaran Agama Islam
3. Kepada siswa agar tetap menjadi manusia-manusia yang patuh dan
memiliki karakter yang baik sehingga bisa selamat dunia dan akhirat.
Ketersediaan
STAR20190344344/2019Perpustakaan PusatTersedia
Informasi Detil
Judul Seri

-

No. Panggil

344/2019

Penerbit

IAIN BONE : Watampone.,

Deskripsi Fisik

-

Bahasa

Indonesia

ISBN/ISSN

-

Klasifikasi

Skripsi Tarbiyah

Informasi Detil
Tipe Isi

-

Tipe Media

-

Tipe Pembawa

-

Edisi

-

Info Detil Spesifik

-

Pernyataan Tanggungjawab
Tidak tersedia versi lain

Advanced Search

Gak perlu repot seting ini itu GRATIS SetUp ,Mengonlinekan SLiMS Di Internet Karena pesan web di Desawarna.com Siap : 085740069967

Pilih Bahasa

Gratis Mengonlinekan SLiMS

Gak perlu repot seting ini itu buat mengonlinekan SLiMS.
GRATIS SetUp ,Mengonlinekan SLiMS Di Internet
Karena pesan web di Desawarna.com
Kontak WhatsApp :

Siap : 085740069967

Template Perpustakaan Desawarna

Kami berharap Template SLiMS ini dapat dimanfaatkan dengan sebaik-baiknya sebagai template SLiMS bagi semua SLiMerS, serta mampu memberikan dukungan dalam pencapaian tujuan pengembangan perpustakaan dan kearsipan.. Aamiin

Top