Efektivitas Penggunaan Media Magic Study Box Dalam Meningkatkan Pemahaman Konsep Siswa Pada Pembelajaran IPA Di Kelas V MIN 4 Bone

No image available for this title
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas penggunaan media
magic study box dalam meningkatkan pemahaman konsep siswa dalam
pembelajaran IPA kelas V di MIN 4 Bone. Metode yang digunakan dalam
penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan desain yang digunakan desain
One Group Pretest- Posttest Design. Dalam penelitian ini yang menjadi sampel
adalah seluruh siswa kelas V MIN 4 Bone yang berjumlah 17 orang. Instrumen
yang digunakan dalam penelitian ini berupa tes pemahaman konsep yang
berbentuk essay, analisis data menggunakan analisis statistik deskriptif melalui
program Statistical Package Social Science (SPSS) Versi 22. Hasil penelitian
setelah digunakan perlakuan menggunakan media magic study box,
menunjukkkan nilai yang diperoleh siswa kelas V MIN 4 Bone pada saat posttest
terjadi peningkatan dengan rata-rata sebesar 77.35, begitupun dengan nilai
masing-masing indikator pemahaman konsep siswa mengalami peningkatan dan
dapat dilihat dari uji-t pada nilai pretest dan posttest, dapat diketahui jika nilai
(signifikansi) 2-tailed 0,000 < 0,05 maka H 0 ditolak dan H 1 diterima, yang berarti
media magic study box efektif dalam meningkatkan pemahaman konsep siswa
kelas V di MIN 4 Bone, karena nilai signifikansi yang diperoleh adalah 0,000.
A. Kesimpulan
Berdasarkan hasil dan pembahasan penenlitian terkait efektivitas
penggunaan media magic study box dalam meningkatkan pemahaman konsep
siswa pada pembelajaran IPA di Kelas V MIN 4 Bone, maka dapat
disimpulkan sebagai berikut:
1. Pemahaman konsep siswa (pretest) sebelum perlakuan peneliti dapat
mengetahui bahwa skor prtest mendapat skor tertinggi (maximum) sebesar
53 dan skor terendah (minimum) sebesar 10 dengan jumlah rata-rata (mean)
30.71, serta standar deviasi (Std. Deviation) sebesar 11.017. Kemampuan
pemahaman konsep siswa belum dikatakan maksimal karena nilai rata-rata
yang diperoleh rendah.
2. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kemampuan pemahaman konsep siswa
dalam proses pembelajaran setelah menggunakan media magic study box
dapat meningkat. Hal ini dapat diketahui berdasarkan hasil analisis data
pretest sebagai perbandingan posttest, nilai rata-rata pretest 30.71
sedangkan nilai rata-rata posttest adalah 77.35. Hal ini menunjukkan bahwa
media magic study box dapat diberlakukan dalam proses belajar mengajar
pada mata pelajaran IPA.
3. Efektivitas penggunaan media magic study box dalam meningkatkan
pemahaman konsep siswa pada pembelajaran IPA kelas V di MIN 4 Bone.
Terdapat perbedaan peningkatan pemahaman konsep siswa antara siswa
yang diajar deng menggunakan media magic study box dan tidak
menggunakan media magic study box. Ini berarti hipotesis diterima, yaitu
media magic study box dalam proses pembelajaran pretes dan posttest yang
ditunjukkan melalui uji hipotesis yakni dengan analisis statistic menyatakan
bahwa nilai sig < a yaitu 0,000 < 0,005 dengan demikian, H 0 ditolak dan H 1
diterima.
B. Saran
Dalam sebuah penelitian, seorang peneliti hendaknya memberikan
saran yang bermanfaat bagi perkembangan ilmu pengetahuan serta sebagai
berbagai pihak yang terkait di dalam penelitian ini. Saran yang diberikan
peneliti dalam penelitian ini adalah sebagai berikut:
1. Bagi Siswa
Materi peredaran darah pada manusia membutuhkan pemahaman siswa
dalam menguasai konsep dasarnya terlebih dahulu.Oleh karena itu penting
untuk mempelajari konsep dasar pemahaman konsep IPA sebelum siswa
melanjutkan pada materi yang lebih tinggi.
2. Bagi Guru
a. Guru sabaiknya mengunakan alat peraga pembelajaran yang bervariasi
dalam materi peredaran darah pada manusia agar siswa tidak bosan dan
jenuh.
b. Bagi guru di sekolah dasar, penelitian ini dapat digunakan oleh guru
sebagai bahan pertimbangan alternative model pembelajaran IPA yang
paling tepat untuk mengoptimalkan kemampuan pemahaman konsep
siswa sehingga mutuh pendidikan Ilmu Pengetahuan Alam meningkat.
3. Bagi Sekolah
Berdasarkan hasil penelitian, media magic study box terbukti dapat
menciptakan suasana belajar yang lebih baik dan memudahkan guru dalam
menyampaikan meteri pembelajaran. Oleh kerena itu diharapkan kepada
pihak sekolah untuk memfalisitasi guru-guru dengan alat peraga serta
referensi teknik mengajar yang lebih bervariasi.
4. Bagi Peneliti Lain
Pada penelitian ini materi yang dipelajari menggunakan media magic study
box adalah konsep dasar pemahaman konsep IPA. Penggunaan media ini
dapat lebih dikembangkan dengan menerapkan pada materi peredaran
darah pada manusia, serta cara memelihara kesehatan peredaran darah
pada manusia.
Ketersediaan
STAR20230113113/2023Perpustakaan PusatTersedia
Informasi Detil
Judul Seri

-

No. Panggil

113/2023

Penerbit

IAIN BONE : Watampone.,

Deskripsi Fisik

-

Bahasa

Indonesia

ISBN/ISSN

-

Klasifikasi

Skripsi Tarbiyah

Informasi Detil
Tipe Isi

-

Tipe Media

-

Tipe Pembawa

-

Edisi

-

Info Detil Spesifik

-

Pernyataan Tanggungjawab
Tidak tersedia versi lain

Advanced Search

Gak perlu repot seting ini itu GRATIS SetUp ,Mengonlinekan SLiMS Di Internet Karena pesan web di Desawarna.com Siap : 085740069967

Pilih Bahasa

Gratis Mengonlinekan SLiMS

Gak perlu repot seting ini itu buat mengonlinekan SLiMS.
GRATIS SetUp ,Mengonlinekan SLiMS Di Internet
Karena pesan web di Desawarna.com
Kontak WhatsApp :

Siap : 085740069967

Template Perpustakaan Desawarna

Kami berharap Template SLiMS ini dapat dimanfaatkan dengan sebaik-baiknya sebagai template SLiMS bagi semua SLiMerS, serta mampu memberikan dukungan dalam pencapaian tujuan pengembangan perpustakaan dan kearsipan.. Aamiin

Top