Efektivitas Penggunaan Media Ludo Dalam Meningkatkan Keterampilan Berpikir Kritis Siswa Pada Mata Pelajaran IPA Kelas V MI Nurul Yaqin Lompo
Sri Rahma Dani/862322019030 - Personal Name
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Untuk mengetahui bagaimana efektivitas
media ludo dalam meningkatkan kemampuan berpikir kritis siswa pada pembelajaran
IPA kelas V MI Nurul Yaqin Lompo. Metode yang digunakan dalam penelitian ini
adalah penelitian kuantitatif dengan desain yang digunakan desain One Group Pretest-
Posttest Design. Dalam penelitian ini yang menjadi sampel adalah seluruh siswa kelas
V MI Nurul Yaqin Lompo yang berjumlah 26 orang. Instrumen yang digunakan dalam
penelitian ini adalah berupa tes kemampuan berpikir kritis dalam bentuk soal pilihan
ganda. Kemudian dilakukan analisis data menggunakan analisis statistik deskriptif
melalui program Statistical Package Social Science (SPSS) versi 22. Hasil penelitian
menunjukkan bahwa 1). Kemampuan berpikir kritis siswa pada pembelajaran IPA kelas
V MI Nurul Yaqin Lompo sebelum menggunakan media Ludo memiliki nilai maximum
sebesar 70 dengan nilai rata-rata pretest dari kelas eksperimen sebesar 50.00. Nilai
standar deviasi kelas eksperimen adalah 9.798. 2). Kemampuan berpikir kritis siswa
pada pembelajaran IPA kelas V MI Nurul Yaqin Lompo setelah menggunakan media
Ludo memiliki nilai minimum sebesar 60 sedangkan nilai maximum sebesar 100 dengan
rata-rata posttest dari kelas eksperimen setelah menggunakan media ludo sebesar 82.31.
Nilai standar deviasi kelas eksperimen adalah 13.655. 3). Menggunakan media Ludo
efektif dalam meningkatkan kemampuan berpikir kritis siswa pada pembelajaran IPA
yang berdasarkan pada Uji Paired Sample T-Test dengan menggunakan bantuan
pengolahan data SPSS Versi 22 diperoleh signifikan (2-tailed) sebesar 0.000 < 0.05
maka H0 ditolak dan H1 diterima. Jika nilai signifikan (2-tailed) > 0.05 maka H0
diterima dan H1 ditolak. Hal ini dapat dikatakan bahwa media Ludo efektif dalam
meningkatkan kemampuan berpikir kritis siswa kelas V MI Nurul Yaqin Lompo.
A. Kesimpulan
Berdasarkan rumusan masalah, analisis data dan pembahasan yang
telah dilakukan peneliti terhadap hasil penelitian ini, maka dapat disimpulkan
bahwa:
1. Kemampuan berpikir kritis siswa pada pembelajaran IPA kelas V MI Nurul
Yaqin Lompo sebelum menggunakan media Ludo memiliki nilai maximum
sebesar 70 dengan nilai rata-rata pretest dari kelas eksperimen sebesar 50.00.
Jadi nilai tertinggi dari pretest berada pada interval 47-53 dengan presentasi
43% termasuk dalam kategori cukup baik.
2. Kemampuan berpikir kritis siswa pada pembelajaran IPA kelas V MI Nurul
Yaqin Lompo setelah menggunakan media Ludo memiliki nilai minimum
sebesar 60 dan nilai maximum sebesar 100 dengan rata-rata posttest 82.31.
Nilai tertinggi dari posttest berada pada interval 76-83 dengan presentasi 31%
termasuk dalam kategori tinggi.
3. Keefektifan media Ludo yang berdasarkan pada uji-T, pengambilan keputusan
adalah jika nilai signifikan (2-tailed) 0.000 < 0.05 maka H0 ditolak dan H1
diterima. Jika nilai signifikan (2-tailed) 0.000 > 0.05 maka H0 diterima dan
H1 ditolak. Hal ini dapat dikatakan bahwa media Ludo efektif dalam
meningkatkan kemampuan berpikir kritis siswa pada pembelajaran IPA kelas
V MI Nurul Yaqin Lompo. Uji efektivitas dalam penelitian ini juga dilakukan
dengan menggunakan hasil perhitungan nilai N-Gain Score sebesar 66.8590
atau 67% termasuk dalam kategori cukup efektif.
B. Saran
Dari seluruh bahasan dalam penelitian ini, ada beberapa saran yang
kiranya menjadi penting dikemukakan, diantaranya yaitu:
1. Bagi Perkembangan Ilmu Pengetahuan
Penelitian ini dapat dijadikan sebagai bahan rujukan, tanpa melupakan nilai
keasliannya dalam penelitian ini terutama dalam bidang ilmu pengetahuan
alam.
2. Bagi Kepala Madrasah MI Nurul Yaqin Lompo
Diharapkan kepada kepala Madrasah MI Nurul Yaqin Lompo agar
menganjurkan guru kelas untuk menggunakan media pembelajaran agar
memudahkan guru dalam menyampaikan materi.
3. Bagi Penelitian Selanjutnya
Bagi penelitian selanjutnya dihimbau untuk meneliti dalam jangka waktu
yang lebih lama, guna mendapatkan data yang lebih mendetail dan lebih
realistis dalam pembelajaran.
media ludo dalam meningkatkan kemampuan berpikir kritis siswa pada pembelajaran
IPA kelas V MI Nurul Yaqin Lompo. Metode yang digunakan dalam penelitian ini
adalah penelitian kuantitatif dengan desain yang digunakan desain One Group Pretest-
Posttest Design. Dalam penelitian ini yang menjadi sampel adalah seluruh siswa kelas
V MI Nurul Yaqin Lompo yang berjumlah 26 orang. Instrumen yang digunakan dalam
penelitian ini adalah berupa tes kemampuan berpikir kritis dalam bentuk soal pilihan
ganda. Kemudian dilakukan analisis data menggunakan analisis statistik deskriptif
melalui program Statistical Package Social Science (SPSS) versi 22. Hasil penelitian
menunjukkan bahwa 1). Kemampuan berpikir kritis siswa pada pembelajaran IPA kelas
V MI Nurul Yaqin Lompo sebelum menggunakan media Ludo memiliki nilai maximum
sebesar 70 dengan nilai rata-rata pretest dari kelas eksperimen sebesar 50.00. Nilai
standar deviasi kelas eksperimen adalah 9.798. 2). Kemampuan berpikir kritis siswa
pada pembelajaran IPA kelas V MI Nurul Yaqin Lompo setelah menggunakan media
Ludo memiliki nilai minimum sebesar 60 sedangkan nilai maximum sebesar 100 dengan
rata-rata posttest dari kelas eksperimen setelah menggunakan media ludo sebesar 82.31.
Nilai standar deviasi kelas eksperimen adalah 13.655. 3). Menggunakan media Ludo
efektif dalam meningkatkan kemampuan berpikir kritis siswa pada pembelajaran IPA
yang berdasarkan pada Uji Paired Sample T-Test dengan menggunakan bantuan
pengolahan data SPSS Versi 22 diperoleh signifikan (2-tailed) sebesar 0.000 < 0.05
maka H0 ditolak dan H1 diterima. Jika nilai signifikan (2-tailed) > 0.05 maka H0
diterima dan H1 ditolak. Hal ini dapat dikatakan bahwa media Ludo efektif dalam
meningkatkan kemampuan berpikir kritis siswa kelas V MI Nurul Yaqin Lompo.
A. Kesimpulan
Berdasarkan rumusan masalah, analisis data dan pembahasan yang
telah dilakukan peneliti terhadap hasil penelitian ini, maka dapat disimpulkan
bahwa:
1. Kemampuan berpikir kritis siswa pada pembelajaran IPA kelas V MI Nurul
Yaqin Lompo sebelum menggunakan media Ludo memiliki nilai maximum
sebesar 70 dengan nilai rata-rata pretest dari kelas eksperimen sebesar 50.00.
Jadi nilai tertinggi dari pretest berada pada interval 47-53 dengan presentasi
43% termasuk dalam kategori cukup baik.
2. Kemampuan berpikir kritis siswa pada pembelajaran IPA kelas V MI Nurul
Yaqin Lompo setelah menggunakan media Ludo memiliki nilai minimum
sebesar 60 dan nilai maximum sebesar 100 dengan rata-rata posttest 82.31.
Nilai tertinggi dari posttest berada pada interval 76-83 dengan presentasi 31%
termasuk dalam kategori tinggi.
3. Keefektifan media Ludo yang berdasarkan pada uji-T, pengambilan keputusan
adalah jika nilai signifikan (2-tailed) 0.000 < 0.05 maka H0 ditolak dan H1
diterima. Jika nilai signifikan (2-tailed) 0.000 > 0.05 maka H0 diterima dan
H1 ditolak. Hal ini dapat dikatakan bahwa media Ludo efektif dalam
meningkatkan kemampuan berpikir kritis siswa pada pembelajaran IPA kelas
V MI Nurul Yaqin Lompo. Uji efektivitas dalam penelitian ini juga dilakukan
dengan menggunakan hasil perhitungan nilai N-Gain Score sebesar 66.8590
atau 67% termasuk dalam kategori cukup efektif.
B. Saran
Dari seluruh bahasan dalam penelitian ini, ada beberapa saran yang
kiranya menjadi penting dikemukakan, diantaranya yaitu:
1. Bagi Perkembangan Ilmu Pengetahuan
Penelitian ini dapat dijadikan sebagai bahan rujukan, tanpa melupakan nilai
keasliannya dalam penelitian ini terutama dalam bidang ilmu pengetahuan
alam.
2. Bagi Kepala Madrasah MI Nurul Yaqin Lompo
Diharapkan kepada kepala Madrasah MI Nurul Yaqin Lompo agar
menganjurkan guru kelas untuk menggunakan media pembelajaran agar
memudahkan guru dalam menyampaikan materi.
3. Bagi Penelitian Selanjutnya
Bagi penelitian selanjutnya dihimbau untuk meneliti dalam jangka waktu
yang lebih lama, guna mendapatkan data yang lebih mendetail dan lebih
realistis dalam pembelajaran.
Ketersediaan
| STAR20230101 | 101/2023 | Perpustakaan Pusat | Tersedia |
Informasi Detil
Judul Seri
-
No. Panggil
101/2023
Penerbit
IAIN BONE : Watampone., 2023
Deskripsi Fisik
-
Bahasa
Indonesia
ISBN/ISSN
-
Klasifikasi
Skripsi Tarbiyah
Informasi Detil
Tipe Isi
-
Tipe Media
-
Tipe Pembawa
-
Edisi
-
Subyek
Info Detil Spesifik
-
Pernyataan Tanggungjawab
-
Tidak tersedia versi lain
