Efektivitas Penggunaan Media Kalender Cerita Fiksi untukMeningkatkanKeterampilan Menulis Kreatif Siswa Kelas IV MIN 3 Bone
Resky Ayu/862322019014 - Personal Name
Skripsi ini membahas mengenai penggunaan media kalender cerita fiksi
untuk meningkatkan keterampilan menulis kreatif siswa kelas IV MIN 3 Bone.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui sejauh mana kemampuan menulis
kreatif siswa menggunaan media kalender cerita fiksi. Jenis penelitian ini
merupakan penelitian kuantitatif Pre-Eksperimental dengan desainOne Group
Pretest-Posttest Design. Sampel penelitian ini adalah murid kelas IV MIN 3 Bone
Kecamatan Ulaweng yang berjumlah 25 siswa. Berdasarkan penelitian dan hasil
analisis data, maka dapat disimpulkan bahwa penggunaan media kalender cerita
fiksi efektiv dalam keterampilan menulis kreatif siswa kelas IV MIN 3 Bone. Hal
ini dapat dilihat dari rata-rata hasil posttest yang diperoleh dari keterampilan
menulis kreatif siswa setelah diterapkan penggunaan media kalender cerita fiksi
lebih tinggi dibandingkan dengan rata-rata hasil pretest sebelum diterapkan
penggunaan media kalender cerita fiksi. Rata-rata pretest yang diperoleh sebelum
diterapkan penggunaan media kalender cerita fiksi yaitu 77,50 dan setelah
diterapkan penggunaan media kalender cerita fiksi,diperoleh rata-rata nilai
posttest yaitu 84,50. Adapun nilai Uji Efektivitas N-Gain Score sebesar 60,22
berdasarkan tafsiran efektivitas N-Gain score termasuk dalam kategori cukup
efektif.
A. Simpulan
Berdasarkan hasil dan pembahasan peneliti terkait efektivitas
penggunaan media kalender cerita fiksi kelas IV MIN 3 Bone.
1. Hasilketerampilan menulis kreatif siswa sebelum menggunakan media
kalenderceritafiksi(Pretest) dapat dilihat dari nilai siswa mulai dari
yang terendah sampai yang tertinggi. Nilai terendah 60 sedangkan
nilai tertinggi 95. Dengan nilai rata-rata yaitu 75.50 kategori sedang.
2. Hasil keterampilan menulis kreatif siswa setelah menggunakan media
kalender cerita fiksi (Posttest) dapat dilihat dari nilai siswa mulai dari
yang terendah sampai yang tertinggi. Nilai terendah 70 sedangkan
nilai tertinggi 99. Dengan nilai rata-rata yaitu 84.50 kategori tinggi.
3. Media kalender cerita fiksi efektif dalam meningkatkan keterampilan
menulis kreatif siswa pada pembelajaran Bahasa Indonesia kelas IV
MIN 3 Bonedengan nilai efektivitas N-Gain Score sebesar 60,22
masuk pada kategori cukup efektiv.
B. Saran
Berdasarkan simpulan di atas, maka peneliti memberika beberapa
saran sebagai berikut:
1. Guru hendaknya menggunakan media kalender cerita fiksi dalam
proses pembelajaran agar pembelajaran menjadi lebih menarik.
2. Guru hendaknya menggunakan media yang sesuai dengan materi
pembelajaran saat proses pembelajaran berlangsung agar materi yang
dijelaskan guru dapat dipahami oles siswa.
3. Bagi peneliti yang berminat mengembangkan lebih lanjut penelitian
ini, diharapkan memperhatikan keterbatasan penelitian ini, sehingga
penelitian selanjutnya dapat menyempurnakan hasil penelitian ini.
untuk meningkatkan keterampilan menulis kreatif siswa kelas IV MIN 3 Bone.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui sejauh mana kemampuan menulis
kreatif siswa menggunaan media kalender cerita fiksi. Jenis penelitian ini
merupakan penelitian kuantitatif Pre-Eksperimental dengan desainOne Group
Pretest-Posttest Design. Sampel penelitian ini adalah murid kelas IV MIN 3 Bone
Kecamatan Ulaweng yang berjumlah 25 siswa. Berdasarkan penelitian dan hasil
analisis data, maka dapat disimpulkan bahwa penggunaan media kalender cerita
fiksi efektiv dalam keterampilan menulis kreatif siswa kelas IV MIN 3 Bone. Hal
ini dapat dilihat dari rata-rata hasil posttest yang diperoleh dari keterampilan
menulis kreatif siswa setelah diterapkan penggunaan media kalender cerita fiksi
lebih tinggi dibandingkan dengan rata-rata hasil pretest sebelum diterapkan
penggunaan media kalender cerita fiksi. Rata-rata pretest yang diperoleh sebelum
diterapkan penggunaan media kalender cerita fiksi yaitu 77,50 dan setelah
diterapkan penggunaan media kalender cerita fiksi,diperoleh rata-rata nilai
posttest yaitu 84,50. Adapun nilai Uji Efektivitas N-Gain Score sebesar 60,22
berdasarkan tafsiran efektivitas N-Gain score termasuk dalam kategori cukup
efektif.
A. Simpulan
Berdasarkan hasil dan pembahasan peneliti terkait efektivitas
penggunaan media kalender cerita fiksi kelas IV MIN 3 Bone.
1. Hasilketerampilan menulis kreatif siswa sebelum menggunakan media
kalenderceritafiksi(Pretest) dapat dilihat dari nilai siswa mulai dari
yang terendah sampai yang tertinggi. Nilai terendah 60 sedangkan
nilai tertinggi 95. Dengan nilai rata-rata yaitu 75.50 kategori sedang.
2. Hasil keterampilan menulis kreatif siswa setelah menggunakan media
kalender cerita fiksi (Posttest) dapat dilihat dari nilai siswa mulai dari
yang terendah sampai yang tertinggi. Nilai terendah 70 sedangkan
nilai tertinggi 99. Dengan nilai rata-rata yaitu 84.50 kategori tinggi.
3. Media kalender cerita fiksi efektif dalam meningkatkan keterampilan
menulis kreatif siswa pada pembelajaran Bahasa Indonesia kelas IV
MIN 3 Bonedengan nilai efektivitas N-Gain Score sebesar 60,22
masuk pada kategori cukup efektiv.
B. Saran
Berdasarkan simpulan di atas, maka peneliti memberika beberapa
saran sebagai berikut:
1. Guru hendaknya menggunakan media kalender cerita fiksi dalam
proses pembelajaran agar pembelajaran menjadi lebih menarik.
2. Guru hendaknya menggunakan media yang sesuai dengan materi
pembelajaran saat proses pembelajaran berlangsung agar materi yang
dijelaskan guru dapat dipahami oles siswa.
3. Bagi peneliti yang berminat mengembangkan lebih lanjut penelitian
ini, diharapkan memperhatikan keterbatasan penelitian ini, sehingga
penelitian selanjutnya dapat menyempurnakan hasil penelitian ini.
Ketersediaan
| STAR20230352 | 352/2023 | Perpustakaan Pusat | Tersedia |
Informasi Detil
Judul Seri
-
No. Panggil
352/2023
Penerbit
IAIN BONE : Watampone., 2023
Deskripsi Fisik
-
Bahasa
Indonesia
ISBN/ISSN
-
Klasifikasi
Skripsi Tarbiyah
Informasi Detil
Tipe Isi
-
Tipe Media
-
Tipe Pembawa
-
Edisi
-
Subyek
Info Detil Spesifik
-
Pernyataan Tanggungjawab
-
Tidak tersedia versi lain
