Pembiasaan Perilaku Hidup Bersih Dan Pada Anak Usia Dini Di TK Mekar Desa Poleonro Kecamatan Lamuru Kabupaten Bone
Resti Dwi Auliyah/862072019014 - Personal Name
Skripsi ini membahas Pembiasaan Perilaku Hidup Bersih Pada Anak Usia
Dini Di TK Mekar Desa Poleonro Kecamatan Lamuru Kabupaten Bone. Adapun
yang menjadi masalah dalam skripsi ini adalah Cara Guru Mengajarkan
Pembiasaan Perilaku Hidup Bersih Pada Anak Usia Dini Di TK Mekar Desa
Poleonro Kecematan Lamuru Kabupaten Bone. Dan Bagaimana Pembiasaan
Perilaku Hidup Bersih Pada Anak Usia Dini Di TK Mekar Desa Poleonro
Kecamatan Lamuru Kabupaten Bone.
Untuk memudahkan penelitian ini digunakan jenis penelitian kualitatif
dengan menggunakan pendekatan paedagogik, pendekatan sosiologi, dan
pendekatan psikologis. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu jenis
penelitian lapangan (kualitatif).
Adapun hasil dari penelitian ini. Pertama Cara guru mengajarkan pembiasaan
perilaku hidup bersih pada anak usia dini di TK Mekar Desa Poleonro Kecamatan
Lamuru Kabupaten Bone yaitu terdiri atas: a) Rutin, b) Spontan, dan c)
Keteladanan. Kedua Terdapat tiga pembiasaan perilaku hidup bersih pada anak
usia dini di TK Mekar Desa Poleonro Kecamatan Lamuru Kabupaten Bone, yaitu:
a) Mencuci tangan dengan air yang mengalir menggunakan sabun, b) Membuang
sampah pada tempatnya, dan c) Menggunakan jamban bersih.
A. Simpulan
Berdasarkan penelitian yang telah dilakukan penulis dengan judul
pembiasaan perilaku hidup bersih pada anak usia dini di TK Mekar Desa Poleonro
Kecamatan Lamuru Kabupaten Bone. Maka yang menjadi simpulan dalam
pembahasan skripsi ini adalah sebagai berikut:
1. Cara guru mengajarkan pembiasaan perilaku hidup bersih pada anak usia dini
di TK Mekar Desa Poleonro Kecamatan Lamuru Kabupaten Bone yaitu
terdiri atas: a) Rutin, b) Spontan, dan c) Keteladanan.
2. Terdapat tiga pembiasaan perilaku hidup bersih pada anak usia dini di TK
Mekar Desa Poleonro Kecamatan Lamuru Kabupaten Bone, yaitu: a)
Mencuci tangan dengan air yang mengalir menggunakan sabun, b)
Membuang sampah pada tempatnya, dan c) Menggunakan jamban bersih.
B. Implikasi
Beranjak dari ungkapan yang telah dikemukakan di atas, maka penulis
dapat memberikan saran sebagai berikut:
1. Kepada Kepala sekolah lebih menekankan kepada guru untuk selalu
mengingkatkan dan memperhatikan siswa dalam melakukan pembiasaan
perilaku hidup bersih di lingkungan sekolah.
2. Kepada lembaga pendidikan dalam hal ini di TK Mekar Desa Poleonro agar
dapat memberdayakan seluruh potensi guru, lebih meningkatkan kualitas dan
kekompakan saat memberikan pembiasaan perilaku hidup bersih pada anak di
Sekolah secara bersama antara guru dan siswa.
3. Kepada Orang tua, diharapkan dalam mendampingi anak di rumah bisa
memberikan juga pembiasaan perilaku hidup bersih pada anak dan menjadi
teladan saat di rumah.
4. Kepada anak, diharapkan saat berprilaku hidup bersih bukan hanya di terapkan
di sekolah tetapi berkesinambungan saat di rumah.
5. Bagi para peneliti selanjutnya, sebaiknya bisa memberikan pengembangan
hasil temuan yang bersifat pembaharuan dalam penelitian berkaitan dengan
pembiasaan perilaku hidup bersih pada anak usia dini.
Dini Di TK Mekar Desa Poleonro Kecamatan Lamuru Kabupaten Bone. Adapun
yang menjadi masalah dalam skripsi ini adalah Cara Guru Mengajarkan
Pembiasaan Perilaku Hidup Bersih Pada Anak Usia Dini Di TK Mekar Desa
Poleonro Kecematan Lamuru Kabupaten Bone. Dan Bagaimana Pembiasaan
Perilaku Hidup Bersih Pada Anak Usia Dini Di TK Mekar Desa Poleonro
Kecamatan Lamuru Kabupaten Bone.
Untuk memudahkan penelitian ini digunakan jenis penelitian kualitatif
dengan menggunakan pendekatan paedagogik, pendekatan sosiologi, dan
pendekatan psikologis. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu jenis
penelitian lapangan (kualitatif).
Adapun hasil dari penelitian ini. Pertama Cara guru mengajarkan pembiasaan
perilaku hidup bersih pada anak usia dini di TK Mekar Desa Poleonro Kecamatan
Lamuru Kabupaten Bone yaitu terdiri atas: a) Rutin, b) Spontan, dan c)
Keteladanan. Kedua Terdapat tiga pembiasaan perilaku hidup bersih pada anak
usia dini di TK Mekar Desa Poleonro Kecamatan Lamuru Kabupaten Bone, yaitu:
a) Mencuci tangan dengan air yang mengalir menggunakan sabun, b) Membuang
sampah pada tempatnya, dan c) Menggunakan jamban bersih.
A. Simpulan
Berdasarkan penelitian yang telah dilakukan penulis dengan judul
pembiasaan perilaku hidup bersih pada anak usia dini di TK Mekar Desa Poleonro
Kecamatan Lamuru Kabupaten Bone. Maka yang menjadi simpulan dalam
pembahasan skripsi ini adalah sebagai berikut:
1. Cara guru mengajarkan pembiasaan perilaku hidup bersih pada anak usia dini
di TK Mekar Desa Poleonro Kecamatan Lamuru Kabupaten Bone yaitu
terdiri atas: a) Rutin, b) Spontan, dan c) Keteladanan.
2. Terdapat tiga pembiasaan perilaku hidup bersih pada anak usia dini di TK
Mekar Desa Poleonro Kecamatan Lamuru Kabupaten Bone, yaitu: a)
Mencuci tangan dengan air yang mengalir menggunakan sabun, b)
Membuang sampah pada tempatnya, dan c) Menggunakan jamban bersih.
B. Implikasi
Beranjak dari ungkapan yang telah dikemukakan di atas, maka penulis
dapat memberikan saran sebagai berikut:
1. Kepada Kepala sekolah lebih menekankan kepada guru untuk selalu
mengingkatkan dan memperhatikan siswa dalam melakukan pembiasaan
perilaku hidup bersih di lingkungan sekolah.
2. Kepada lembaga pendidikan dalam hal ini di TK Mekar Desa Poleonro agar
dapat memberdayakan seluruh potensi guru, lebih meningkatkan kualitas dan
kekompakan saat memberikan pembiasaan perilaku hidup bersih pada anak di
Sekolah secara bersama antara guru dan siswa.
3. Kepada Orang tua, diharapkan dalam mendampingi anak di rumah bisa
memberikan juga pembiasaan perilaku hidup bersih pada anak dan menjadi
teladan saat di rumah.
4. Kepada anak, diharapkan saat berprilaku hidup bersih bukan hanya di terapkan
di sekolah tetapi berkesinambungan saat di rumah.
5. Bagi para peneliti selanjutnya, sebaiknya bisa memberikan pengembangan
hasil temuan yang bersifat pembaharuan dalam penelitian berkaitan dengan
pembiasaan perilaku hidup bersih pada anak usia dini.
Ketersediaan
| STAR20230282 | 282/2023 | Perpustakaan Pusat | Tersedia |
Informasi Detil
Judul Seri
-
No. Panggil
282/2023
Penerbit
IAIN BONE : Watampone., 2023
Deskripsi Fisik
-
Bahasa
Indonesia
ISBN/ISSN
-
Klasifikasi
Skripsi Tarbiyah
Informasi Detil
Tipe Isi
-
Tipe Media
-
Tipe Pembawa
-
Edisi
-
Subyek
Info Detil Spesifik
-
Pernyataan Tanggungjawab
-
Tidak tersedia versi lain
