Penerapan Media Maddanda untuk Meningkatkan Keaktifan Belajar Siswa dalam Menjawab Pertanyaan pada Materi IPA Kelas V SD Inpres 5/81 Lemoape

No image available for this title
Skripsi ini membahas tentang penerapan media Maddanda untuk meningkatkan
keaktifan belajar siswa dalam menjawab pertanyaan pada materi IPA kelas V SD
Inpres 5/81 Lemoape. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif khususnya
penelitian pre-eksperimental design dengan desain one group pretest-posttest
design. Adapun jenis pendekatan yang digunakan adalah pendekatan pedagogik,
yang berlangsung di kelas V SD Inpres 5/81 Lemoape. Hasil penelitian
menunjukkan bahwa data pre-test dan post-test keaktifan belajar siswa kelas V SD
Inpres 5/81 Lemoape berasal dari populasi yang berdistribusi normal, dan hasil uji
hipotesis menunjukkan bahwa nilai Sig (2-tailed) < taraf signifikansi (0.05) yaitu
0.001 < 0.05, dengan demikian H₁ diterima dan H₀ ditolak. Sehingga dapat
disimpulkan bahwa penerapan media Maddanda efektif meningkatkan keaktifan
belajar siswa pada mata pelajaran IPA siswa kelas V di SD Inpres 5/81 Lemo
A. Kesimpulan
Berdasarkan hasil dan pembahasan penelitian terkait media Maddanda
dapat meningkatkan keaktifan belajar siswa pada mata pelajaran IPA kelas Vdi SD
Inpres 5/81 Lemoape, maka dapat di simpulkan bahwa hasil analisis inferensial
menunjukkan bahwa data pre-test dan post-test keaktifan belajar siswa kelas V SD
Inpres 5/81 Lemoape berasal dari populasi yang berdistribusi normal, dan hasil uji
hipotesis menunjukkan bahwa nilai Sig (2-tailed) < taraf signifikansi (0.05) yaitu
0.001 < 0.05, dengan demikian H₁ diterima dan H₀ ditolak. Sehingga dapat
disimpulkan bahwa terdapat adanya pengaruh peningkatan keaktifan belajar siswa
pada mata pelajaran IPA siswa kelas V di SD Inpres 5/81 Lemoape sebelum dan
setelah penerapan media Maddanda. Jadi, penerapan media Maddanda efektif
dalam meningkatkan keaktifan belajar siswa pada mata pelajaran IPA siswa
kelas V di SD Inpres 5/81 Lemoape
B. Saran
Beranjak dari ungkapan yang telah dikemukakan di atas, dengan
temuan penelitian yang diuraikan di atas serta berbagai keterbatasan yang
penulis miliki dalam penelitian ini, dan implikasinya dalam upaya untuk
mempromosikan, melibatkan, dan benar-benar peduli kepada kepala sekolah,
sekolah dan guru, dapat diambil rekomendasi sebagai berikut dari hasil
penelitian ini maka penulis dapat memberikan saran sebagai berikut:
1. Kepada guru, sebagai seorang guru diharapkan mampu menyajikan
pembelajaran yang bersifat kreatif dan inovatif serta disetiap pembelajaran
bisa menyiapkan APE (Alat Pembelajaran Edukatif) sehingga memudahkan
anak dalam menyerap materi pelajaran khususnya dalam pembiasaan
penanaman karakter jujur pada anak.
2. Kepada lembaga pendidikan dalam hal ini di SD Ipres 5/81 Lemoape agar
dapat memberdayakan seluruh potensi guru, lebih meningkatkan sarana dan
prasarana yang dimliki oleh sekolah yang bermuarah pada peningkatan
kualitas anak saat belajar di sekolah terkhususunya media balok lebih
dilengkapi dan memiliki ruang tersendiri.
3. Kepada orang tua, diharapkan dalam mendampingi anak di rumah bisa
menjalin kedekatan dan menjadi teladan bagi anak dalam menstimulasi
perkembangan sosial anak.
4. Kepada anak, diharapkan saat belajar anak bisa lebih aktif dan diberikan
kesempatan untuk berbaur kepada siapa saja sebagai kesempatan anak
belajar bersosialisasi.
5. Bagi para peneliti selanjutnya, sebaiknya bisa memberikan pengembangan
hasil temuan yang bersifat pembaharuan dalam penelitian berkaitan dengan
perkembangan sosial anak yang dilakukan oleh melalui bermain kooperatif.
Ketersediaan
STAR20230176176/2023Perpustakaan PusatTersedia
Informasi Detil
Judul Seri

-

No. Panggil

-

Penerbit

IAIN BONE : Watampone.,

Deskripsi Fisik

-

Bahasa

Indonesia

ISBN/ISSN

-

Klasifikasi

Skripsi Tarbiyah

Informasi Detil
Tipe Isi

-

Tipe Media

-

Tipe Pembawa

-

Edisi

-

Info Detil Spesifik

-

Pernyataan Tanggungjawab
Tidak tersedia versi lain

Advanced Search

Gak perlu repot seting ini itu GRATIS SetUp ,Mengonlinekan SLiMS Di Internet Karena pesan web di Desawarna.com Siap : 085740069967

Pilih Bahasa

Gratis Mengonlinekan SLiMS

Gak perlu repot seting ini itu buat mengonlinekan SLiMS.
GRATIS SetUp ,Mengonlinekan SLiMS Di Internet
Karena pesan web di Desawarna.com
Kontak WhatsApp :

Siap : 085740069967

Template Perpustakaan Desawarna

Kami berharap Template SLiMS ini dapat dimanfaatkan dengan sebaik-baiknya sebagai template SLiMS bagi semua SLiMerS, serta mampu memberikan dukungan dalam pencapaian tujuan pengembangan perpustakaan dan kearsipan.. Aamiin

Top