Dampak Tontonan Film Kartun Terhadap Perilaku Sosial Anak Usia 4-5 Tahun Di Tk Sipakatau Kecamatan Tellu Siattinge Kabupaten Bone
Nurhalisah/862072019028 - Personal Name
Skripsi ini membahas tentang Dampak Tontonan Film Kartun Terhadap
Perilaku Sosial Anak Usia 4-5 Tahun di TK Sipakatau Kecamatan Tellu Siattinge.
Pokok masalah pada penelitian ini adalah bagaimana gambaran perilaku sosial anak
usia 4-5 Tahun di TK Sipakatau Kecamatan Tellu Siattingnge Kabupaten Bone dan
bagaimana dampak tontonan film kartun terhadap perilaku sosial anak usia 4-5 tahun
di TK Sipakatau Kecamatan Tellu Siattingnge Kabupaten Bone. Tujuan dalam
penelitian ini yaitu untuk mengetahui bagaimana gambaran perilaku sosial anak usia
4-5 Tahun di TK Sipakatau Kecamatan Tellu Siattingnge Kabupaten Bone dan
bagaimana dampak tontonan film kartun terhadap perilaku sosial anak usia 4-5 tahun
di TK Sipakatau Kecamatan Tellu Siattingnge Kabupaten Bone.
Jenis penelitian yang digunakan adalah kualitatif dengan pendekatan
penelitian menggunakan pendekatan penelitian deskriptif. Penelitian ini
menggunakan teknik analisis data dengan proses mereduksi data, penyajian data, dan
penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa gambaran perilaku sosial
anak terlihat ketika anak mampu merealisasikan perilaku bekerja sama, tolong
menolong dan pemaaf. Selain itu, dampak positif tontonan perilaku sosial anak
terlihat ketika sikap anak mudah berinteraksi dengan sosialnya, anak percaya diri
sehingga mudah berinteraksi dengan lingkungan sosial, suka berbagi ketika memiliki
sesuatu, terlihat akur bahkan suka menolong temannya yang sedang kesusahan, anak
memiliki pengetahuan baru, kosakata baru, serta dapat mempraktekannya. Sedangkan
dampak negatif film kartun terlihat dengan sikap anak yang terlihat cuek dengan
sekitar ketika sedang fokus menonton film kartun, tantrum ketika kesukaannya di
ambil, serta anak akan bertengkar dengan adiknya sebab memperebutkan handphone
untuk digunakan menonton film kartun
A. Simpulan
Berdasarkan penelitian yang dilakukan oleh peneliti dengan judul
penelitian tentang Dampak Tontonan Film Kartun Terhadap Perilaku
Sosial Anak Usia 4-5 Tahun di TK Sipakatau Kecamatan Tellu Siattingnge
Kabupaten Bone. Maka yang menjadi simpulan dalam pembahasan skripsi
ini adalah sebagai berikut.
1. Gambaran Perilaku Sosial Anak Usia 4-5 Tahun di TK Sipakatau
Kecamatan Tellu Siattingnge Kabupaten Bone
a. Gambaran perilaku sosial dalam hal bekerja sama ditandai dengan
sikap anak yang ketika anak mampu memanfaatkan pinsil warna
bersama dengan temannya, anak mampu bekerja sama dan bermain
bersama dengan teman sebaya, serta anak dapat bekerja sama
dengan teman sebaya dalam mengerjakan suatu proyek atau
kegiatan permainan yang dilakukan.
b. Gambaran perilaku sosial dalam hal tolong menolong ditandai
dengan sikap anak membantu temannya yang sedang
membutuhkan pertolongan, anak suka menolong temannya yang
sedang kesusahan misalnya membantu mencarikan orang tua
temannya, serta menggunakan kalimat sopan ketika membutuhkan
pertolongan.
c. Gambaran perilaku sosial dalam hal pemaaf ditandai dengan sikap
ketika anak menabrak temannya dengan tidak sengaja. Si anak
langsung menghampiri dan mengatakan maaf, ketika anak
melakukan suatu kesalahan maka anak akan mudah meminta maaf
terhadap seseorang serta mudah memaafkan orang lain sebab
melihat perilaku yang ada pada tontonannya, selain itu meminta
maaf ketika melakukan kesalahan dengan menggunakan tutur kata
yang baik.
2. Dampak Tontonan Film Kartun Terhadap Perilaku Sosial Anak Usia 4-
5 Tahun di TK Sipakatau Kecamatan Tellu Siattingnge Kabupaten
Bone
a. Tontonan film kartun berdampak positif terhadap perilaku sosial
anak yang ditandai dengan sikap anak mudah berinteraksi dengan
sosialnya, anak percaya diri sehingga mudah berinteraksi dengan
lingkungan sosial, suka berbagi ketika memiliki sesuatu, terlihat
akur bahkan suka menolong temannya yang sedang kesusahan,
anak memiliki pengetahuan baru, kosakata baru, serta dapat
mempraktekannya.
b. Tontonan film kartun berdampak negatif terhadap perilaku sosial
anak yang ditandai dengan sikap anak yang terlihat cuek dengan
sekitar ketika sedang fokus menonton film kartun, tantrum ketika
kesukaannya di ambil, serta anak akan bertengkar dengan adiknya
sebab memperebutkan handphone untuk digunakan menonton film
kartun.
B. Implikasi
Beranjak dari ungkapan yang telah dikemukakan sebelumnya,
maka penulis dapat memberikan saran sebagai berikut.
a. Kepada guru, diharapkan untuk mendukung dan membantu anak
dalam meningkatkan aspek perkembangan anak terkhusus perilaku
sosial.
b. Kepada lembaga pendidikan dalam hal ini TK Sipakatau agar dapat
mempertahankan sistem bahkan meningkatkan program dalam
mendukung aspek perkembangan anak terkhusus perilaku sosial.
c. Kepada orang tua, diharapkan untuk lebih meningkatkan
pendampingan kepada anak ketika dirumah agar ilmu yang
didapatkan anak di sekolah dapat tersimpan dengan baik sebab
adanya dukungan positif di lingkungan rumah.
d. Kepada anak, diharapkan untuk selalu mendengarkan serta
melaksanakan arahan pendidikan terutama terkait dengan
perkembangan perilaku sosial anak.
e. Bagi para peneliti selanjutnya, diharapkan untuk memberikan
pengembangan hasil temuan yang bersifat kebaharuan dalam
penelitian yang berkaitan dengan dampak tontonan film kartun
terhadap perilaku sosial anak
Perilaku Sosial Anak Usia 4-5 Tahun di TK Sipakatau Kecamatan Tellu Siattinge.
Pokok masalah pada penelitian ini adalah bagaimana gambaran perilaku sosial anak
usia 4-5 Tahun di TK Sipakatau Kecamatan Tellu Siattingnge Kabupaten Bone dan
bagaimana dampak tontonan film kartun terhadap perilaku sosial anak usia 4-5 tahun
di TK Sipakatau Kecamatan Tellu Siattingnge Kabupaten Bone. Tujuan dalam
penelitian ini yaitu untuk mengetahui bagaimana gambaran perilaku sosial anak usia
4-5 Tahun di TK Sipakatau Kecamatan Tellu Siattingnge Kabupaten Bone dan
bagaimana dampak tontonan film kartun terhadap perilaku sosial anak usia 4-5 tahun
di TK Sipakatau Kecamatan Tellu Siattingnge Kabupaten Bone.
Jenis penelitian yang digunakan adalah kualitatif dengan pendekatan
penelitian menggunakan pendekatan penelitian deskriptif. Penelitian ini
menggunakan teknik analisis data dengan proses mereduksi data, penyajian data, dan
penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa gambaran perilaku sosial
anak terlihat ketika anak mampu merealisasikan perilaku bekerja sama, tolong
menolong dan pemaaf. Selain itu, dampak positif tontonan perilaku sosial anak
terlihat ketika sikap anak mudah berinteraksi dengan sosialnya, anak percaya diri
sehingga mudah berinteraksi dengan lingkungan sosial, suka berbagi ketika memiliki
sesuatu, terlihat akur bahkan suka menolong temannya yang sedang kesusahan, anak
memiliki pengetahuan baru, kosakata baru, serta dapat mempraktekannya. Sedangkan
dampak negatif film kartun terlihat dengan sikap anak yang terlihat cuek dengan
sekitar ketika sedang fokus menonton film kartun, tantrum ketika kesukaannya di
ambil, serta anak akan bertengkar dengan adiknya sebab memperebutkan handphone
untuk digunakan menonton film kartun
A. Simpulan
Berdasarkan penelitian yang dilakukan oleh peneliti dengan judul
penelitian tentang Dampak Tontonan Film Kartun Terhadap Perilaku
Sosial Anak Usia 4-5 Tahun di TK Sipakatau Kecamatan Tellu Siattingnge
Kabupaten Bone. Maka yang menjadi simpulan dalam pembahasan skripsi
ini adalah sebagai berikut.
1. Gambaran Perilaku Sosial Anak Usia 4-5 Tahun di TK Sipakatau
Kecamatan Tellu Siattingnge Kabupaten Bone
a. Gambaran perilaku sosial dalam hal bekerja sama ditandai dengan
sikap anak yang ketika anak mampu memanfaatkan pinsil warna
bersama dengan temannya, anak mampu bekerja sama dan bermain
bersama dengan teman sebaya, serta anak dapat bekerja sama
dengan teman sebaya dalam mengerjakan suatu proyek atau
kegiatan permainan yang dilakukan.
b. Gambaran perilaku sosial dalam hal tolong menolong ditandai
dengan sikap anak membantu temannya yang sedang
membutuhkan pertolongan, anak suka menolong temannya yang
sedang kesusahan misalnya membantu mencarikan orang tua
temannya, serta menggunakan kalimat sopan ketika membutuhkan
pertolongan.
c. Gambaran perilaku sosial dalam hal pemaaf ditandai dengan sikap
ketika anak menabrak temannya dengan tidak sengaja. Si anak
langsung menghampiri dan mengatakan maaf, ketika anak
melakukan suatu kesalahan maka anak akan mudah meminta maaf
terhadap seseorang serta mudah memaafkan orang lain sebab
melihat perilaku yang ada pada tontonannya, selain itu meminta
maaf ketika melakukan kesalahan dengan menggunakan tutur kata
yang baik.
2. Dampak Tontonan Film Kartun Terhadap Perilaku Sosial Anak Usia 4-
5 Tahun di TK Sipakatau Kecamatan Tellu Siattingnge Kabupaten
Bone
a. Tontonan film kartun berdampak positif terhadap perilaku sosial
anak yang ditandai dengan sikap anak mudah berinteraksi dengan
sosialnya, anak percaya diri sehingga mudah berinteraksi dengan
lingkungan sosial, suka berbagi ketika memiliki sesuatu, terlihat
akur bahkan suka menolong temannya yang sedang kesusahan,
anak memiliki pengetahuan baru, kosakata baru, serta dapat
mempraktekannya.
b. Tontonan film kartun berdampak negatif terhadap perilaku sosial
anak yang ditandai dengan sikap anak yang terlihat cuek dengan
sekitar ketika sedang fokus menonton film kartun, tantrum ketika
kesukaannya di ambil, serta anak akan bertengkar dengan adiknya
sebab memperebutkan handphone untuk digunakan menonton film
kartun.
B. Implikasi
Beranjak dari ungkapan yang telah dikemukakan sebelumnya,
maka penulis dapat memberikan saran sebagai berikut.
a. Kepada guru, diharapkan untuk mendukung dan membantu anak
dalam meningkatkan aspek perkembangan anak terkhusus perilaku
sosial.
b. Kepada lembaga pendidikan dalam hal ini TK Sipakatau agar dapat
mempertahankan sistem bahkan meningkatkan program dalam
mendukung aspek perkembangan anak terkhusus perilaku sosial.
c. Kepada orang tua, diharapkan untuk lebih meningkatkan
pendampingan kepada anak ketika dirumah agar ilmu yang
didapatkan anak di sekolah dapat tersimpan dengan baik sebab
adanya dukungan positif di lingkungan rumah.
d. Kepada anak, diharapkan untuk selalu mendengarkan serta
melaksanakan arahan pendidikan terutama terkait dengan
perkembangan perilaku sosial anak.
e. Bagi para peneliti selanjutnya, diharapkan untuk memberikan
pengembangan hasil temuan yang bersifat kebaharuan dalam
penelitian yang berkaitan dengan dampak tontonan film kartun
terhadap perilaku sosial anak
Ketersediaan
| STAR20230246 | 246/2023 | Perpustakaan Pusat | Tersedia |
Informasi Detil
Judul Seri
-
No. Panggil
246/2023
Penerbit
IAIN BONE : Watampone., 2023
Deskripsi Fisik
-
Bahasa
Indonesia
ISBN/ISSN
-
Klasifikasi
Skripsi Tarbiyah
Informasi Detil
Tipe Isi
-
Tipe Media
-
Tipe Pembawa
-
Edisi
-
Subyek
Info Detil Spesifik
-
Pernyataan Tanggungjawab
-
Tidak tersedia versi lain
