Implementasi Strategi Pemasaran Jasa Pendidikan dalam Meningkatkan Minat Masyarakat di SMP Negeri 4 Mare

No image available for this title
Skripsi ini membahas mengenai “Implementasi Strategi Pemasaran Jasa
Pendidikan dalam Meningkatkan Minat Masyarakat di SMP Negeri 4 Mare”. Tujuan
dari penelitian ini adalah untuk mengetahui sejauh mana implementasi strategi
pemasaran jasa pendidikan dalam meningkatkan minat masyarakat. Jenis penelitian
yang digunakan dalam penelitian ini yaitu penelitian kualitatif. Penelitian ini
menggunakan pendekatan manajemen dan pendekatan sosiologis. Dalam
pengumpulan data menggunakan metode observasi, wawancara dan dokumentasi.
Data yang diperoleh dianalisis dengan cara: reduksi data, penyajian data, penarikan
kesimpulan dan verifikasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pertama, strategi
pemasaran jasa pendidikan yang dilakukan oleh SMP Negeri 4 Mare yaitu 1)
identifikasi pasar yaitu pemasaran melalui sosial media. 2) diferensiasi produk yaitu
melakukan penawaran yang berbeda dengan sekolah lain seperti memberikan baju
batik gratis dan fasilitas yang dimiliki oleh sekolah. 3) bauran pemasaran merupakan
kegiatan untuk memperkenalkan jasa pendidikan yang meliputi: produk yang
diberikan berupa layanan kurikulum, layanan ekstrakurikuler serta fasilitas sekolah.
Selanjutnya, promosi melalui penyebaran brosur ke beberapa sekolah, website
sekolah dan sosial media. Kemudian, proses pihak sekolah mengadakan rapat untuk
pembentukan panitia PPDB. Adapun, lokasi SMP Negeri 4 Mare ini cukup strategis
di mana letak sekolah yang tidak terlalu dekat dari pemukiman dan suasananya yang
tenang dan nyaman. Serta, bukti fisik terkait dengan sarana dan prasarana di SMP
Negeri 4 Mare ini bisa dikatakan sudah cukup memadai dalam menunjang proses
pembelajaran. Kedua, faktor yang mempengaruhi minat masyarakat yaitu pertama
faktor internal yang meliputi kebutuhan dan motif atau tujuan, sedangkan faktor
eksternal yang dimaksud meliputi faktor keluarga, sekolah dan lingkungan.
A. Simpulan
1. Strategi pemasaran jasa pendidikan yang dilakukan oleh SMP Negeri 4
Mare. Pertama, identifikasi pasar yaitu pihak sekolah melakukan suatu
strategi pemasaran melalui sosial media. Kedua, diferensiasi produk yaitu
melakukan penawaran yang berbeda dengan sekolah lain seperti
memberikan baju batik gratis dan fasilitas yang dimiliki oleh sekolah.
Ketiga, bauran pemasaran merupakan strategi yang digunakan untuk
memperkenalkan jasa pendidikan kepada masyarakat. pertama, produk
yang diberikan berupa layanan kurikulum, layanan ekstrakurikuler serta
fasilitas sekolah. Kedua, promosi yaitu kegiatan pemasaran jasa pendidikan
melalui baik dari segi visual, maupun audio visual. Ketiga, proses yaitu
pihak sekolah mengadakan rapat untuk pembentukan panitia PPDB.
Keempat, lokasi SMP Negeri 4 Mare ini cukup strategis dalam melakukan
kegiatan proses pembelajaran. Kelima, bukti fisik yaitu terkait dengan
sarana dan prasarana di SMP Negeri 4 Mare ini bisa dikatakan sudah cukup
memadai dalam menunjang proses pembelajaran.
2. Faktor yang mempengaruhi dalam meningkatkan minat masyarakat di SMP
Negeri 4 Mare, dilihat dari dua faktor yaitu faktor internal yang meliputi
kebutuhan dalam hal ini adalah bukti fisik sebagai penunjang proses belajar
mengajar dan kegiatan ekstrakurikuler sebagai kegiatan pengembangan
minat dan bakat siswa, dan motif atau tujuan dalam hal ini adalah pembinaan
peserta didik melalui implementasi visi misi. Sedangkan faktor eksternal
meliputi aspek keluarga yang meliputi support dan dukungan dari keluarga,
sekolah yang meliputi pemanfaatan fasilitas dan kurikulum untuk
mengembangkan prinsip pembelajaran siswa dan membangun lingkungan
positif seperti melakukan kegiatan pembiasaan seperti salat zuhur
berjamaah, membersihkan lingkungan sekolah, salat duha berjamaah, SKJ
dan literasi digital.
B. Saran
Berdasarkan hasil penelitian ini, penulis mempunyai saran kepada pihak-
pihak terkait, adapun saran yang penulis maksud yaitu:
1. Diharapkan kepada pihak panitia PPDB sekolah lebih meningkatkan strategi
dalam melakukan pemasaran sekolah dengan memberikan inovasi yang lebih
menarik atau gagasan terbaru agar mampu bersaing dengan sekolah lainnya
untuk menarik minat peserta didik kedepannya.
2. Diharapkan kepada admin sekolah yang bertanggung jawab dalam
mengelolah akun sosial media sekolah agar lebih meningkatkan kualitas
konten-konten atau informasi terkait dengan kegiatan, serta lebih rajin dalam
mengunggah suatu kegiatan untuk ke depannya.
Ketersediaan
STAR20230340340/2023Perpustakaan PusatTersedia
Informasi Detil
Judul Seri

-

No. Panggil

340/2023

Penerbit

IAIN BONE : Watampone.,

Deskripsi Fisik

-

Bahasa

Indonesia

ISBN/ISSN

-

Klasifikasi

Skripsi Tarbiyah

Informasi Detil
Tipe Isi

-

Tipe Media

-

Tipe Pembawa

-

Edisi

-

Info Detil Spesifik

-

Pernyataan Tanggungjawab
Tidak tersedia versi lain

Advanced Search

Gak perlu repot seting ini itu GRATIS SetUp ,Mengonlinekan SLiMS Di Internet Karena pesan web di Desawarna.com Siap : 085740069967

Pilih Bahasa

Gratis Mengonlinekan SLiMS

Gak perlu repot seting ini itu buat mengonlinekan SLiMS.
GRATIS SetUp ,Mengonlinekan SLiMS Di Internet
Karena pesan web di Desawarna.com
Kontak WhatsApp :

Siap : 085740069967

Template Perpustakaan Desawarna

Kami berharap Template SLiMS ini dapat dimanfaatkan dengan sebaik-baiknya sebagai template SLiMS bagi semua SLiMerS, serta mampu memberikan dukungan dalam pencapaian tujuan pengembangan perpustakaan dan kearsipan.. Aamiin

Top