Efektivitas Penggunaan Media Paperka Dalam Meningkatkan Pemahaman Konsep Dasar Perkalian Siswa Kelas II MI Nurul Hikmah Kab. Bone
Andi Alma Rezki Indriani/862322019001 - Personal Name
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas penggunaan media
paperka dalam meningkatkan pemahaman konsep dasar perkalian siswa MI Darul
Hikmah. Penelitian ini dilakukan melalui metode kuantitatif menggunakan
penelitian jenis Pre- Eksperimental Desaign dengan pola One Group Pretest-
Posttest Design. Adapun teknik pengumpulan data menggunakan observasi, tes
dan dokumentasi. Kemudian dilakukan pengelolaaan data melalui hasil analisis
inferensial uji paired sample test dengan menggunakan bantuan pengolaan data
SPSS. Hasil penelitian menunujukkan bahwa penggunaan media paperka dapat
meningkatkan pemahaman konsep dasar perkalian siswa MI Darul Hikmah. Hal
ini dibuktikan melalui hasil analisis uji paired sampe t-test diperoleh sig (2-tailed)
sebesar 0.001 yang berarti kecil dari α yaitu 0.05 ( 0,001 < 0,05) yang berarti
bahwa terdapat pengaruh yang signifikan dari Efektivitas penggunaan media
paperka dalam meningkatkan pemahaman konsep dasar perkalian siswa kelas II
MI Darul Hikmah.
A. Kesimpulan
Berdasarkan rumusan masalah, analisis data dan pembahasan yang
telah dilakukan peneliti terhadap hasil penelitian ini, maka disimpulkan
bahwa : Penggunaan media papan perkalian angka (paperka) dalam
meningkatkan pemahaman konsep dasar perkalian siswa MI Darul Hikmah
yang berdasarkan hasil analisis inferensial uji paired sample test dengan
menggunakan bantuan pengolaan data SPSS diperoleh sig (2-tailed)
sebesar 0.001 yang berarti kecil dari α yaitu 0.05 ( 0,001 < 0,05) yang
berarti bahwa terdapat pengaruh yang signifikan dari Efektivitas
penggunaan media papan perkalian angka (paperka) dalam meningkatkan
pemahaman konsep dasar perkalian siswa kelas MI DARUL HIKMAH
B. Saran
Berdasarkan apa yang telah dismpulkan dari hasil penelitian ini,
makapenulis memiliki bebersapa saran yang mungkin dapat dilaksanakan
agar dapat meningkatkan kemampuan pemahaman konsep pecahan siswa,
yaitu:
1. Kepada guru kelas II MI DARUL HIKMAH yang mengampu
pembelajaran Matematika agar dalam proses pembelajaran dengan
materi perkalian disarankan untuk dapat mengajar dengan
menggunakan media papan perkalian angka (paperka).
2. Kepada seluruh tenaga pendidik dibidang ilmu Matematika
hendaknya memperkenalkan media pembelajaran yang menarik agar
siswa dapat mengeksplor kemampuanya dalam proses pembelajaran.
Kepada peneliti lain yang berniat menjadikan acuan dalam
melaksanakan penelitian selanjutnya yang pada masanya nanti akan
melahirkan suatu tulisan baru yang lebih baik dan lengkap.
paperka dalam meningkatkan pemahaman konsep dasar perkalian siswa MI Darul
Hikmah. Penelitian ini dilakukan melalui metode kuantitatif menggunakan
penelitian jenis Pre- Eksperimental Desaign dengan pola One Group Pretest-
Posttest Design. Adapun teknik pengumpulan data menggunakan observasi, tes
dan dokumentasi. Kemudian dilakukan pengelolaaan data melalui hasil analisis
inferensial uji paired sample test dengan menggunakan bantuan pengolaan data
SPSS. Hasil penelitian menunujukkan bahwa penggunaan media paperka dapat
meningkatkan pemahaman konsep dasar perkalian siswa MI Darul Hikmah. Hal
ini dibuktikan melalui hasil analisis uji paired sampe t-test diperoleh sig (2-tailed)
sebesar 0.001 yang berarti kecil dari α yaitu 0.05 ( 0,001 < 0,05) yang berarti
bahwa terdapat pengaruh yang signifikan dari Efektivitas penggunaan media
paperka dalam meningkatkan pemahaman konsep dasar perkalian siswa kelas II
MI Darul Hikmah.
A. Kesimpulan
Berdasarkan rumusan masalah, analisis data dan pembahasan yang
telah dilakukan peneliti terhadap hasil penelitian ini, maka disimpulkan
bahwa : Penggunaan media papan perkalian angka (paperka) dalam
meningkatkan pemahaman konsep dasar perkalian siswa MI Darul Hikmah
yang berdasarkan hasil analisis inferensial uji paired sample test dengan
menggunakan bantuan pengolaan data SPSS diperoleh sig (2-tailed)
sebesar 0.001 yang berarti kecil dari α yaitu 0.05 ( 0,001 < 0,05) yang
berarti bahwa terdapat pengaruh yang signifikan dari Efektivitas
penggunaan media papan perkalian angka (paperka) dalam meningkatkan
pemahaman konsep dasar perkalian siswa kelas MI DARUL HIKMAH
B. Saran
Berdasarkan apa yang telah dismpulkan dari hasil penelitian ini,
makapenulis memiliki bebersapa saran yang mungkin dapat dilaksanakan
agar dapat meningkatkan kemampuan pemahaman konsep pecahan siswa,
yaitu:
1. Kepada guru kelas II MI DARUL HIKMAH yang mengampu
pembelajaran Matematika agar dalam proses pembelajaran dengan
materi perkalian disarankan untuk dapat mengajar dengan
menggunakan media papan perkalian angka (paperka).
2. Kepada seluruh tenaga pendidik dibidang ilmu Matematika
hendaknya memperkenalkan media pembelajaran yang menarik agar
siswa dapat mengeksplor kemampuanya dalam proses pembelajaran.
Kepada peneliti lain yang berniat menjadikan acuan dalam
melaksanakan penelitian selanjutnya yang pada masanya nanti akan
melahirkan suatu tulisan baru yang lebih baik dan lengkap.
Ketersediaan
| STAR20230386 | 386/2023 | Perpustakaan Pusat | Tersedia |
Informasi Detil
Judul Seri
-
No. Panggil
406/2023
Penerbit
IAIN BONE : Watampone., 2023
Deskripsi Fisik
-
Bahasa
Indonesia
ISBN/ISSN
-
Klasifikasi
Skripsi Tarbiyah
Informasi Detil
Tipe Isi
-
Tipe Media
-
Tipe Pembawa
-
Edisi
-
Subyek
Info Detil Spesifik
-
Pernyataan Tanggungjawab
-
Tidak tersedia versi lain
