Pengaruh Self Service Technology Terhadap Kepuasaan Nasabah BSI KCP Bone
Rezky Awalia Amanda M/612062019164 - Personal Name
Self Service Technology menjadi salah satu bentuk inovasi yang
diciptakan oleh bank agar dianggap mengikuti perkembangan dan bisa lebih
memberikan kemudahan kepada nasabah. Berbagai fitur pun diberikan oleh pihak
perbankan agar mememberikan kemudahan kepada para nasabah sekaligus agar
dapat menarik perhatian dari masyarakat untuk menggunakan fitur tersebut.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah layanan Self Service
Technology berpengaruh positif dan signifikan terhadap kepuasaan nasabah.
penelitian ini menggunakan jenis penelitian lapangan dengan metode
pendekatan kuantitatif. Teknik pengumpulan data menggunakan kuesioner yang
disebar melalui google form yang di ukur menggunakan skala likert. Data dalam
penelitian ini menggunakan 100 responden nasabah BSI. Teknik analisis yang
digunakan adalah uji statistik melalui uji regresi linier sederhana, uji t dan uji
koefisien determinasi (R2).
Hasil penelitian yang diperoleh menunjukan bahwa self service
technology berpengaruh positif dan signifikan terhadap kepuasaan nasabah
dengan nilai sebesar 24,8% sementara sisanya 75,2% dipengaruhi oleh variabel
lain yang tidak digunakan dalam penelitian ini.
A. Kesimpulan
Berdasarkan hasil penelitian dan pembahasan maka kesimpulan pada
penelitian ini adalah Berdasarkan hasil pengujian hipotesis yang telah
dilakukan membuktikan bahwa variabel self service technology berpengaruh
positif dan signifikan terhadap kepuasaan nasabah. Self service technology
mempengaruhi kepuasaan nasabah sebesar 24,8% sementara sisanya sebesar
75,2% dipengaruhi oleh factor lain diluar model penelitian.
B. Saran
Berdasarkan hasil penelitian dan pembahasan terdapat beberapa saran yang
diberikan oleh penelitian ini:
1. Dari hasil pengolahan data yang dilakukan oleh peneliti terdapat beberapa
jawaban responden yang merasa kurang puas dengan tingkat keamanan
yang dimiliki oleh pihak perbankan hal ini dapat dilihat pada hasil analisis
yang terdapat pada tabulasi data. Oleh karena itu bagi pihak perbankan
diharapkan tingkat keamanan menjadi prioritas paling tinggi dalam
mempertahankan dan meningkatkan kualitas layanan dari fasilitas self
service technology sehingga kedepannya dapat menjadi alasan utama
dalam menggunakan produk bank syariah.
2. Bagi peneliti selanjutnya diharapkan bisa menambahkan variabel lain
seperti sms banking, selain itu menambahkan variabel lain seperti
hubungan pemasaran guna untuk memperkuat dan memperluas tentang
penelitian dari fasilitas self service technology yang berdampak pada
kepuasaan nasabah dalam sektor perbankan syariah.
3. Diharapkan peneliti selanjutnya menambahkan jumlah sampel untuk
mendapatkan hasil yang lebih akurat. Karena semakin banyak jumlah
sampel maka akan semakin mewakili dari popualasi yang yang ada dan
data yang dihasilkan akan representative (mewakili keadaan yang
sebenarnya
diciptakan oleh bank agar dianggap mengikuti perkembangan dan bisa lebih
memberikan kemudahan kepada nasabah. Berbagai fitur pun diberikan oleh pihak
perbankan agar mememberikan kemudahan kepada para nasabah sekaligus agar
dapat menarik perhatian dari masyarakat untuk menggunakan fitur tersebut.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah layanan Self Service
Technology berpengaruh positif dan signifikan terhadap kepuasaan nasabah.
penelitian ini menggunakan jenis penelitian lapangan dengan metode
pendekatan kuantitatif. Teknik pengumpulan data menggunakan kuesioner yang
disebar melalui google form yang di ukur menggunakan skala likert. Data dalam
penelitian ini menggunakan 100 responden nasabah BSI. Teknik analisis yang
digunakan adalah uji statistik melalui uji regresi linier sederhana, uji t dan uji
koefisien determinasi (R2).
Hasil penelitian yang diperoleh menunjukan bahwa self service
technology berpengaruh positif dan signifikan terhadap kepuasaan nasabah
dengan nilai sebesar 24,8% sementara sisanya 75,2% dipengaruhi oleh variabel
lain yang tidak digunakan dalam penelitian ini.
A. Kesimpulan
Berdasarkan hasil penelitian dan pembahasan maka kesimpulan pada
penelitian ini adalah Berdasarkan hasil pengujian hipotesis yang telah
dilakukan membuktikan bahwa variabel self service technology berpengaruh
positif dan signifikan terhadap kepuasaan nasabah. Self service technology
mempengaruhi kepuasaan nasabah sebesar 24,8% sementara sisanya sebesar
75,2% dipengaruhi oleh factor lain diluar model penelitian.
B. Saran
Berdasarkan hasil penelitian dan pembahasan terdapat beberapa saran yang
diberikan oleh penelitian ini:
1. Dari hasil pengolahan data yang dilakukan oleh peneliti terdapat beberapa
jawaban responden yang merasa kurang puas dengan tingkat keamanan
yang dimiliki oleh pihak perbankan hal ini dapat dilihat pada hasil analisis
yang terdapat pada tabulasi data. Oleh karena itu bagi pihak perbankan
diharapkan tingkat keamanan menjadi prioritas paling tinggi dalam
mempertahankan dan meningkatkan kualitas layanan dari fasilitas self
service technology sehingga kedepannya dapat menjadi alasan utama
dalam menggunakan produk bank syariah.
2. Bagi peneliti selanjutnya diharapkan bisa menambahkan variabel lain
seperti sms banking, selain itu menambahkan variabel lain seperti
hubungan pemasaran guna untuk memperkuat dan memperluas tentang
penelitian dari fasilitas self service technology yang berdampak pada
kepuasaan nasabah dalam sektor perbankan syariah.
3. Diharapkan peneliti selanjutnya menambahkan jumlah sampel untuk
mendapatkan hasil yang lebih akurat. Karena semakin banyak jumlah
sampel maka akan semakin mewakili dari popualasi yang yang ada dan
data yang dihasilkan akan representative (mewakili keadaan yang
sebenarnya
Ketersediaan
| SFEBI20230148 | 148/2023 | Perpustakaan Pusat | Tersedia |
Informasi Detil
Judul Seri
-
No. Panggil
148/2023
Penerbit
IAIN BONE : Watampone., 2023
Deskripsi Fisik
-
Bahasa
Indonesia
ISBN/ISSN
-
Klasifikasi
Skripsi FEBI
Informasi Detil
Tipe Isi
-
Tipe Media
-
Tipe Pembawa
-
Edisi
-
Subyek
Info Detil Spesifik
-
Pernyataan Tanggungjawab
-
Tidak tersedia versi lain
