Pengaruh Self Service Technology Terhadap Kepuasaan Nasabah BSI KCP Bone

No image available for this title
Self Service Technology menjadi salah satu bentuk inovasi yang
diciptakan oleh bank agar dianggap mengikuti perkembangan dan bisa lebih
memberikan kemudahan kepada nasabah. Berbagai fitur pun diberikan oleh pihak
perbankan agar mememberikan kemudahan kepada para nasabah sekaligus agar
dapat menarik perhatian dari masyarakat untuk menggunakan fitur tersebut.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah layanan Self Service
Technology berpengaruh positif dan signifikan terhadap kepuasaan nasabah.
penelitian ini menggunakan jenis penelitian lapangan dengan metode
pendekatan kuantitatif. Teknik pengumpulan data menggunakan kuesioner yang
disebar melalui google form yang di ukur menggunakan skala likert. Data dalam
penelitian ini menggunakan 100 responden nasabah BSI. Teknik analisis yang
digunakan adalah uji statistik melalui uji regresi linier sederhana, uji t dan uji
koefisien determinasi (R2).
Hasil penelitian yang diperoleh menunjukan bahwa self service
technology berpengaruh positif dan signifikan terhadap kepuasaan nasabah
dengan nilai sebesar 24,8% sementara sisanya 75,2% dipengaruhi oleh variabel
lain yang tidak digunakan dalam penelitian ini.
A. Kesimpulan
Berdasarkan hasil penelitian dan pembahasan maka kesimpulan pada
penelitian ini adalah Berdasarkan hasil pengujian hipotesis yang telah
dilakukan membuktikan bahwa variabel self service technology berpengaruh
positif dan signifikan terhadap kepuasaan nasabah. Self service technology
mempengaruhi kepuasaan nasabah sebesar 24,8% sementara sisanya sebesar
75,2% dipengaruhi oleh factor lain diluar model penelitian.
B. Saran
Berdasarkan hasil penelitian dan pembahasan terdapat beberapa saran yang
diberikan oleh penelitian ini:
1. Dari hasil pengolahan data yang dilakukan oleh peneliti terdapat beberapa
jawaban responden yang merasa kurang puas dengan tingkat keamanan
yang dimiliki oleh pihak perbankan hal ini dapat dilihat pada hasil analisis
yang terdapat pada tabulasi data. Oleh karena itu bagi pihak perbankan
diharapkan tingkat keamanan menjadi prioritas paling tinggi dalam
mempertahankan dan meningkatkan kualitas layanan dari fasilitas self
service technology sehingga kedepannya dapat menjadi alasan utama
dalam menggunakan produk bank syariah.
2. Bagi peneliti selanjutnya diharapkan bisa menambahkan variabel lain
seperti sms banking, selain itu menambahkan variabel lain seperti
hubungan pemasaran guna untuk memperkuat dan memperluas tentang
penelitian dari fasilitas self service technology yang berdampak pada
kepuasaan nasabah dalam sektor perbankan syariah.
3. Diharapkan peneliti selanjutnya menambahkan jumlah sampel untuk
mendapatkan hasil yang lebih akurat. Karena semakin banyak jumlah
sampel maka akan semakin mewakili dari popualasi yang yang ada dan
data yang dihasilkan akan representative (mewakili keadaan yang
sebenarnya
Ketersediaan
SFEBI20230148148/2023Perpustakaan PusatTersedia
Informasi Detil
Judul Seri

-

No. Panggil

148/2023

Penerbit

IAIN BONE : Watampone.,

Deskripsi Fisik

-

Bahasa

Indonesia

ISBN/ISSN

-

Klasifikasi

Skripsi FEBI

Informasi Detil
Tipe Isi

-

Tipe Media

-

Tipe Pembawa

-

Edisi

-

Info Detil Spesifik

-

Pernyataan Tanggungjawab
Tidak tersedia versi lain

Advanced Search

Gak perlu repot seting ini itu GRATIS SetUp ,Mengonlinekan SLiMS Di Internet Karena pesan web di Desawarna.com Siap : 085740069967

Pilih Bahasa

Gratis Mengonlinekan SLiMS

Gak perlu repot seting ini itu buat mengonlinekan SLiMS.
GRATIS SetUp ,Mengonlinekan SLiMS Di Internet
Karena pesan web di Desawarna.com
Kontak WhatsApp :

Siap : 085740069967

Template Perpustakaan Desawarna

Kami berharap Template SLiMS ini dapat dimanfaatkan dengan sebaik-baiknya sebagai template SLiMS bagi semua SLiMerS, serta mampu memberikan dukungan dalam pencapaian tujuan pengembangan perpustakaan dan kearsipan.. Aamiin

Top