Efektivitas Penerapan Syntaxis Method Berbantuan Media Word colour dalam Meningkatkan Keterampilan Membaca Intensif pada Kelas III MI Nurul Ulum Bajoe Kabupaten Bone
Riska Oktavianti/862322019098 - Personal Name
Skripsi ini membahas tentang efektivitas penerapan syntaxis method
berbantuan media word colour dalam meningkatkan keterampilan membaca
intensif pada Kelas III MI Nurul Ulum Bajoe Kabupaten Bone.
Penelitian ini merupakan penelitian pre-eksperiment one group pre-test-
posttest. Pendekatan yang digunakan terdiri atas empat, yakni paedagogis,
psikologis serta sosiologis. Populasi dalam penelitian ini yaitu seluruh siswa di
MI Nurul Ulum Bajoe Kabupaten Bone yang berjumlah 239 orang dengan jumlah
sampel sebanyak 16 siswa. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi,
tes/angket dan dokumentasi. Analisis data yang digunakan yakni deksriptif
kuantitatif dan analisis inferensial dengan bantuan aplikasi IBM SPSS.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa nilai rata-rata pre-test kemampuan
membaca intensif siswa pada kelas III yaitu 31,25 sedangkan setelah penerapan
syntaxis method berbantuan media word colour diterapkan mengalami
peningkatan sebesar 81,88 pada post-test. Penerapan syntaxis method berbantuan
media word colour efektif meningkatkan keterampilan membaca intensif siswa di
kelas III MI Nurul Ulum Bajoe Kabupaten Bone dengan nilai signifikansi sebesar
0.000 < 0,05 dan nilai N-Gain sebesar 73.64%.
A. Kesimpulan
Berdasarkan rumusan masalah, analisis data dan pembahasan yang telah
dilakukan peneliti terhahap hasil penelitian ini maka dapat disimpulkan bahwa:
1. Keterampilan membaca intensif siswa pada Kelas III MI Nurul Ulum
Bajoe Kabupaten Bone sebelum penerapan syntaxis method berbantuan
media word colour yaitu sebesar 31,25.
2. Keterampilan membaca intensif siswa pada Kelas III MI Nurul Ulum
Bajoe Kabupaten Bone setelah penerapan syntaxis method berbantuan
media word colour yaitu sebesar 81,88.
3. Penerapan metode syntax berbantuan media word colour cukup efektif
meningkatkan keterampilan membaca intensif siswa di kelas III MI Nurul
Ulum Bajoe Kabupaten Bone dengan nilai signifikansi 0.000
berbantuan media word colour dalam meningkatkan keterampilan membaca
intensif pada Kelas III MI Nurul Ulum Bajoe Kabupaten Bone.
Penelitian ini merupakan penelitian pre-eksperiment one group pre-test-
posttest. Pendekatan yang digunakan terdiri atas empat, yakni paedagogis,
psikologis serta sosiologis. Populasi dalam penelitian ini yaitu seluruh siswa di
MI Nurul Ulum Bajoe Kabupaten Bone yang berjumlah 239 orang dengan jumlah
sampel sebanyak 16 siswa. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi,
tes/angket dan dokumentasi. Analisis data yang digunakan yakni deksriptif
kuantitatif dan analisis inferensial dengan bantuan aplikasi IBM SPSS.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa nilai rata-rata pre-test kemampuan
membaca intensif siswa pada kelas III yaitu 31,25 sedangkan setelah penerapan
syntaxis method berbantuan media word colour diterapkan mengalami
peningkatan sebesar 81,88 pada post-test. Penerapan syntaxis method berbantuan
media word colour efektif meningkatkan keterampilan membaca intensif siswa di
kelas III MI Nurul Ulum Bajoe Kabupaten Bone dengan nilai signifikansi sebesar
0.000 < 0,05 dan nilai N-Gain sebesar 73.64%.
A. Kesimpulan
Berdasarkan rumusan masalah, analisis data dan pembahasan yang telah
dilakukan peneliti terhahap hasil penelitian ini maka dapat disimpulkan bahwa:
1. Keterampilan membaca intensif siswa pada Kelas III MI Nurul Ulum
Bajoe Kabupaten Bone sebelum penerapan syntaxis method berbantuan
media word colour yaitu sebesar 31,25.
2. Keterampilan membaca intensif siswa pada Kelas III MI Nurul Ulum
Bajoe Kabupaten Bone setelah penerapan syntaxis method berbantuan
media word colour yaitu sebesar 81,88.
3. Penerapan metode syntax berbantuan media word colour cukup efektif
meningkatkan keterampilan membaca intensif siswa di kelas III MI Nurul
Ulum Bajoe Kabupaten Bone dengan nilai signifikansi 0.000
Ketersediaan
| STAR20230374 | 374/2023 | Perpustakaan Pusat | Tersedia |
Informasi Detil
Judul Seri
-
No. Panggil
374/2023
Penerbit
IAIN BONE : Watampone., 2024
Deskripsi Fisik
-
Bahasa
Indonesia
ISBN/ISSN
-
Klasifikasi
Skripsi Tarbiyah
Informasi Detil
Tipe Isi
-
Tipe Media
-
Tipe Pembawa
-
Edisi
-
Subyek
Info Detil Spesifik
-
Pernyataan Tanggungjawab
-
Tidak tersedia versi lain
