Efektivitas Media Uno Stacko Dalam Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Pada Pembelajaran IPA kelas IV MI Nurul Yaqin Lompo Kecamatan Awangpone
Rosnawati/862322019036 - Personal Name
Penelitian ini Untuk mengetahui efektivitas media Uno Stacko dalam
meningkatkan kemampuan berpikir kritis siswa dalam pembelajaran IPA kelas IV
MI Nurul Yaqin Lompo. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah
penelitian kuantitatif dengan desain yang digunakan desain One Group Pretest-
Posttest Design. Dalam penelitian ini yang menjadi sampel adalah seluruh siswa
kelas IV MI Nurul Yaqin Lompo berjumlah 22 orang. Instrumen yang digunakan
dalam penelitian ini berupa tes berpikir kritis berbentuk pilihan ganda. Kemudian
dilakukan analisis data menggunakan analisis statistik deskriptif melalui program
Statistical Package Social Science (SPSS) Versi 22.
Hasil penelitian ini yaitu: 1.) Kemampuan berpikir kritis pada pembelajaran IPA
kelas IV MI Nurul Yaqin Lompo sebelum menggunakan media uno stack
memiliki nilai terendah 33.00, nilai tertinggi 60.00 dan nilai rata-rata yang
diperoleh pada pretest sebesar 45.22. 2). Sedangkan kemampuan berpikir kritis
pada pembelajaran IPA kelas IV MI Nurul Yaqin Lompo setelah menggunakan
media uno stack memiliki nilai terendah 73.00, nilai tertinggi 93.00 dan nilai rata-
rata yang diperoleh pada pretest sebesar 84.31. 3). Media uno stack efektif dalam
meningkatkan kemampuan berpikir kritis siswa pada pembelajaran IPA kelas IV
MI Nurul Yaqin Lompo menunjukkan bahwa dalam kelompok eksperimen t
hitung = 20.585> t tabel = 1,914 yang artinya H 0 ditolak dan H 1 diterima. H 0
adalah dugaan tidak diterima atau ditolak sedangkang H 1 adalah dugaan diterima.
A. Kesimpulan
Berdasarkan rumusan masalah, analisis data dan pembahasan yang
telah dilakukan peneliti terhadap hasil penelitian ini, maka dapat disimpulkan
bahwa:
1. Kemampuan berpikir kritis pada pembelajaran IPA kelas IV MI Nurul
Yaqin Lompo sebelum menggunakan media Uno Stack memiliki nilai
terendah 33.00, nilai tertinggi 60.00 dan nilai rata-rata yang diperoleh
pada pretest sebesar 45.22.
2. Kemampaun berpikir kritis pada pembelajaran IPA kelas IV MI Nurul
Yaqin Lompo setelah menggunakan media Uno Stacko memiliki nilai
terendah 73,00 nilai tertinggi 93,00 dan nilai rata-rata yang diperoleh
pada posttest sebesar 84,31. Pada saat melakukan posttest nilai siswa
terlihat tinggi karena telah menggunakan media Uno Stacko sebagai alat
untuk penyampaian materi kemampuan berpikir kritis siswa pada
pembelajaran IPA.
3. Media Uno Stacko dapat meningkatkan kemampuan berpikir kritis siswa
pada pembelajaran IPA kelas IV MI Nulur Yaqin Lompo Kecamatan
Awangpone, menunjukkan bahwa dalam kelompok eksperimen t hitung
= 20.585> t tabel = 1,914 yang artinya H 0 ditolak dan H 1 diterima. Selain
itu, keputusan juga dapat dilihat pada tabel 4.7 yang diperoleh nilai
Sig.(2-tailed) sebesar 0,000 < 0,05. Hal ini menunjukkan bahwa H 1
diterima dan H 0 ditolak, artinya terdapat cukup efektif penggunaan media
Uno Stacko untuk meningkatkan kemampuan berpikir kritis siswa pada
pembelajaran IPA kelas IV MI Nulur Yaqin Lompo Kecamatan
Awangpone Kabupaten Bone.
B. Saran
Dari rumusan masalah dalam penelitian ini, maka dapat peneliti
nyatakan beberapa saran, yaitu sebagai berikut.
1. Diharapkan kepada kepala MI Nurul Yaqin Lompo agar menganjurkan
kepada guru mata pelajaran untuk menerapkan media pembelajaran Uno
Stacko sebagai salah satu media dalam proses pembelajaran.
2. Diharapkan kepada guru, agar menjadikan media pembelajaran Uno
Stacko sebagai alternative pilihan dalam melaksanakan proses
pembelajaran untuk membantu siswa lebih aktif dalam proses
pembelajaran.
3. Diharapkan kepada guru dan siswa lebih kreatif dalam menggunakan
media Uno Stacko yang diterapkan oleh guru sehingga dapat
meningkatkan kekmampuan berpikir kritis siswa
4. Kepada peneliti selanjutnya agar dapat meneliti lebih lanjut tentang
media pembelajaran Uno Stacko, tentunya dalam sudut pandang yang
berbeda. Hal ini agar dapat memperkaya perpustakaan IAIN Bone
terutama dalam bidang Fakultas Tarbia kususnya Prodi Pendidikan Guru
Madrasa Ibtidaiyah (PGMI).
meningkatkan kemampuan berpikir kritis siswa dalam pembelajaran IPA kelas IV
MI Nurul Yaqin Lompo. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah
penelitian kuantitatif dengan desain yang digunakan desain One Group Pretest-
Posttest Design. Dalam penelitian ini yang menjadi sampel adalah seluruh siswa
kelas IV MI Nurul Yaqin Lompo berjumlah 22 orang. Instrumen yang digunakan
dalam penelitian ini berupa tes berpikir kritis berbentuk pilihan ganda. Kemudian
dilakukan analisis data menggunakan analisis statistik deskriptif melalui program
Statistical Package Social Science (SPSS) Versi 22.
Hasil penelitian ini yaitu: 1.) Kemampuan berpikir kritis pada pembelajaran IPA
kelas IV MI Nurul Yaqin Lompo sebelum menggunakan media uno stack
memiliki nilai terendah 33.00, nilai tertinggi 60.00 dan nilai rata-rata yang
diperoleh pada pretest sebesar 45.22. 2). Sedangkan kemampuan berpikir kritis
pada pembelajaran IPA kelas IV MI Nurul Yaqin Lompo setelah menggunakan
media uno stack memiliki nilai terendah 73.00, nilai tertinggi 93.00 dan nilai rata-
rata yang diperoleh pada pretest sebesar 84.31. 3). Media uno stack efektif dalam
meningkatkan kemampuan berpikir kritis siswa pada pembelajaran IPA kelas IV
MI Nurul Yaqin Lompo menunjukkan bahwa dalam kelompok eksperimen t
hitung = 20.585> t tabel = 1,914 yang artinya H 0 ditolak dan H 1 diterima. H 0
adalah dugaan tidak diterima atau ditolak sedangkang H 1 adalah dugaan diterima.
A. Kesimpulan
Berdasarkan rumusan masalah, analisis data dan pembahasan yang
telah dilakukan peneliti terhadap hasil penelitian ini, maka dapat disimpulkan
bahwa:
1. Kemampuan berpikir kritis pada pembelajaran IPA kelas IV MI Nurul
Yaqin Lompo sebelum menggunakan media Uno Stack memiliki nilai
terendah 33.00, nilai tertinggi 60.00 dan nilai rata-rata yang diperoleh
pada pretest sebesar 45.22.
2. Kemampaun berpikir kritis pada pembelajaran IPA kelas IV MI Nurul
Yaqin Lompo setelah menggunakan media Uno Stacko memiliki nilai
terendah 73,00 nilai tertinggi 93,00 dan nilai rata-rata yang diperoleh
pada posttest sebesar 84,31. Pada saat melakukan posttest nilai siswa
terlihat tinggi karena telah menggunakan media Uno Stacko sebagai alat
untuk penyampaian materi kemampuan berpikir kritis siswa pada
pembelajaran IPA.
3. Media Uno Stacko dapat meningkatkan kemampuan berpikir kritis siswa
pada pembelajaran IPA kelas IV MI Nulur Yaqin Lompo Kecamatan
Awangpone, menunjukkan bahwa dalam kelompok eksperimen t hitung
= 20.585> t tabel = 1,914 yang artinya H 0 ditolak dan H 1 diterima. Selain
itu, keputusan juga dapat dilihat pada tabel 4.7 yang diperoleh nilai
Sig.(2-tailed) sebesar 0,000 < 0,05. Hal ini menunjukkan bahwa H 1
diterima dan H 0 ditolak, artinya terdapat cukup efektif penggunaan media
Uno Stacko untuk meningkatkan kemampuan berpikir kritis siswa pada
pembelajaran IPA kelas IV MI Nulur Yaqin Lompo Kecamatan
Awangpone Kabupaten Bone.
B. Saran
Dari rumusan masalah dalam penelitian ini, maka dapat peneliti
nyatakan beberapa saran, yaitu sebagai berikut.
1. Diharapkan kepada kepala MI Nurul Yaqin Lompo agar menganjurkan
kepada guru mata pelajaran untuk menerapkan media pembelajaran Uno
Stacko sebagai salah satu media dalam proses pembelajaran.
2. Diharapkan kepada guru, agar menjadikan media pembelajaran Uno
Stacko sebagai alternative pilihan dalam melaksanakan proses
pembelajaran untuk membantu siswa lebih aktif dalam proses
pembelajaran.
3. Diharapkan kepada guru dan siswa lebih kreatif dalam menggunakan
media Uno Stacko yang diterapkan oleh guru sehingga dapat
meningkatkan kekmampuan berpikir kritis siswa
4. Kepada peneliti selanjutnya agar dapat meneliti lebih lanjut tentang
media pembelajaran Uno Stacko, tentunya dalam sudut pandang yang
berbeda. Hal ini agar dapat memperkaya perpustakaan IAIN Bone
terutama dalam bidang Fakultas Tarbia kususnya Prodi Pendidikan Guru
Madrasa Ibtidaiyah (PGMI).
Ketersediaan
| STAR20230058 | 58/2023 | Perpustakaan Pusat | Tersedia |
Informasi Detil
Judul Seri
-
No. Panggil
58/2023
Penerbit
IAIN BONE : Watampone., 2023
Deskripsi Fisik
-
Bahasa
Indonesia
ISBN/ISSN
-
Klasifikasi
Skripsi Tarbiyah
Informasi Detil
Tipe Isi
-
Tipe Media
-
Tipe Pembawa
-
Edisi
-
Subyek
Info Detil Spesifik
-
Pernyataan Tanggungjawab
-
Tidak tersedia versi lain
